www.halloriau.com  
BREAKING NEWS :
Semalaman Diguyur Hujan, Pagi ini Hotspot di Riau Nihil
Otonomi
Pekanbaru | Dumai | Inhu | Kuansing | Inhil | Kampar | Pelalawan | Rohul | Bengkalis | Siak | Rohil | Meranti
 
Mengenang Jasa Para Sultan, Pemkab Siak Ziarah Kubur
Rabu, 21 September 2022 - 16:23:00 WIB
Wabup Siak, Husni Merza saat kegiatan ziarah ke makam para Sultan Siak.(foto: diana/halloriau.com)
Wabup Siak, Husni Merza saat kegiatan ziarah ke makam para Sultan Siak.(foto: diana/halloriau.com)

SIAK - Pemkab Siak melaksanakan ziarah kubur ke Makam para Sultan Siak yang dimulai dari Makam Sultan Abdul Jalil Rakhmadsyah atau Raja Kecik di Kampung Langkai, Kecamatan Siak.

Pelaksanaan ziarah kubur ke makam para Sultan Siak tersebut, dipimpin langsung oleh Wakil Bupati Siak Husni Merza, Rabu (21/9/2022).

Ziarah kemudian dilanjutkan ke komplek Makam Sultan Muhammad Abdul Jalil Muzaffar Syah atau Tengku Bunga Asmara di Kecamatan Mempura. Serta ke komplek Makam Koto Tinggi dan Makam Sultan Syarif Kasim II di Kecamatan Siak.

Saat ditemui seusai melaksanakan ziarah kubur, Wakil Bupati Siak Husni Merza mengucapkan syukur hari ini Pemkab Siak melalui Dispar Siak akan melaksanakan 2 kegiatan, yakni ziarah kubur ke makam para Sultan Siak dan Khatib Beghanyut.

"Alhamdulillah, hari ini kami telah melaksanakan ziarah ke makam 9 Sultan Siak di Kabupaten Siak di 4 lokasi berbeda. Ini merupakan kegiatan tahunan kita, untuk mendoakan dan bersyukur atas jasa para Sultan Siak dan malam nanti kita lanjutkan dengan tradisi Ghatib Beghanyut," ucap Husni.

Ziarah ke makam para Sultan Siak tersebut, lanjut Husni Merza merupakan doa dan wujud syukur kepada Allah karena telah memberikan para Sultan yang telah berjasa memimpin Siak.

"Dengan jasa para Sultan tersebut, kita saat ini bisa menikmati apa yang ada dan kita lihat sekarang dan Siak bisa dikenal. Oleh karena itu, mari sama-sama kita doakan agar para Sultan Siak tersebut Allah berikan ampunan, dan jadikan kuburan sebagai taman-taman surga," ajak Wabup Husni.

Terkait dengan kegiatan Ghatib Beghanyut, Husni menjelaskan, Ghatib Beghanyut merupakan tradisi yang dikemas dalam bentuk wisata Religi.

"Ghatib Beghanyut merupakan ikhtiar dari masyarakat Kabupaten Siak dahulu, untuk memohon dan berdoa kepada Allah, agar dijauhkan dari musibah, penyakit dan marabahaya," jelas Wabup Siak.

Selain Wakil Bupati Siak Husni Merza, ziarah ke makam para Sultan Siak tersebut juga dihadiri Asisten 1 Setdakab Siak Fauzi Asni, Asisten III Setdakab Siak Jamaluddin, Ketua LAMR Siak Wan Said, tokoh agama, tokoh masyarakat serta undangan lainnya.

Penulis: Diana Sari
Editor: Barkah

   


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)


BERITA LAINNYA    
Ilustrasi.(int)Semalaman Diguyur Hujan, Pagi ini Hotspot di Riau Nihil
Ruas jalan dalam Kota Pekanbaru rute TDSi 2022 ditutup sementara besok.(foto: bayu/halloriau.com)Besok City Race Pekanbaru, Mulai Jam 9 Rute Etape III TDSi 2022 Ditutup Sementara
Peserta TDSi Etape II melintas di Jalan Hangtuah Ujung Pekanbaru.(foto: mcr)Warga Tenayan Raya Antusias Sambut Peserta TDSi 2022 di Etape II
Pemain Timnas Argentina, Lionel Messi.(foto: int)Argentina Bakal Menang Meyakinkan Hadapi Australia Dini Hari Nanti
Peresmian gedung serbaguna Baitun An-Nur Ponpes Modern Nur Alif.(foto: andri/halloriau.com)5 Tahun berdiri, Ponpes Modern Nur Alif Lirik Resmikan Gedung Serbaguna Baitun An Nur
  Ilustrasi.(int)Cuaca Pekanbaru Hari ini Cerah, Pebalap Bakal Nyaman Gowes Etape III TDSi 2022
Ilustrasi.(int)CFD Pekanbaru Tetap Digelar Sampai Jam 9, Ini Rute TDSi 2022 Etape III
Gubernur Riau, Syamsuar.(foto: mcr)Hari Bhakti ke-77 PU, Gubri: Peresmian SPAM Durolis Tunggu Menteri PUPR
Telkomsel melakukan pengembangan dan perubahan layanan MyAds yang meliputi tampilan website, article page, offdeck display banner, report & insight campaign, dan diskon khusus komunitas.(foto: istimewa)Telkomsel MyAds Hadirkan Ragam Fitur Baru untuk Pengalaman Terbaik Beriklan Digital
ilustrasi.(int)Gempa Magnitudo 6,4 Guncang Garut, Tak Berpotensi Tsunami
Komentar Anda :

 
Potret Lensa
JNE Pekanbaru bersilaturahmi ke kantor Halloriau.com
 
 
 
Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
     
Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
    © 2010-2022 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved