www.halloriau.com


BREAKING NEWS :
Rumah Kapitan Oei Hi Tam Peninggalan Penjajah Belanda di Rohil
Otonomi
Pekanbaru | Dumai | Inhu | Kuansing | Inhil | Kampar | Pelalawan | Rohul | Bengkalis | Siak | Rohil | Meranti
 
Bimtek Jadi Upaya BKD Siak Tingkatkan Kompetensi Para Penilai PBB
Rabu, 25 Januari 2023 - 19:17:20 WIB
Bupati Siak, Alfedri meemberikan pemaparan dalam Bimtek BKD Siak.(foto: diana/halloriau.com)
Bupati Siak, Alfedri meemberikan pemaparan dalam Bimtek BKD Siak.(foto: diana/halloriau.com)

SIAK - Badan Keuangan Daerah (BKD) Kabupaten Siak menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Peningkatan kompetensi penilai PBB Kabupaten Siak tahun 2023.

Bimtek ini salah satu wujud nyata hasil kerjasama antara Pemkab Siak bersama Ditjen Pajak dan Ditjen Perimbangan Keuangan Daerah. Khususnya dalam hal peningkatan SDM penilai PBB.

Kepala BKD Siak, L Budhi Yuwono mengatakan, Bimtek yang diselenggarakan hari ini merupakan bentuk optimalisasi peningkatan penerimaan pajak daerah.

Melalui pengembangan kapasitas SDM penilai PBB Pedesaan dan Perkotaan (PBB-P2), sehingga menghasilkan SDM yang mumpuni.

"Kami memandang Bimtek ini sangat diperlukan, karena penilai PBB yang kami miliki sangat terbatas baik sisi jumlah maupun kualitasnya. Sampai saat ini penilai kami baru ada tiga orang, dan yang memiliki sertifikasi baru 2 orang," ucap Budhi di Ruang Rapat Raja Indra Pahlawan, Kantor Bupati Siak, Rabu (25/1/2023).

"Sementara objek pajak SPP yang sudah terdaftar pada kami saat ini mencapai 164 ribu. Kami dalam waktu 5 tahun ini belum ada melakukan penilaian ulang karena keterbatasan personel. Tentunya keberadaan penilai sangat dibutuhkan di BKD, dengan pelatihan ini sangat bermanfaat bagi kami," sebutnya.

Budhi berharap dikemudian hari pihaknya memiliki penilai yang handal, dan dapat memberikan kontribusi bagi penerimaan PBB.

Petugas penilai PBB melakukan tugas, bukan hanya melakukan penilaian PBB saja namun banyak penugasan tambahan seperti pendataan se-Kabupaten Siak, adminitrasi dan tugas lainnya. Sehingga dapat mengganggu tugas pokok mereka sebagai penilai.

"Kami berharap pak bupati menambah jumlah penilai PBB serta terkait dengan anggaran pelaksanaan Diklat. Makanya hari ini kami undang BKPSDM agar penerimaan PBB dapat terkumpul secara optimal mengingat luas wilayah kabupaten siak dan objek pajak yang kompleks. Jadi kalau kami lihat potensi PBB masih bisa kita tingkatkan lagi," ucapnya.

Kegiatan ini berlangsung selama dua hari, dari tanggal 25-26 Januari 2023. Dihadiri seluruh ASN di bidang pendapatan, baik itu yang berkaitan dengan bidang PBB maupun di bidang PAD, serta seluruh OPD pengelolaan pendapatan se-Kabupaten Siak.

Kakanwil DJP Riau, Ahmad Djamhari selaku narasumber menyambut baik kegiatan ini, pesannya, optimalisasi peningkatan pajak daerah dibutuhkan perjanjian kerjasama antara Pemda dan wajib pajak, terutama bersama korporasi yang ada di wilayah kerja.

"Mengingat laporan yang bapak/ibu kerjakan semuanya kembali ke masyarakat, tentu perjanjian kerjasama atau PKS sangat diperlukan, inti dari PKS kita sama-sama membangun basis data, identitas wajib pajaknya jelas, subjeknya jelas, semua wajib pajak nama, alamat dan objek pajaknya," ungkapnya.

Sementara itu, Bupati Siak, Alfedri mengatakan, kemajuan pembangunan dan pertumbuhan ekonomi yang cukup pesat, berdampak potensi pajak yang cukup besar.

Salah satu objek pajak yang memiliki nilai yang sangat tinggi adalah jalan Tol. Kabupaten Siak telah menetapkan besaran PBB jalan Tol Permai Pekanbaru-Dumai sebesar 8,9 miliar/tahun.

"Penetapan ini tentu menjadi yang terbesar yang pernah ditetapkan BKD. Namun saya yakin masih banyak potensi objek pajak baru lainnya, yang masih bisa kita gali. Tentu dengan tidak melupakan objek pajak lain yang sudah ada. Dengan melakukan penilaian ulang agar penerimaan PBB-P2 setiap tahunnya mengalami peningkatan," sebutnya.

Bupati Alfedri mengintruksikan Camat dan Penghulu Kampung agar mengoptimalkan PBB-P2 di masing-masing kecamatan dan kampung.

Karena kata dia, besaran pajak yang di terima sesuai perhitungan akan kembali ke kecamatan dan kampung.

"Pak camat, lurah dan penghulu harus membantu optimalkan PBB-P2 bantu UPT BKD di daerah. Karena kan pajak ini akan kembali ke kecamatan dan kampung," tutupnya.

Penulis: Diana Sari
Editor: Barkah

   


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)


BERITA LAINNYA    
Rumah Kapitan Oei Hi Tam jadi destinasi wisata di Rohil (foto/int)Rumah Kapitan Oei Hi Tam Peninggalan Penjajah Belanda di Rohil
Rizky Billar dan Lesti Kejora saat berada di stadion (foto/int)Haters Ditetapkan Tersangka, Rizky Billar Bersyukur
Ilustrasi Pemko Pekanbaru dapat bantuan bibit dari pemerintah pusat (foto/int)Pemko Pekanbaru Dapat Bantuan Bibit Cabai dan Bawang Ditanam Lahan 10 Hektare
Simpang Garuda Sakti-Soebrantas akan dibangun flyover pada tahun 2024 (foto/int)Tahun Ini Ganti Rugi Lahan, Flyover Simpang Garuda Sakti Dibangun 2024
Tim SAR evakuasi warga Kelurahan Maharatu yang terendam banjir (foto/Bayu)Kelurahan Maharatu Terendam Usai Diguyur Hujan Deras, 13 Warga Dievakuasi
  Nissan X-TrailNissan X-Trail Tawarkan 32 Aksesori Baru
Peggy Melati Sukma dinikahi pengusaha New Zealand (foto/int)Cuma Sekali Bertemu, Peggy Melati Sukma Mantap Dinikahi Pengusaha New Zealand
Ilustrasi ratusan ribu militer Rusia disebut akan dikerahkan persiapan serangan baru Ukraina (foto/int)Menhan Ukraina Curigai Rusia Kerahkan 500 Ribu Pasukan Persiapan Serangan Baru
Ilustrasi kunjungan turis asing ke Riau meningkat (foto/int)BPS: 5.280 Turis Asing Berkunjung ke Riau Selama Desember 2022
Honda PCX Club Indonesia kegiatan sosial di Pekanbaru (foto/ist)Komunitas Honda PCX Club Indonesia Pekanbaru Gelar Berbagi Jumat Berkah
Komentar Anda :

 
Potret Lensa
Bacalon DPD Riau, Ichwanul Ihsan Serahkan Syarat Dukungan Minima
 
 
 
Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
     
Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
    © 2010-2022 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved