www.halloriau.com
Ekonomi
BREAKING NEWS :
Dua Ekskavator Diturunkan, TPS di Jalan Hos Cokroaminoto Pekanbaru Dibongkar
 
BJ Habibie, Bapak Teknologi Indonesia di Balik Kelahiran Telkomsel
Kamis, 12/09/2019 - 14:40:38 WIB
Momen di saat Almarhum BJ Habibie (tengah) mencoba sambungan telepon menggunakan GSM Telkom didampingi Direktur Utama Telkom Setyanto (paling kanan) dan Kepala Proyek Sistem Telekomunikasi Kendaraan Bergerak Telkom Garuda Sugardo (paling kiri) saat itu, pada acara Peresmian Telkomsel GSM di Pulau Batam pada tanggal 2 September 1994. Habibie melakukan hubungan telepon dari GSM Telkomsel perdana, dari Batam ke Jakarta dan London.
Momen di saat Almarhum BJ Habibie (tengah) mencoba sambungan telepon menggunakan GSM Telkom didampingi Direktur Utama Telkom Setyanto (paling kanan) dan Kepala Proyek Sistem Telekomunikasi Kendaraan Bergerak Telkom Garuda Sugardo (paling kiri) saat itu, pada acara Peresmian Telkomsel GSM di Pulau Batam pada tanggal 2 September 1994. Habibie melakukan hubungan telepon dari GSM Telkomsel perdana, dari Batam ke Jakarta dan London.

JAKARTA - Rakyat Indonesia kembali kehilangan salah satu putra terbaik bangsa. Pada hari Rabu, 11 September 2019, Presiden RI ke-3 Prof Dr BJ Habibie tutup usia dengan tenang di usianya yang ke-83 tahun.

Almarhum BJ Habibie  juga merupakan sosok  penting dalam sejarah cikal bakal berdirinya Telkomsel di awal tahun 1990-an, yang menjadikannya sebagai salah satu Founding Fathers Telkomsel.

“Inna lillaahi wa innaa ilaihi raaji'uun.  Keluarga besar Telkomsel turut berduka cita yang sedalam-dalamnya  dan merasakan kehilangan yang besar atas kepergian almarhum. Bapak Habibie merupakan sosok yang penting bagi kami, beliau memiliki hubungan sejarah erat dalam proses beroperasinya teknologi selular  Global System for Mobile Communications (GSM) di Indonesia serta beroperasinya layanan Telkomsel pertama kali di Pulau Batam,” ungkap Direktur Utama Telkomsel, Emma Sri Martini.

Sejarah hadirnya teknologi GSM di Indonesia hingga berdirinya PT Telekomunikasi Selular tidak dapat dipisahkan dari peran penting almarhum Bapak Habibie. Pada tanggal 14 Juli 1993,  sejumlah direksi PT Telkom menghadap beliau yang saat itu menjabat sebagai Menteri Riset dan Teknologi (Menristek) Republik Indonesia. Di atas sehelai kertas, beliau menuliskan persetujuan dan penerapan GSM sebagai standar teknologi seluler Indonesia. Tulisan ini yang kemudian menjadi referensi dari sebuah langkah besar migrasi teknologi dan pengembangan industri seluler analog ke digital di Indonesia.

Empat belas bulan kemudian, tepatnya pada tanggal 2 September 1994, Bapak Habibie meresmikan pengoperasian Telkomsel GSM di Pulau Batam. Pada saat itu, Telkomsel merupakan nama produk dari PT Telkom.  Sebagai Menristek, beliau melakukan percobaan teknologi GSM dengan melakukan hubungan telepon dari GSM Telkomsel perdana, dari Batam ke Jakarta dan London. Berangkat dari dua momen penting tersebut, Telkomsel GSM  kemudian dipersiapkan dan dikembangkan menjadi sebuah operator seluler, hingga akhirnya pada 26 Mei 1995, lahirlah PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel).

Sejak peristiwa bersejarah di Batam, sosok B.J. Habibie sejatinya merupakan pelanggan pertama Telkomsel. Namun  sebagai bentuk penghormatan yang terdalam atas kontribusi beliau, Telkomsel kemudian memberikan penghargaan kepada Bapak Habibie sebagai pelanggan Telkomsel ke-100 juta pada perayaan pencapaian Telkomsel di tahun 2011.

Bapak Habibie juga pernah menyampaikan sebuah pesan berharga bagi keluarga besar Telkomsel. “Telkomsel adalah anak dan cucu ideologis-intelektual saya. Teruslah memberikan yang terbaik untuk bangsa”, pesan almarhum pada hari jadi Telkomsel yang ke-21 pada tanggal 26 Mei 2016.

“Semangat Pak Habibie akan selalu melekat dalam perkembangan dan pertumbuhan Telkomsel. Kami akan meneruskan cita-cita dan kontribusi Pak Habibie untuk mengembangkan pemanfaatan teknologi untuk kemajuan anak bangsa. Selamat jalan, Pak Habibie,” tutup Emma. (rilis)




Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)

BERITA TERKAIT    
Direktur HCM Telkomsel, Irfan A. Tachrir saat menjelaskan Connecting Talents & Opportunities in 4.0 Era dalam acara program talk show Talks@Telkomsel di Bandung. Revolusi Industri 4.0 didominasi oleh perubahan yang begitu cepat serta pemanfaatan teknologi digital yang begitu kental. Oleh karena itu, talenta muda perlu menyesuaikan kapabilitasnya sesuai dengan fenomena tersebut.“Talks@Telkomsel”, Diskusikan Kesempatan bagi Talenta Anak Muda untuk Era 4.0
 Seorang petugas sedang bersiaga memastikan performansi layanan di Integrated Operation Center (IOC) Telkomsel, Jakarta (31/12/2019). Optimalisasi seluruh elemen jaringan Telkomsel meliputi penyediaan sebanyak 82 unit compact mobile base station (COMBAT) atau BTS mobile yang dikerahkan di point of interest (POI) dengan trafik komunikasi terpadat. Dengan begitu, penguatan jaringan dari Telkomsel mampu menjangkau 533 POI titik di seluruh Indonesia.Trafik Layanan Data Telkomsel Naik 16% di Nataru, Video Streaming dan Medsos Jadi Favorit Pelanggan
Director Planning and Transformation Edward Ying, DirJen Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia, DR. IR. Ismail MT, Director Sales Ririn Widaryani dan Acting CEO Telkomsel Hari Supriadi, menjelaskan kepada Awak Media terkait 5G Industry.Telkomsel Uji Coba 5G untuk Kebutuhan Industri, Akselerasikan Negeri Menuju Making Indonesia 4.0
  Dirut Telkomsel Setyanto Hantoro.Setyanto Hantoro Resmi Jabat Direktur Utama Telkomsel
Telkomsel memastikan kenyamanan pelanggan dalam mengakses layanan telekomunikasi menjelang libur tahun baru 2020Trafik Data akan Naik, Telkomsel Tingkatkan Jaringan Jelang Libur Tahun Baru
Warga Kota Solo antusias menyambut rombongan pawai obor Asian Games 2018 yang berkesempatan disambut di GraPARI Solo, (19/7/2019) lalu.Telkomsel Berhasil Gaet 170,9 Juta Pelanggan pada 9 Bulan Pertama 2019

 
Berita Lainnya :
  • Dua Ekskavator Diturunkan, TPS di Jalan Hos Cokroaminoto Pekanbaru Dibongkar
  • Karhutla di Pulau Rupat Sulit Dipadamkan, Ini Sebabnya
  • 4 Alasan Lebih Baik Kamu Tidur Tanpa Busana Malam Ini
  • Jumlah Korban Meninggal Akibat Virus Corona Capai 2.858 orang
  • Ketua TP PKK Inhu Lantik Pengurus 4 Desa
  •  
    Komentar Anda :

     
     
    Potret Lensa
    APPI Riau Gelar Forum Grup Discussion
     
     
     
    Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
    Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
    DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
         
    Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
        © 2010-2019 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved