www.halloriau.com
BREAKING NEWS :
Pekanbaru Berlakukan PPKM Level 4 pada 26 Juli, Semua Layanan Publik Tutup Total
Otonomi
Pekanbaru | Dumai | Inhu | Kuansing | Inhil | Kampar | Pelalawan | Rohul | Bengkalis | Siak | Rohil | Meranti
 
Komnas Perlindungan Anak Berkunjung ke Rumah Bupati Siak Bahas Soal Kabupaten Layak Anak
Kamis, 17 Juni 2021 - 21:44:08 WIB
Ilustrasi
Ilustrasi

SIAK - Komisi Nasional (Komnas) Perlindungan Anak (PA) datangi kediaman Bupati Siak Alfedri, Kamis (17/6/2021) di rumah dinas bupati Siak, di Jalan Raja Kecik, Siak Sri Indrapura. Alfedri menyambut hangat Komnas PA tersebut yang didampingi Kepala DP3AP2KB Siak Darussalim.

Ketua Komnas PA Kabupaten Siak Hari Hasan mengatakan, kehadirannya di rumah dinas bupati Siak dalam rangka audiensi untuk menyampaikan visi Komnas PA kabupaten Siak. Sebab pihaknya akan ikut berupaya mewujudkan visi kabupaten Siak sebagai Kabupaten layak anak.

“Audiensi ini kita lakukan dalam rangka penyampaian visi Komnas PA Siak secara umum dan langkah awal membangun sinergitas dengan pemerintah daerah kabuapten Siak,” ungkapnya.

Kepada Alfedri dan Darussalim, Hari Hasan menyampaikan akan memperbanyak penyuluhan sebagai upaya pencegahan kekerasan terhadap anak. Sasaran penyuluhan yang akan diberikan kepada para ibu-ibu.

“Sebab ibu adalah madrasah pertama bagi anak, yang harus kita edukasi agar dapat memberikan pendidikan yang baik di dalam rumah tangga kepada anak,” ujarnya

Selain itu, penyuluhan untuk pencegahan kekerasan terhadap anak juga dilaksanakan ke sekolah-sekolah yang ada di Siak. Pihaknya juga siap membela hak-hak anak.

Sementara itu Alfedri bersyukur dengan kehadiran Komnas PA Siak. Ia menilai program Komnas PA sesuai dengan keinginannya yang akan menjadikan Siak sebagai kabupaten layak anak.

“Kami sudah mempunyai aplikasi kabupaten Siak Layak Anak, aplikasi ini diluncurkan tahun lalu, namun pemanfaatannya sudah memudahkan,” kata dia.

Inovasi ini bentuk perhatian Pemerintah Kabupaten Siak meluncurkan inovasi berbasis IT bernama Aplikasi Siak Kabupaten Layak Anak.

Aplikasi ini dikontrol dari Command Center Siak Live Room. Aplikasi ini ditujukan sebagai bentuk dukungan bagi upaya pemenuhan hak anak.

Aplikasi ini juga terpadu dan berkelanjutan, awalnya diinisiasi oleh Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kabupaten Siak.

Hendrisan menyebut peluncuran aplikasi tersebut merupakan wujud keseriusan dan perhatian Pemerintah Kabupaten Siak dalam rangka percepatan mewujudkan Kabupaten Siak yang Layak Anak.

Ia menyampaikan pentingnya peran Pemerintah Daerah dalam mendorong keluarga-keluarga, masyarakat, dan media untuk semakin memahami tentang pemenuhan hak-hak bagi setiap anak di Kabupaten Siak.

"Menjadi teramat penting bagi Pemerintah Kabupaten dalam upaya mendorong setiap keluarga, masyarakat,serta media guna memahami pemenuhan hak-hak anak berupa pemenuhan kebutuhan standar anak," kata dia.

Kebutuhan standar itu diantaranya kasih sayang orang tua,pendidikan yang layak dan memadai, serta kebutukan makanan bergizi. Sedangkan yang tidak kalah penting ialah kondusifitas masing-masing keluarga serta lingkungan tempat tinggal.

Aplikasi Kabupaten Siak Layak Anakmerupakan satu wadah/forum bagi Pemerintah Daerah bersama masyarakat untuk bersama-sama membangun kondusifitas, sarana dan prasarana yang memadai bagi tumbuh dan berkembangnya anak.

Ia juga mengajak semua pihak untuk berperan aktif dalam menyukseskan program Kabupaten Siak Layak Anak yang merupakan bagian dari upaya menyukseskan program nasional Indonesia Layak Anak (IDOLA) tahun 2030.

Kepala DP3AP2KB Kabupaten Siak Darussalim mengatakan capaian yang diperoleh Kabupaten Siak dalam penilaian Kabupaten Layak Anak terus mengalami peningkatan dari tahun ke tahun.

Darussalim menjelaskan, penghargaan tersebut merupakan bentuk apresiasi dari pemerintah pusat untuk Kabupaten Siak.

Menurutnya hal tersebut menjadi pendorong dan motivasi bagi pihaknya bersama masyarakat dan media untuk semakin memahami akan pemenuhan hak dan perlindungan khusus anak.

"Harapan kita bersama tentunya agar kita melibatkan anak dalam pembangunan,dalam artian anak sebagai subyek bukan obyek. Sebagai subyek artinya terwujudnya program pembangunan yang berorientasi kepada pemenuhan kebutuhan dan hak bagi anak," pungkasnya.


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)

BERITA LAINNYA    
Walikota Pekanbaru FirdausPekanbaru Berlakukan PPKM Level 4 pada 26 Juli, Semua Layanan Publik Tutup Total
IlustrasiGawat! Corona Riau Pecah Rekor 1.215 Kasus Positif
Dinas Perikanan Bengkalis8 ASN Diskan Bengkalis Positif Covid-19, Kadis Pertimbangkan untuk WFH Sebagian ASN
Kepala Rutan Rengat Refin Tua Simanullang FGD Kanwil Kemenkumham Riau, Kepala Rutan Rengat: Kami Rutin Razia
Antusias masyarakat untuk mendapatkan vaksinasi Covid-19. Mereka sempat berkerumun, namun sempat dibubarkan petugasAntusias, Vaksinasi Massal di Kepulauan Meranti Menimbulkan Kerumunan
  Ade Agus HartantoPertanyakan Tujuan PPKM, Anggota DPRD Riau: Kenapa Berlaku Malam Saja?
dokumentasiHari Ini, Nihil Warga Pambang yang Diswab Antigen
(foto: cnn indonesia) Dokter: Setelah Isoman 10 Hari Tak Perlu Lagi Tes Covid-19, Virus Sudah Mati
Polsek Bangko adakan patroli gabungan berskala besar pada Jumat (23/7/2021) malam. Polsek Bangko Patroli Gabungan PPKM dan Bagikan Semboko ke Warga yang Isoman
(Istimewa) Terpapar Covid-19 Saat Hamil, Dokter di Surabaya Meninggal, Bayinya Selamat
Komentar Anda :

 
Potret Lensa
Balai PPW Riau Monev Program Pamsimas dan IPAL Pesantren di Bengkalis
 
 
Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
     
Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
    © 2010-2021 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved