www.halloriau.com
BREAKING NEWS :
Dua Orang Warga Meninggal Usai Divaksin, Kadiskes Riau Sebut karena Sakit Bawaan
Otonomi
Pekanbaru | Dumai | Inhu | Kuansing | Inhil | Kampar | Pelalawan | Rohul | Bengkalis | Siak | Rohil | Meranti
 
Jaga Mutu dan Keselamatan Arsip Daerah, Dinas Perpustakaan Siak Adakan Bimtek
Selasa, 08 Juni 2021 - 18:27:47 WIB
Kantor Dinas Perpustakaan Kabupaten Siak (foto: istimewa)
Kantor Dinas Perpustakaan Kabupaten Siak (foto: istimewa)

SIAK - Sebagai sebuah Lembaga Kearsipan Daerah (LKD), Dinas Perpustakaan Kabupaten Siak terus berupaya untuk menjaga tertib arsip, baik di lingkup pencipta arsip maupun pengelola. Dan juga pengguna arsip di instansi Pemerintahan Daerah Kabupaten Siak, maupun tertib arsip di LKD itu sendiri.

Hal itu ditandai dengan palaksanaan Bimbingan Teknis Pengawasan Arsip Dinamis Kewenangan Kabupaten/Kota dan Sosialisasi Surat Edaran Menpan-RB No.01 Tahun 2020 tentang Penyelamatan dan Pelestarian Arsip Negara Periode 2014-2019, yang dilaksanakan pada Selasa (8/6/2021) di Kantor Bupati Siak.

Kegiatan tersebut dibuka oleh Bupati Siak melalui Asisten Adminiatrasi dan Umum Sekretariat Daerah Kabupaten Siak, Jamaluddin.

"Arsip merupakan sumber acuan organisasi, keberadaan arsip di sebuah organisasi merupakan tulang punggung manajemen organisasi. Untuk itu arsip harus kita kita jaga kelestariannya," sebut Jamaluddin dalam sambutannya.

Menurutnya, penyelamatan arsip wajib dilakukan sebagai bentuk akuntabilitas kinerja dan bukti pertanggungjawaban pelaksanaan program dan kegiatan.

"Penyelamatan arsip ini penting sebagai bentuk akuntabilitas kinerja dan pertanggungjawaban pelaksanaan program pembangunan daerah. Penyelamatan arsip juga sekaligus sebagai identitas dan memori kolektif bangsa," jelasnya.

Diaa berharap, melalui bimtek tersebut, pengawasan kearsipan dapat berjalan dengan baik, sehingga mutu dan keselamatan arsip terjaga sebagai pendukung kebijakan daerah.

"Saya berharap, melalui bimbingan teknis pengawasan kearsipan dan sosialisasi Surat Edaran Menpan-RB No 01 Tahun 2020 ini, maka pengawasan terhadap kearsipan dapat berjalan dengan baik, sehingga mutu dan keselamatan arsip kita dapat kita jaga. Hal ini tentunya berperan penting dalam mendukung program pembangunan daerah Kabupaten Siak yang kita cintai ini," katanya.

Jamaluddin meminta peserta bimtek mengikuti kegiatan dengan sungguh-sungguh, sebab menurutnya, peserta bimtek merupakan tulang punggung organisasi.

Sebelumnya, Kepala Dinas Perpustakaan Kabupaten Siak, Muhammad Arifin saat menyampaikan laporannya mengatakan bahwa pelaksanaan Bimtek tersebut sebagai komitmen pihaknya untuk terus menjaga tertib arsip sebagai bagian integral dari setiap program dan kegiatan.

"Instrumen pengawasan merupakan cara baru dalam membina pengelolaan kearsipan. Untuk itu kegiatan bimbingan teknis ini dilaksanakan. Kegiatan ini sangat penting bagi tata kelola arsip, sebab arsip merupakan bagian terpenting dari setiap program dan kegiatan yang dilaksanakan," sebut Arifin.

Kegiatan itu juga dihadiri oleh Kepala Organisasi Petangkat Daerah di lingkungan Pemerintah Kabupaten Siak, serta diikuti oleh peserta perwakilan dari masing-masing OPD.

Penulis: Diana
Editor: Rico





Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)

BERITA LAINNYA    
Kadiskes Riau Mimi Yuliani NazirDua Orang Warga Meninggal Usai Divaksin, Kadiskes Riau Sebut karena Sakit Bawaan
Toyota Raize 1.200 ccToyota Raize 1.200 cc Resmi Rilis di Indonesia, Ini Spesifikasi Lengkapnya
Marc Marquez saat balapan pada MotoGP Spanyol 2021. (Photo by PIERRE-PHILIPPE MARCOU / AFP)(PIERRE-PHILIPPE MARCOU)
Jadwal MotoGP Jerman 2021, Tantangan Marquez Pertahankan Dominasi
IlustrasiHati-hati Jika Muncul Iklan di Ponsel, Bisa Jadi Itu Adware Berbahaya
IlustrasiWaspada! 144 Balita di Jakarta Positif Corona
  Belgia berhasil mengalahkan Denmark 2-1 di matchday kedua Grup B Euro 2020. Foto: DetikComeback, Belgia Menang 2-1 Lawan Denmark
Daihatsu Rocky 1.2Daihatsu Luncurkan Rocky 1.2, Ini Harganya
intBelanda Vs Austria, Menang 2-0, De Oranje ke 16 Besar Euro 2020
Cristiano RonaldoMarcus Rashford: Cristiano Ronaldo Sekarang Banyak Berubah
Kadis Perpusip Rohul Damri Poti memberikan hadiah kepada pelajar yang juara mendongeng.Budayakan Membaca di Kalangan Pelajar, Dispusip Rohul Gelar Lomba Mendongeng
Komentar Anda :

 
 
 
 
Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
     
Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
    © 2010-2021 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved