Otomotif
BREAKING NEWS :
Sudah 271 SDM Bekerja di Fasyankes Riau Terkonfirmasi Covid-19
 
Tak Tergoyahkan, Ini Kunci Toyota Avanza Jadi Model Terlaris
Rabu, 22 April 2020 - 06:37:02 WIB
Toyota Avanza
Toyota Avanza

JAKARTA - Pembaruan model, kuatnya layanan purnajual, dan besarnya kebutuhan pasar di segmen low multipurpose vehicle (LMPV) di Indonesia membuat Toyota Avanza tak terhentikan menjadi mobil terlaris di Tanah Air.

Berdasarkan data wholesales Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), Toyota Avanza menjadi model terlaris periode Januari-Maret 2020 dengan raihan penjualan 20.768 unit. Pada 2019, Toyota Avanza juga tidak tergoyahkan di daftar puncak mobil terlaris dengan raihan sebanyak 86.374 unit.

Direktur Marketing PT Toyota Astra Motor (TAM), Anton Jimmy Suwandi, mengatakan terdapat beberapa faktor kuat yang membuat Toyota Avanza begitu diminati oleh konsumen Indonesia.

"Memang sudah diketahui secata umum bahwa Avanza menjadi produk LMPV yang sesuai dengan kebutuhan Indonesia. Minor change pada 2019 dan layanan purnajual juga menjadi faktor kuat," kata Anton kepada bisnis, Selasa (21/4/2020), di Jakarta.

Anton mengatakan mobil berkonfigurasi tujuh penumpang menjadi kebutuhan konsumen Tanah Air, yang gemar berpergian bersama keluarga, teman dan kerabat.

Sementara luasnya jaringan aftersales, kualitas servis dan stok suku cadang dari Avanza dinilai Anton sebagai keunggulan lain model tersebut.

Toyota Avanza pertama kali meluncur pada 11 Desember 2003 atau bertepatan dengan ajang Gaikindo Auto Expo. Saat itu, mobil ini ditawarkan dalam dua varian, yakni 1.3 E dan 1.3 G dengan transmisi manual. Generasi pertama ini bertahan hingga 2011.

Tepat 9 November 2011, Avanza mengalami perubahan secara keseluruhan. Dimensi mobil menjadi lebih panjang disertai fitur kabin mobil yang mampu meredam panas sinar matahari. Kursi pada baris kedua juga dapat digeser selain reclining.

Perubahan terakhir terjadi pada Januari 2019. Bagian eksterior dan interior dipoles untuk menarik minat konsumen. Ubahan paling mencolok terdapat di lampu depan dengan lampu utama LED terbelah dua, serupa MPV premium Toyota Voxy dan Vellfire.

Anton mengatakan nama Avanza diambil dari bahasa Inggris, advanced yang memiliki arti maju, lanjutan atau lebih tinggi. Namun, adapula yang mengartikannya dari bahasa Italia, yakni avanzato yang artinya maju.

Persaingan
Di kelas LMPV, Toyota Avanza bersaing ketat dengan Mitsubishi Xpander yang menjadi model terlaris kedua dengan total penjualan sebanyak 10.377 unit pada kuartal pertama 2020, turun 46 persen dibandingkan penjualan pada Januari-Maret 2019.

Dikutip dari laman resmi Toyota, model Avanza hadir dalam tujuh pilihan warna dengan lima varian mesin. Harga jual mobil ini dimulai dari Rp195,6 juta hingga Rp228,3 juta. Sementara Xpander tersedia dalam 6 pilihan warna dan 6 varian. Mobil ini dijual dengan harga mulai Rp215,8 juta.

Selain Xpander, Toyota Avanza juga bersaing dengan kembarannya yakni Daihatsu Xenia yang menduduki peringkat ketiga sebagai mobil LMPV terlaris. Diikuti Honda Mobilio dan Suzuki Ertiga. Ketiganya bersaing di rentang harga Rp198 jutaan hingga Rp241 jutaan. *



Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)

BERITA TERKAIT    
Ilustrasi 20 mobil terlaris di Indonesia. Foto: Rendi Herdiansyah/detik20 Mobil Terlaris: Suzuki Carry di Puncak, Avanza Bertahan di Papan Tengah
Toyota AvanzaTinggalkan Avanza, Honda Brio Jadi Mobil Terlaris di Masa Pandemi COVID-19
Toyota AvanzaTak Tergoyahkan, Ini Kunci Toyota Avanza Jadi Model Terlaris
  AvanzaAvanza Jadi Pemuncak, Rush dan Calya Mengekor, Ini Penjualan Toyota Bulan Mei
Foto bersama.Peduli Dampak Covid-19 di Bulan Ramadan, Avanza Riau Community Bagikan Sembako dan Takjil
ilustrasiLima Mobil Terlaris Februari, Brio Masih Tempel Avanza



 
Berita Lainnya :
  • Sudah 271 SDM Bekerja di Fasyankes Riau Terkonfirmasi Covid-19
  • Kemenkumham Riau Gelar Tes Kesamaptaan 339 CPNS Poltekip dan Poltekim
  • Pj dan Pjs Bupati Diminta Tidak Abaikan Tugasnya di Pemprov Riau
  • Pekanbaru Diguyur Hujan Malam Nanti, Siak dan Pekanbaru Waspada Petir Disertai Angin Kencang
  • Hingga Hari Ini, 1.540 WNI di Luar Negeri Positif Covid-19
  •  
    Komentar Anda :

     
     

    Suzuki.
    Emisi Gas Buang Suzuki
    Perawatan AC Suzuki Tips Menghemat Bahan Bakar (BBM) Saat Mengemudi Tips Mengemudi Hemat BBM ala Suzuki tanpa Modifikasi
     
     

    <br>
    15 Tips & Trik Perawatan Mobil Honda yang Bisa Dilakukan di Rumah
    Tips Memanaskan Mobil
     
    MobiL
    Test Drive Suzuki XL7 Berhadiah Motor
     
     
    Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
    Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
    DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
         
    Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
        © 2010-2020 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved