www.halloriau.com


BREAKING NEWS :
Ramalan Zodiak Hari ini 24 Juni 2024: Hati-hati dengan Rongrongan Orang Terdekat
Otonomi
Pekanbaru | Dumai | Inhu | Kuansing | Inhil | Kampar | Pelalawan | Rohul | Bengkalis | Siak | Rohil | Meranti
 


Siak Hijau Jadi Sorotan dalam Festival LIKE
Selasa, 19 September 2023 - 21:43:56 WIB

SIAK - Bupati Siak, Alfedri berpartisipasi dalam Puncak Festival Lingkungan, Iklim, Kehutanan dan Energi Baru Terbarukan (LIKE) yang diselenggarakan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) dengan tema 'Masyarakat Sejahtera Alam Lestari'.

Festival LIKE berlangsung selama tiga hari dengan empat zona yang menghadirkan berbagai kegiatan berdasarkan empat tematik materi.

Zona Biru mengangkat Komitmen Energi Baru Terbarukan, Zona Hijau Indonesia FOLU Net Sink 2030, Zona Kuning menekankan Inovasi Pemulihan Lingkungan, dan Zona Ungu membahas Masyarakat Sejahtera Alam Lestari.

Acara ini dibuka Presiden RI, Jokowi didampingi Menteri LHK, Siti Nurbaya, serta dihadiri para Gubernur, Pj Gubernur se-Indonesia, dan Bupati dari berbagai daerah. Acara ini berlangsung di Indonesia Arena, Kawasan GBK, Jakarta, Senin (18/9/2023).

Bupati Siak, Alfedri menyampaikan pandangannya tentang Festival LIKE sebagai wadah untuk mengenalkan kerja aktual dan langkah-langkah korektif dalam kebijakan serta implementasinya di bidang kehutanan dan lingkungan hidup dengan prinsip-prinsip keberpihakan kepada masyarakat. Salah satu tujuannya adalah mendorong produktivitas masyarakat melalui akses pengelolaan hutan sosial.

Upaya pemulihan lingkungan dengan mengendalikan deforestasi, penanaman pohon, penanganan ekoriparian, replikasi ekosistem, dan pelestarian kawasan konservasi serta satwa liar juga menjadi fokus utama.

"Upaya pemulihan lingkungan dan pengendalian ekosistem gambut sudah kita lakukan melalui program siak hijau, yang memiliki tujuan yang sama, yaitu melestarikan alam sambil meningkatkan ekonomi masyarakat," jelas Alfedri.

Program Siak Hijau memiliki dasar hukum dalam Peraturan Daerah Nomor 4 Tahun 2022. Program ini merespons kondisi lingkungan setelah terjadi kebakaran hutan parah pada tahun 2015, yang menyebabkan kerusakan lingkungan dan polusi udara serta dampak serius pada aktivitas masyarakat.

Prestasi Siak Hijau telah menarik perhatian di tingkat nasional dan internasional, menjadi model pembangunan yang menyatukan solusi untuk masalah lingkungan, sosial, dan kesejahteraan masyarakat.

Presiden Joko Widodo mengajak semua pihak untuk bersama-sama merehabilitasi hutan dengan menanam sebanyak mungkin pohon.

Dalam sambutannya, Presiden juga menyampaikan keprihatinannya terkait perubahan iklim dan polusi udara di Jakarta, dan mengimbau kepada pesepeda untuk menjaga kualitas udara dengan menggunakan masker jika diperlukan.

Partisipasi Siak dalam Festival LIKE dan fokusnya pada keberpihakan kepada lingkungan dan masyarakat menunjukkan komitmen mereka dalam menjaga keberlanjutan dan keberpihakan pada alam serta kesejahteraan warganya.

Penulis: Diana
Editor: Barkah

   


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: [email protected]
(mohon dilampirkan data diri Anda)


BERITA LAINNYA    
Ramalan zodiak hari ini.(ilustrasi/int)Ramalan Zodiak Hari ini 24 Juni 2024: Hati-hati dengan Rongrongan Orang Terdekat
Titik panas di Sumatera.(ilustrasi/int)47 Hotspot Menyala di Sumatera Pagi ini, Riau Nihil Titik Panas
ilustrasi: Missed Call.Jangan Telepon Balik Missed Call dari Nomor Ini!
Bakal calon Walikota Pekanbaru, Agung Nugroho unggul di Survei Pilwako 2024 (foto/int)Unggul Terus di Survei Pilwako Pekanbaru, Agung Nugroho Klaim Raih Dukungan 4 Partai
Wako Dumai, Paisal bertemu dengan Ketua TKP PPDS, dr Arief Budiyanto di auditorium Wiyata FK-KMK UGM (foto/bambang)Gandeng UGM, Pemko Dumai Bakal Kirim 10 Dokter untuk Pendidikan Spesialis
  Kampus Unri.(foto: int)Jika Lebihi Kuota, Unri Terapkan Nilai UTBK untuk Seleksi Jalur Mandiri PBUG/PBM 2024/2025
Hujan ringan di Riau hari ini.(ilustrasi/int)Prakiraan Cuaca Riau Hari ini: Hujan Ringan di Beberapa Wilayah
Tim SAR gabungan saat melakukan pencarian korban Nelayan hilangPencarian Nelayan Hilang di Selat Malaka Memasuki Hari Ketiga, Belum Membuahkan Hasil
Kondisi jalan Sesap- Sungai Nyiur saat dilakukan pengerjaanGugatan Kontraktor Jalan Sesap Dikabul Pengadilan, Pemkab Kepulauan Meranti Melawan
Bupati Inhu, Rezita Gowes Bareng masyarakat Kecamatan Sungai Lala (foto/Andri)Gowes 22 Km di Sungai Lala, Bupati Inhu Harap Bisa Jadi Event Tahunan
Komentar Anda :

 
Potret Lensa
Salad Idul Adha di Masjid Awaluddin
 
 
 
Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
     
Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
    © 2010-2024 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved