www.halloriau.com
BREAKING NEWS :
Kapolres Inhu Ringkus 319 Tersangka Narkoba
Otonomi
Pekanbaru | Dumai | Inhu | Kuansing | Inhil | Kampar | Pelalawan | Rohul | Bengkalis | Siak | Rohil | Meranti
 
BPK Riau Minta Pemda Laporkan LKPD 2020 Paling Lambat 5 Maret 2021
Kamis, 21 Januari 2021 - 09:35:50 WIB
Ilustrasi
Ilustrasi

SIAK - Bupati Siak Alfedri mengikuti Video Conference pelaksanaan audit LKPD tahun anggaran 2020 dan menjaring masukan terkait tugas pemeriksaan BPK yang berlangsung di Ruang Bandar Siak Lantai II Kantor Bupati Siak, Rabu, (20/1/2021).

Hadir dalam Vitcon itu, Sekda Siak, Kepala Inspektur kabupaten Siak, Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan Setda kabupaten Siak Hendrisan, Kepala Bapeda Siak Wan Yunus, perwakilan Badan Keuangan Daerah Tengku Musa.

Sementara dari layar monitor tampak hadir Plh Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Riau, Masrul Kasmy, Kepala Inspektur Riau, Kepala BPK RI Perwakilan Provinsi Riau Widhi Widayat dan jajaran serta para Bupati dan Wakil Bupati di lingkungan Pemerintah Provinsi Riau.

Bupati Siak Alfedri menyambut baik atas pemeriksaan yang akan dilaksanakan oleh BPK Perwakilan Provinsi Riau yang dalam waktu dekat mulai melakukan pemeriksaan tahap pertama.

"Kami akan menyiapkan laporan keuangan tahun anggaran 2020 secara lebih baik. Kami sangat berterimakasih kepada BPK yang telah berkoordinasi dan menunjuk tim yang akan menjadi penghubung auditor dari pada BPK," ujar Alfedri.

Dirinya juga mengingatkan kepada seluruh pimpinan OPD pelaporan atas pengelolaan dan tanggung jawab keuangan daerah bukan hanya menjadi tugas SKPKD.

"Saya mengharapkan seluruh OPD memiliki tanggung jawab besar untuk mendukung proses pemeriksaan, dan yang terpenting  berkomunikasi dan menyiapkan segala sesuatu yang dibutuhkan tim auditor," tegasnya.

Pada kesempatan itu dari paparan tingkat penyelesaian tindak lanjut rekomendasi hasil pemeriksaan yang telah dilakukan oleh BPK Perwakilan Provinsi Riau dari tahun 2005 sampai dengan 31 Desember 2020 Siak berada di posisi teratas.

"Alhamdulillah, Siak tingkat penyelesiannya paling tinggi di atas 75 persen. Artinya capaian ini perlu dipertahankan. Ini menunjukan tingkat akuntanbilitas dalam penyampaian pelaporan keuangan daerah, terus mengalami perbaikan," pesannya. 

Kepala BPK RI Perwakilan Provinsi Riau Widhi Widayat menyampaikan laporan LKPD bukanlah hal baru namun sudah menjadi kewajiban pemerintah daerah. Karena itu LKPD tahun 2020 audit paling lambat disampaikan pada 5 Maret 2021.

"Kami berharap agar LKPD tahun 2020 auditid paling lambat sudah kami terima pada 5 Maret 2021. Mengapa demikian, karena dari waktu ke waktu proses penyusunan LKPD ini bukan lagi menjadi beban tapi ini kewajiban setiap tahun yang harus dilakukan oleh Pemerintah Daerah," ungkapnya.

"Dengan mekanisme dan sistem pelaporan yang semakin baik yang tidak selalu menunggu tanggal 31 Maret. Jadi ada baiknya kita sama-sama mendorong untuk mempercepat pelaporan, dengan mempercepat paporan, maka proses pemeriksaan juga lebih cepat, LHPD juga disampaikan lebih cepat, APBDP pun di bahas lebih cepat. Sehingga semuanya makin maju waktunya," terangnya.

"Saya mengharapkan kepada bapak dan ibu, kami sudah menerima LKPD hasil audit paling lambat 5 Maret bahkan lebih maju di Februari kami akan lebih senang. Namun ini bukan seperti anak-anak ujian, selesai tidak selesai di kumpulkan, bukan seperti itu tentu ada syarat yang harus dipenuhi," terangnya.

Tim pemeriksa akan melanjutkan pemeriksaan yakni lemeriksaan terperinci, yang menurut jadwal dilakukan selama 30 hari jangka waktunya tentatif. Dari 8 Maret sampai dengan 9 April 2021. Namun ini masih tentatif artinya sangat fleksibel sesuai kebutuhan di lapangan, jika merasa perlu bisa diperpanjang masa pemeriksaan terperincinya.

"Kami menjadwalkan bahwa LHP atas LKPD tahun anggaran 2020 akan diserahkan kepada Pemda Provinsi, Kabupaten dan Kota pada 6 Mei 2021. Kami sangat berharap alur yang sudah direncanakan ini, menjadi perhatian khususnya bapak dan ibu kepala daerah," terangnya.

Lanjutnya, disadari pelaksanaan APBD tahun 2020 lalu, berjalan di musim pendemi yang penuh dinamika. Tentu peralihan dan pemangkasan anggaran terjadi.

"Pelaksanaan APBD 2020 penuh dinamika, peraturan pun sangat dinamis berubah dari waktu ke waktu. Tentu tim pemeriksa tidak berarti memberikan relaksasi atau memberikan pembenaran atas semua hal yang dilakukan selama tahun anggaran 2020," tegasnya.

Ia juga meminta kepada kepala daerah agar berkirim surat kepada seluruh pengurus Parpol yang memiliki kursi di DPRD untuk menyampaikan pelaporan pertanggungjawaban pengunaan bantuan keuangan ini disampaikan kepada BPK paling lambat 31 Januari 2021.

"Karena ini termasuk bagian dari tugas wajib BPK, yaitu memeriksa laporan penggunaan dana bantuan keuangan, sehingga kami mengamanatkan kepada kepala daerah untuk mengingatkan pengurus parpol untuk memenuhi kewajiban menyampaikan LPJ tepat waktu," tutupnya.

Akhir dari sambutanya, ia meminta seluruh Pemda dapat mendukung tugas tim pemeriksa sesuai dengan nilai-nilai dasar BPK, independen, berintegritas dan profesional.

Penulis : Diana Sari
Editor : Fauzia


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)

BERITA TERKAIT    
Foto bersama.32 Honorer Terima SK P3K dari Bupati Siak, Ini Pesan Alfedri
Pemeriksaan LKPD Kabupaten Inhu.BPK Riau Periksa LKPD Inhu 2020
IlustrasiBPK Riau Minta Pemda Laporkan LKPD 2020 Paling Lambat 5 Maret 2021
Bupati Siak AlfedriBuka Rembuk Paripurna KTNA Siak, Alfedri: KTNA adalah Kawan Pemerintah
Bupati Siak AlfedriPeletakan Batu Pertama Ponpes MQ, Alfedri Berharap Ponpes di Siak Makin Berkembang
  Bupati Siak AlfedriAlfedri Buka Konferensi Kerja I PGRI Siak Masa Bakti 2020-2025
Bupati Siak Alfedri meresmikan Puskesmas Sungai Apit Kampung Mengkapan, Kamis, (18/2/2020).Bupati Siak Resmikan Puskesmas Mengkapan Sungai Apit
Bupati Siak AlfedriBPK Riau Serahkan LHP Terkait Penanganan Covid-19 Bidang Kesehatan di Negeri Istana
Bupati Siak AlfedriBRK Serahkan Bantuan Pembangunan Ponpes MI Lil Muqorrabin, Bupati Alfedri: Semoga Berkah
Bupati Siak Alfedri saat menghadiri Sholawatan sekaligus Rutinan Majelis Sholawat Nahdlatul Ahibba di Pondok Pesantren Miftahul Quran Kampung Seminai Kecamatan Kerinci Kanan(19/9/2020). Hadiri Peletakan Batu Pertama Ponpes MQ, Alfedri Berharap Ponpes di Siak Makin Berkembang‎

BERITA LAINNYA    
Kapolres Inhu dipangku AKBP Efrizal S.I.KKapolres Inhu Ringkus 319 Tersangka Narkoba
Ilustrasi Covid-19Sebaran 7.264 Covid-19, Riau 87 Kasus Baru, 70 Sembuh, 4 Meninggal
Penyerahan bantuan oleh Bupati Siak dan istriBupati Siak dan Istri Serahkan Bantuan bagi Warga Kurang Mampu di Tualang
Satgas Covid-19 Kota Dumai mulai vaksinasi Covid-19 tahap 2 menyasar pelayanan publik.
Satgas Covid-19 Kota Dumai Mulai Vaksinasi Tahap II, Sasar 1.000 Orang
Kepala Dinas Sosial P3A Rohul, Hj Sri MulyatiPencabulan dan Kekerasan Anak Marak, KadisosP3A Rohul Sarankan Sekolah Tatap Muka Diaktifkan
  Gubri, Syamsuar diterima Mentan Syahrul Yasin Limpo di Kantor Kementan RI Jakarta, Kamis (4/3/2021).Sambut Baik Food Estate, Kementan Segera ke Riau
Unit Manager Communication, Relations & CSR RU II Pertamina Brasto Galih Nugroho memasangkan masker kepada salah satu pelajar.
Dukung Pembelajaran Tatap Muka Terbatas, Pertamina Dumai Bantu 10.000 Masker
Pameran Motor Yamaha di Mal Ciputra.Ada Promo Maret Maxi Makin Greget di Masata Pekanbaru Fair Mal Ciputra
Personel TNI dan gabungan yang melaksanakan TMMD ke 110, melakukan Pembukaan akses jalan menuju ke puncak Desa Koto Ranah.Jalan Objek Wisata Negeri di Atas Awan Jadi Sasaran TMMD ke-110
Sekda Abdul Haris, ikuti Rakor Program Pemberantasan Korupsi Terintegrasi dengan Kepala Daerah se-Provinsi Riau bersama KPK RI, di Gedung Daerah Balai Serindit, Pekanbaru.
Sekda Hadiri Rakor dengan KPK, Kepala Daerah Diminta Tingkatkan Koordinasi
Komentar Anda :

 
 
 
 
Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
     
Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
    © 2010-2021 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved