Otomotif
BREAKING NEWS :
Bawaslu Meranti: Terbukti Politik Uang, Paslon Didiskualifikasi
 
Hindari Insiden Mobil Terbakar, Suzuki Beri Kiatnya
Selasa, 28 Juli 2020 - 12:39:54 WIB
Selalu cek ruang mesin kendaraan.
Selalu cek ruang mesin kendaraan.

JAKARTA - Fenomena mobil terbakar, baik saat kendaraan melaju atau terparkir akhir-akhir ini menjadi isu hangat. Walapun masih jarang terjadi, lebih baik pemilik kendaraan waspada akan hal ini. Banyak asumsi pemicu terbakarnya mobil tiba-tiba, salah satunya karena hubungan pendek arus listrik. Di sini Suzuki Indonesia akan menginformasikan beberapa penyebab mobil tiba-tiba terbakar serta tips mencegahnya.

Semua sistem pada kendaraan sudah didesain dan dilakukan uji coba dari sisi kenyamanan, keselamatan, tenaga, dan kecepatan sesuai jenis kendaraan. Pemasangan/penempatan dan kapasitas komponen kelistrikan pun didesain agar saat terjadi kegagalan pada sistem kelistrikan tidak terjadi hubungan pendek arus listrik yang dapat menyebabkan mobil terbakar. Menurut Riecky Patrayudha, (4W, 2W & Marine Service Director, PT Suzuki Indomobil Sales) ada beberapa kiat untuk mencegah potensi mobil terbakar akibat kelalaian pengguna, di antaranya:

Selalu cek ruang mesin kendaraan

Terkadang saat kita sedang melakukan pembersihan mesin mobil, kain lap atau material lain tertinggal atau jatuh ke arah knalpot. Hal ini berbahaya karena berpotensi menimbulkan kebakaran. Maka dari itu, selalu cek ruang mesin secara teliti apakah ada barang yang mudah terbakar tertinggal sebelum menutup kap mesin.

Pastikan tutup oli terpasang rapat

Kebakaran bisa juga akibat kebocoran oli karena tutup oli tidak terpasang dengan benar. Hal ini disebabkan karena saat mesin hidup, cipratan oil yang keluar dari lubang pengisian oli berpotensi menetes ke knalpot yang panas dan dapat mengubah percikan oli tersebut menjadi api.

Hati–hati dalam menginstalasi kabel dan konektor listrik aksesoris tambahan

Saat memasang aksesori kelistrikan, dianjurkan untuk menggunakan sekring sebagai pengaman, karena apabila tidak dihiraukan kabel berpotensi meleleh dan menyebabkan mobil terbakar. Selain itu, sekring yang terpasang jauh dari sumber listrik (baterai) dan terminal konektor yang longgar juga dapat mengakibatkan panas berlebih dan menimbulkan percikan api. Apabila ingin mengubah Audio kami sarankan untuk datang ke diler resmi Suzuki dan menggunakan Suzuki Genuine Accessories, karena produk yang dipilih untuk aplikasi pasti sesuai standar.

Hindari penggantian headlamp atau foglamp dengan daya watt yang besar

Sangat tidak dianjurkan untuk mengganti bohlam headlamp atau foglamp dengan watt yang lebih besar atau menggunakan produk after market yang tidak resmi dari Suzuki. Kapasitas watt yang lebih besar dari standar akan menyebabkan baterai/aki terkuras dan berpotensi mengakibatkan panas yang mampu mengakibatkan kebakaran.

Pastikan menempatkan mobil jauh dari bahan yang mudah terbakar

Hindari menempatkan mobil saat mesin hidup di dekat benda yang mudah terbakar, seperti ranting, sampah, kertas, dan plastik. Apabila benda-benda tersebut menempel ke knalpot, kendaraan dapat berpotensi terbakar tiba-tiba.

Tidak meninggalkan powerbank yang masih terpasang di soket pengisian

Hindari mengisi daya powerbank melalui soket mobil jika mobil akan ditinggalkan dalam waktu yang lama. Pengisian daya powerbank yang masih terpasang di soket, dapat menyebabkan konsleting pada baterai dan berpotensi meledak.

Hati-hati saat menyimpan korek api ke dalam kendaraan

Tanpa disadari, terkadang kita membawa korek api gas dan menyimpannya di dalam kendaraan seperti di dasbor atau laci. Apabila terjadi guncangan atau suhu di dalam kendaraan panas, korek api menjadi mudah meledak.

Untuk memastikan mobil Suzuki Anda tetap prima dan tidak mengalami kendala dalam hal kelistrikan, hubungi Halo Suzuki di 0800-1100-800 untuk Home Service, Pick Up Service, dan Suzuki Emergency Roadside Assistance (SERA). Selain itu, terdapat juga aplikasi MySuzuki dan website www.suzuki.co.id untuk keperluan belanja online suku cadang kendaraan, serta website Auto Value www.autovalue.co.id untuk mencari mobil bekas berkualitas atau tukar tambah mobil Suzuki secara online. Semua layanan tersebut dipastikan telah memenuhi standar langkah pencegahan Covid-19. (rilis)

 

 



 




Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)

BERITA TERKAIT    
Suzuki New Ignis.Suzuki New Ignis Sabet Penghargaan Marketeers Youth Choice Brands Of The Year 2020
Dalam menjalankan fungsinya sebagai tim rescue bagi masyarakat, SCRC selalu berkoordinasi dengan BNPB dan Basarnas.Memasuki Usia 1 Tahun, SCRC Jalankan Program Peduli Antisipasi Banjir Jabodetabek
Diler Suzuki di Cilacap diresmikan.Perluas Pasar dan Layanan, Suzuki Marine Resmikan Diler di Cilacap
  Untuk dapat menikmati diskon istimewa ini, pelanggan dapat mengunduh aplikasi My Suzuki dari Play Store untuk pengguna Android atau Apps Store untuk pengguna iPhone.Team Suzuki Ecstar Juara Dunia MotoGP 2020, Suzuki Beri Diskon Seluruh Produk Suku Cadang
Suzuki pick upSuzuki New Carry, Si Rajanya Pick Up
Gemerlap SuzukiHadiah Berlimpah Promo Spesial "Gemerlap Suzuki"



BERITA LAINNYA    
Komisioner Bawaslu Kepulauan Meranti, Romi IndraBawaslu Meranti: Terbukti Politik Uang, Paslon Didiskualifikasi
Musyawarah Kerja Provinsi (Mukerprov), pada tanggal 5-6 Desember 2020 di Hotel Furaya Pekanbaru.Dukung Penuh Perkembangan Bulutangkis Riau, Ini Pesan Kadispora ke Pengprov PBSI
Dandrem 031/Wirabima Brigjen TNI M Syech IsmedDandrem 031/WB Ingatkan Setiap Kegiatan Patuhi Protokol Kesehatan
  IstInilah Elektabilitas Paslon di Pilkada Bengkalis Berdasarkan Survei dan Polling
Wakil Gubernur Riau (Wagubri), Edy Natar NasutionWagubri Buka Seminar Percepatan Pembauran Dalam Pembangunan Daerah Riau
IlustrasiJarang Disadari, Berikut 6 Gejala Covid-19 Terbaru Selain Batuk dan Pilek
Komentar Anda :

 
 

Suzuki.
Emisi Gas Buang Suzuki
Perawatan AC Suzuki Tips Menghemat Bahan Bakar (BBM) Saat Mengemudi Tips Mengemudi Hemat BBM ala Suzuki tanpa Modifikasi
 
 

<br>
15 Tips & Trik Perawatan Mobil Honda yang Bisa Dilakukan di Rumah
Tips Memanaskan Mobil
 
MobiL
Dealer Nissan Datsun SM Amin Raih Penghargaan
 
 
Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
     
Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
    © 2010-2020 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved