www.halloriau.com


BREAKING NEWS :
Polsek Peranap Ringkus 2 Pengedar Sabu
Otonomi
Pekanbaru | Dumai | Inhu | Kuansing | Inhil | Kampar | Pelalawan | Rohul | Bengkalis | Siak | Rohil | Meranti
 


Arak-arakan Meriah, Bupati dan Wakil Bupati Siak Dianugerahi Gelar Adat LAMR
Minggu, 09 Juni 2024 - 19:29:51 WIB

SIAK - Bupati Siak, Alfedri dan Wakil Bupati Siak, Husni Merza diarak dari Jalan Hang Tuah menuju Gedung Lembaga Adat Melayu Riau (LAMR) Siak, Minggu (9/6/2024).

Keduanya mengenakan pakaian adat Melayu berwarna hitam dan bercorak kuning, diiringi musik kompang dan diarak di bawah payung kuning.

Sesampainya di depan gedung LAMR Siak, mereka disambut dengan silat Melayu, sebuah bentuk penghormatan yang khas.

Setelah pertunjukan silat, Alfedri dan Husni memasuki gedung, disambut Ketua MKA LAMR Siak, Datuk Seri Wan Said dan Ketua DPH LAMR Siak, Datuk Seri Arfan Usman, beserta jajaran pengurus LAMR lainnya.

Acara ini juga dihadiri berbagai tokoh penting, termasuk Ketua MKA LAM Riau Datuk Marjohan Yusuf, Ketua DPH LAM Riau Datuk Taufik Ikram Jamil, Ketua DPRD Siak Indra Gunawan, Pj Bupati Batubara Nizamul, Wakil Bupati Bengkalis Bagus Santoso, serta unsur Forkopimda Siak dan Riau.

Alfedri dan Husni, yang tidak mengenakan selempang dan tanjak, akan diberikan simbol-simbol adat tersebut dalam prosesi penabalan gelar.

Mereka duduk diapit Datuk Seri Wan Said dan Datuk Marjohan Yusuf, sementara acara diawali dengan tarian zapin tradisional yang dibawakan dua penari senior dengan baju Melayu berwarna orange.

Ketua DPH LAMR Siak, Datuk Seri Arfan Usman menjelaskan, penabalan gelar adat kepada Alfedri dan Husni telah dipertimbangkan dengan cermat.

"Umpama sungai sudah sampai di lubuk, umpama memanjat sudah sampai di pucuk," ujarnya dilansir tribunpekanbaru.com.

"Sudah selesai segala runding, sudah selesai semua mufakat, maka patut kiranya gelar adat datuk setia amanah dan timbalan datuk setia amanah kita berikan kepada tuan bupati alfedri dan tuan wakil bupati husni merza," sambungnya.

Menurut Datuk Arfan, gelar adat diberikan kepada seseorang yang menunjukkan perilaku baik dan mampu memanfaatkan kemampuan serta kekuatannya untuk memuliakan negeri sesuai alur adat.

"Perilaku inilah yang dapat kita rasakan dari tuan bupati siak dan tuan wakil bupati siak yang sudah berhasil membawa siak menjadi negeri yang cemerlang, gemilang dan terbilang," tuturnya.

Ia juga memuji keberhasilan Alfedri dalam melaksanakan pembangunan dan inovasi di era digital, yang membawa banyak penghargaan bagi Siak, baik di tingkat provinsi maupun nasional.

"Semua ini diraih karena tenaga dan pikiran tuan bupati berikan untuk negeri siak yang sama-sama kita cintai ini," lanjutnya.

Alfedri sebelumnya telah diakui sebagai Timbalan Datuk Setia Amanah saat menjabat sebagai Wakil Bupati Siak periode 2011-2021.

Oleh karena itu, gelar yang diberikan kali ini dinilai sangat tepat berdasarkan pengamatan dan pertimbangan yang hati-hati.

Datuk Arfan juga menekankan pentingnya doa dalam pemberian gelar ini dan gelar adat tersebut memiliki makna yang luas bagi seluruh masyarakat.

"Yang merah itu saga, yang kurik itu kundi, yang baik itu bahasa, yang elok itu budi," pungkasnya.(Infotorial)

   


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: [email protected]
(mohon dilampirkan data diri Anda)


BERITA LAINNYA    
Tersangka AM dan MT saat diamankan di Mapolsek Peranap.(foto: andri/halloriau.com)Polsek Peranap Ringkus 2 Pengedar Sabu
Bupati Pelalawan, Zukri Misran saat hadiri magrib mengaji di Komplek Townsite II RAPP.(foto: andi/halloriau.com)Hadiri Magrib Mengaji di Townsite II RAPP, Ini Kata Bupati Pelalawan
Riau cerah hari ini.(ilustrasi/int)Prakiraan Cuaca Riau: Hujan Ringan di Beberapa Wilayah, Suhu 34°C
Anggota Bawaslu Kepulauan Meranti Rio Andika, M.Pd dan M. Hafit, S.Sos saat menyampaikan hasil pengawasan coklit pada Rapat Koordinasi Evaluasi Pengawasan Coklit Daftar Pemilih di Bawaslu Provinsi RiauKoordinasi Inten Dalam Pengawasan Coklit Pilkada Serentak 2024
Ketua Bawaslu Kepulauan Meranti, Syamsurizal MIP.Jelang PSU, Ini Strategi Bawaslu Meranti untuk Mencegah Pelanggaran
  Ilustrasi harga emas Antam di Pekanbaru masih stagnan hari ini (foto/int)Harga Emas Antam di Pekanbaru Masih Stagnan, Ada Potensi Melonjak?
Titik panas di Riau hari ini yang tertinggi di Sumatera.(ilustrasi/int)Curah Hujan Menurun, Riau Menyala dengan 27 Titik Panas Pagi ini
Ketua Bawaslu, Syamsurizal saat Hadiri Rakornas di Medan.Mantabkan Persiapan Penyelenggaraan Pilkada Serentak Tahun 2024 Wilayah Sumatera
Kasat Reskrim Polres Kepulauan Meranti, Iptu. Yhon Mabel, S.Tr.K., S.I.K., M.H.Kasat Reskrim Polres Kepulauan Meranti Datangi Desa Tanjung Peranap
ilustrasi.Gugatan PKB Dikabulkan, MK Perintahkan KPU Lakukan PSU di TPS 002 Tanjungperanap Meranti
Komentar Anda :

 
Potret Lensa
RGE Jurnalism Workshop Perkaya Pengetahuan Wartawan
 
 
 
Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
     
Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
    © 2010-2024 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved