Otomotif
BREAKING NEWS :
Ada 7.297 Kuota, Gubri Ingin Guru Honorer di Riau Manfaatkan Peluang PPPK
 
Toyota Kijang Innova Zenix Meluncur, Ini Spesifikasi dan Harganya
Senin, 21 November 2022 - 21:16:43 WIB
CEO of Asian Region for TMC & President of TMAP Hao Quoc Tien (kedua kiri), Chief Engineer of Toyota Motor Corporation Hideki Mizuma (kedua kanan), Wakil Presiden Direktur PT TAM Henry Tanoto (kiri), serta Presiden Direktur PT TMMIN Warih A. Tjahjono (kanan) saat acara Global Premiere Toyota Kijang Generasi ke-7 di Jakarta, Senin (21/11).(foto: istimewa)
CEO of Asian Region for TMC & President of TMAP Hao Quoc Tien (kedua kiri), Chief Engineer of Toyota Motor Corporation Hideki Mizuma (kedua kanan), Wakil Presiden Direktur PT TAM Henry Tanoto (kiri), serta Presiden Direktur PT TMMIN Warih A. Tjahjono (kanan) saat acara Global Premiere Toyota Kijang Generasi ke-7 di Jakarta, Senin (21/11).(foto: istimewa)

JAKARTA - PT Toyota Astra Motor (TAM) resmi meluncurkan Toyota Kijang Innova Zenix yang kini menjadi mobil hybrid, Senin (21/11/2022).

Toyota Kijang Innova Zenix meluncur pertama kali di salah satu hotel di Jakarta, Kijang generasi ketujuh ini mendapatkan pembaruan total baik dari sisi eksterior, interior sampai mesin dan platformnya.

Toyota Kijang Innova Zenix kini menggunakan platform Toyota New Generation Architecture (TNGA), yang mengadopsi platform TNGA: GA-C dengan struktur monokok.

Dilansir detik.com, Platform ini menggantikan struktur ladder on frame pada Kijang sebelumnya. Toyota Kijang Innova Zenix juga beralih menggunakan penggerak roda depan (FWD).

Eksterior ala SUV
Berkat penggunaan platform TNGA: GA-C, desainer Toyota jadi lebih leluasa menciptakan profil wajah dan postur tubuh khas crossover pada sebuah Medium MPV. Toyota Kijang Innova Zenix hadir dengan konsep eksterior 'Glamorous and Tough'.

Di depan, Kijang Innova Zenix menghadirkan desain grille trapezoidal dan lampu LED tipis. Profil desain yang kokoh diwakili lekukan tegas disertai pilar A yang lebih tegak.

Innova Zenix memiliki panjang 4.755 mm dengan wheelbase 2.850 mm sehingga posisi velg lebih dekat ke sudut bumper. Tampilannya makin gagah dengan side body moulding dan rocker body moulding tebal serta velg berukuran besar. Tipe Q HV menggunakan velg alloy 18 inchi, tipe V memakai velg alloy 17 inchi dan tipe G punya velg alloy 16 inchi.

Di belakang, ciri khas crossover tangguh tergambar dari desain bodi yang kokoh, sudut pilar D yang lebih landai, serta diperkuat oleh diffuser dan rear spoiler.

Interior Modern
Penggunaan platform TNGA juga memberikan ruang lebih untuk memanjakan pengemudi. Kabin didesain dengan layout driver-oriented disertai material kabin berkualitas tinggi dan modern.

Tinggi panel instrumen dibuat sejajar dengan tinggi panel pintu untuk memberikan nuansa berkendara yang luas. Dimensi kabin ekstra lapang sehingga menyajikan kenyamanan. Atmosfer berkelas disajikan oleh panoramic roof serta light illumination pada tipe Q HV dan V HV.

Kijang Innova Zenix lebih berkelas dengan sentuhan lapisan kulit sintetis. Mobil ini menggunakan layar MID 7 ichi untuk model Hybrid EV dan 4,2 inchi untuk model bensin. Setir mewahnya terdapat tombol TSS untuk mengoperasikan fitur Toytoa Safety Sense (TSS), display, dan cruise control untuk tipe Q HV.

Innova Zenix tipe Q HV dan V hadir dengan layar audio 10 inchi, dan tipe G menggunakan layar 9 inchi. Terdapat smartphone conectivity, Bluetooth, Wi-Fi, Voice Recognition, dan NFC E-Toll Card Checking. Khusus tipe Q HV ada layar 10 inchi Dual Rear Seat Entertainment with Internet Connection untuk bangku baris kedua.

Fitur-fiturnya cukup lengkap. Ada Electric Parking Brake + Brake Hold (EPB + BH), Start Stop Button + Smart Entry. Untuk tipe Q HV terdapat wireless charger serta 4 USB C slot. Toyota juga menyematkan Digital Auto AC dengan Dual Zone di semua tipe Innova Zenix.

Bahkan, khusus Q HV juga ada captain seat, jok ottoman electric recline, power back door dengan Voice Command untuk membuka bagasi, serta Panoramic View Monitor untuk membantu ketika parkir mundur dan DVR yang bertindak sebagai dashboard camera.