Otomotif
BREAKING NEWS :
Rumah Yatim Bagikan Program Bantuan Zakat Fitrah untuk Keluarga Prasejahtera Kota Pekanbaru
 
Suzuki Xl7, Mobil Pas untuk Liburan Bareng Keluarga
Selasa, 15 Desember 2020 - 17:01:05 WIB
ist
ist

JAKARTA - Menikmati liburan akhir tahun dengan menggunakan kendaraan roda empat sudah menjadi hal biasa setiap tahunnya.

Mengingat rata-rata keluarga Indonesia memiliki 2-4 orang anak, alih-alih bepergian menggunakan kendaraan umum, pilihan liburan dengan mobil keluarga akan terasa lebih hemat dan fleksibel.

Tantangan selanjutnya adalah bagaimana memutuskan jenis kendaraan tepat untuk berlibur bersama keluarga.

Terlebih jika destinasi wisata dituju ternyata memiliki medan yang menantang, faktor kenyamanan berkendara tentu perlu mendapat perhatian.

Bagaimana tips memilih mobil yang pas untuk liburan agar kenyamanan perjalanan keluarga tetap terasa? Dikutip dari berbagai sumber, berikut tipsnya:

Perhatikan spesifikasi kendaraan
Sebelum melakukan perjalanan, memerhatikan spesifikasi kendaraan sangat penting untuk dilakukan.

Hal pertama perlu dipastikan yakni tenaga yang dihasilkan, sebab perjalanan jarak jauh maupun mengunjungi medan yang sulit memerlukan tenaga mobil mumpuni.

Artinya, makin besar kapasitas mesin dan tenaga yang dihasilkan, maka makin mudah juga menempuh berbagai medan perjalanan.

Ground clearance atau tinggi permukaan mobil menjadi perlu jadi perhatian berikutnya guna mencegah mobil tersangkut ketika berada di jalanan berbatu atau genangan air.

Tinggi permukaan mobil juga dapat memberi Anda keleluasaan jarak pandang, sehingga situasi jalan yang tidak rata dapat dihindari, terutama saat perjalanan malam hari.



Fitur hemat bahan bakar
Melakukan perjalanan jauh, tentu tak hanya memerlukan tenaga untuk mengemudi, tetapi juga biaya bensin selama berkendara.

Untuk itu, pastikan mobil yang akan digunakan memiliki fitur irit bensin, yang tertanam di dalam mesin.

Anda dapat melihat review maupun spesifikasi lengkap kendaraan pilihan, melalui internet atau menanyakan fitur ini kepada rekan yang memiliki kendaraan yang Anda inginkan.

Melalui berbagai referensi, Anda bisa memperkirakan budget untuk pembelian bensin selama perjalanan, serta mengestimasi kapan Anda harus berhenti untuk sekadar mengisi bensin.

Perhatikan kapasitas bagasi
Selain tenaga dan kemampuan hemat bahan bakar, kapasitas penumpang serta bagasi pun menjadi poin tambahan.

Terutama ketika Anda ingin membawa peralatan tambahan seperti tenda atau sepeda lipat, tentu kapasitas kabin haruslah cukup lega, agar kenyamanan penumpang tidak terganggu dengan tambahan barang bawaan di bagian bawah kursi.

Jika membawa bayi atau balita, perhatikan apakah kursi di bagian belakang, memiliki fitur ISOFIX untuk mengaitkan child seat selama perjalanan.

Sebab, child seat yang tidak kencang, bisa saja mengakibatkan kursi menjadi goyang, terutama ketika menembus medan bergelombang.

Fitur keamanan tambahan
Meski menggunakan kendaraan roda empat, keberadaan fitur keselamatan sangat penting untuk dimiliki setiap kendaraan. Mengingat berbagai kemungkinan kecelakaan bisa saja terjadi tanpa terduga, sehingga perlu dilakukan tindakan pencegahan.

Untuk itu, keberadaan fitur keamanan seperti Hill Hold Control (HHC) untuk melintasi jalanan menanjak, serta Electronic Stability Programme (ESP) yang mampu mencegah oversteer dan understeer saat melaju di tikungan, dapat dijadikan acuan ketika memilih kendaraan.

Untuk menunjang kelancaran perjalanan, Anda bisa memilih kendaraan yang memiliki fisik bongsor namun tetap mumpuni untuk digunakan sehari-hari. Misalnya saja lewat Suzuki XL7 yang berjenis Medium SUV (MSUV).

Mengadopsi tampilan sporty, XL7 dipersenjatai dengan berbagai teknologi dan fitur canggih di kelasnya. Berbekal mesin K15B DOHC, berkapasitas 1.462 cc, dan memiliki tenaga maksimum 104,7 PS (103,2 dk) pada 6.000 rpm, dan torsi puncak 138 Nm di 4.400 rpm. Membuat XL7 cukup mumpuni untuk diajak berpetualang santai menjelajahi berbagai tempat.

Belum lagi dengan kehadiran ground clearance 200 mm, berbagai permukaan jalan bisa dilawati dengan mudah.

Ada juga hill hold control yang bisa menahan rem pada saat berada di tanjakan. Sedangkan dalam hal kenyamanan, ruang kaki penumpang serta bagasi tergolong cukup luas.

Pada baris ketiga, Anda bisa memanfaatkan sisa ruang untuk membawa penumpang tambahan, atau melipat kursi guna membawa berbagai peralatan atau koper untuk menginap.

Tak hanya itu, XL7 juga tergolong hemat bahan bakar, platform HEARTECT membuat XL7 jauh lebih ringan namun tetap kokoh, serta mampu mengefisiensikan bahan bakar. Anda tak lagi perlu sering-sering mengisi bensin selama perjalanan.

Hadir pula fitur dual airbag dan ISOFIX untuk keamanan anak serta pengemudi dan penumpang di bagian depan. Fitur smart e-mirror juga mampu mengabadikan suasana perjalanan di depan maupun bagian belakang mobil, lewat kehadiran kamera belakang. Fitur ini juga mampu menjadi media pengawas situasi sekitar. *







BERITA TERKAIT    
Ilustrasi promo Ramadan Big SaleRamadan Big Sale HSH, DP Rp15 Juta Bawa Pulang Brio
Toyota berhasil mendapatkan 2 penghargaan pada Exhibition Night IIMS Hybrid 2021 yaitu Best Booth Car >600sqm dan Best MPV untuk Kijang Innova 50th Anniversary.Upaya Toyota Hadirkan Total Mobility Solution pada Ajang Indonesia International Motor Show
IlustrasiAgar Bebas dari Covid-19, Ini Bagian Mobil yang Perlu Dibersihkan
  Digital World PremiereHonda Tebar Sinyal Mobil Baru, World Premiere Pekan Depan
Suzuki Peduli Bencana NTT.Suzuki Gratiskan Biaya Pemeriksaan Mobil untuk Konsumen Terdampak Banjir dan Longsor
IlustrasiMau Beli Mobil Baru, Mending Pilih Transmisi Manual atau Otomatis?



 
Berita Lainnya :
  • Rumah Yatim Bagikan Program Bantuan Zakat Fitrah untuk Keluarga Prasejahtera Kota Pekanbaru
  • Comeback, Aston Villa Vs Man Utd, Setan Merah Menang 3-1
  • Pemudik Nekad Lewat 'Jalur Gelap' Demi 'Balek Kampong' ke Selatpanjang
  • Bupati Salurkan Langsung Ratusan Karung Beras ke Pedagang Pasar dan Masyarakat Miskin
  • SPR Langgak Berbagi dengan Warga Tandun dan Anak Yatim Jelang Idul Fitri
  •  
    Komentar Anda :

     
     

    Suzuki.
    Emisi Gas Buang Suzuki
    Perawatan AC Suzuki Tips Menghemat Bahan Bakar (BBM) Saat Mengemudi Tips Mengemudi Hemat BBM ala Suzuki tanpa Modifikasi
     
     

    <br>
    15 Tips & Trik Perawatan Mobil Honda yang Bisa Dilakukan di Rumah
    Tips Memanaskan Mobil
     
    MobiL
    Agung Toyota Perkenalkan Toyota Raize
     
    Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
    Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
    DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
         
    Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
        © 2010-2021 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved