www.halloriau.com
BREAKING NEWS :
Sambut Baik Food Estate, Kementan Segera ke Riau
Otonomi
Pekanbaru | Dumai | Inhu | Kuansing | Inhil | Kampar | Pelalawan | Rohul | Bengkalis | Siak | Rohil | Meranti
 
Persingkat Jarak Pelayanan, Verifikasi RAPBKampung di Kecamatan
Selasa, 19 Januari 2021 - 19:02:27 WIB
Kepala Bappeda Siak, Wan Yunus
Kepala Bappeda Siak, Wan Yunus

SIAK - Untuk mempersingkat jarak pelayanan verifikasi RAPBKampung, Pemkab Siak melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kampung (DPMK) taja pembekalan Verifikasi RABKampung 2021, Selasa (19/1/2021).

Kegiatan dibuka Asisten Admintrasi Pemerintahan dan Kesra, Budhi Yuwono, dihadiri Kepala Bappeda Kabupaten Siak, pemateri dari Badan Keuangan Daerah, Tengku Musa, FITRA Riau dan para peserta pembekalan dari kecamatan se-Kebupaten Siak.

Asisten Admintrasi Pemerintahan dan Kesra Setdakab Siak, Budhi Yuwono menyampaikan, dasar dari pengalihan kewenanggan verifikasi RABKampung, semula kewenagan kabupaten kedepan dilakukan di kecamatan. Tujuannya selain memperpendek jalur pelayanan birokrasi dan efektifitas jika verifikasi dilakukan di kecamatan.

"Hari ini kita memberikan pembekalan kepada petugas yang berasal dari setiap kecamatan di Kabupaten Siak yang nantinya akan memverifikasi APBKampung. Sebab yang lebih mengetahui kebutuhan selain kawan-kawan di kampung juga kecamatan," ujar Budhi.

Dijelaskan, APBKampung memiliki tujuan yang sama dengan APBD kabupaten sama-sama untuk mensejahterakan rakyat. Tinggal bagaimana program kampung dan kabupaten sejalan, makanya di APBKampung memiliki visi misi program prioritas yang sama dengan kabupaten.

"Pemerintah pusat telah memberikan acuan untuk kita, bagaimana APBKampung disusun secara nasional. Kemudaian ada Permendes yang mengatur hal itu, dan termasuk pengalihan kewenanggan ini Peraturan Bupati sudah kita siapkan," terangnya.

Budhi berharap para petugas verifikasi harus sering baca aturan, karena desa juga memiliki banyak aturan, selanjutnya peserta sering bertanya kepada narasumber yang sudah disiapkan.

Sementara itu, Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda), Wan Yunus mengatakan, sebagai tim verifikasi yang pertama nantinya tahu dan paham dengan aturan.

Hal itu penting agar nantinya dalam bertugas tidak terjadi kesalahan dalam penyampaian dan membelanjakan anggaran yang ada di Pemerintahan Kampung (Pemkam) nantinya.

"Karena kampung ini otonom sama dengan kabupaten ada eksekutif dan legialatif, sama-sama banyak aturanya. Nanti akan ada Perbup tentang penggunaan APBD Kampung ini, baik untuk dana pemdes, pembangunan, pembinaan, dan pemberdayaan masyarakatnya serta parsentase. Berkiblatlah dengan Perbup itu, agar tidak ada kegiatan tanpa sandaran hukum," jelas Wan Yunus.

Wan Yunus, juga mengingatkan agar tim evaluasi kecamatan untuk APBKam 2021 mengingatkan agar Pemkam tidak menggunakan anggarannya untuk pembangunan bangunan yang bukan milik Pemerintah Kampung.

Penulis: Diana Sari
Editor: Satria


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)

BERITA TERKAIT    
 

BERITA LAINNYA    
Gubri, Syamsuar diterima Mentan Syahrul Yasin Limpo di Kantor Kementan RI Jakarta, Kamis (4/3/2021).Sambut Baik Food Estate, Kementan Segera ke Riau
Unit Manager Communication, Relations & CSR RU II Pertamina Brasto Galih Nugroho memasangkan masker kepada salah satu pelajar.
Dukung Pembelajaran Tatap Muka Terbatas, Pertamina Dumai Bantu 10.000 Masker
Pameran Motor Yamaha di Mal Ciputra.Ada Promo Maret Maxi Makin Greget di Masata Pekanbaru Fair Mal Ciputra
Personel TNI dan gabungan yang melaksanakan TMMD ke 110, melakukan Pembukaan akses jalan menuju ke puncak Desa Koto Ranah.Jalan Objek Wisata Negeri di Atas Awan Jadi Sasaran TMMD ke-110
Sekda Abdul Haris, ikuti Rakor Program Pemberantasan Korupsi Terintegrasi dengan Kepala Daerah se-Provinsi Riau bersama KPK RI, di Gedung Daerah Balai Serindit, Pekanbaru.
Sekda Hadiri Rakor dengan KPK, Kepala Daerah Diminta Tingkatkan Koordinasi
  Ilustrasi Covid-19Sebaran 7.264 Covid-19, Riau 87 Kasus Baru, 70 Sembuh, 4 Meninggal
Penyerahan bantuan oleh Bupati Siak dan istriBupati Siak dan Istri Serahkan Bantuan bagi Warga Kurang Mampu di Tualang
Satgas Covid-19 Kota Dumai mulai vaksinasi Covid-19 tahap 2 menyasar pelayanan publik.
Satgas Covid-19 Kota Dumai Mulai Vaksinasi Tahap II, Sasar 1.000 Orang
Kepala Dinas Sosial P3A Rohul, Hj Sri MulyatiPencabulan dan Kekerasan Anak Marak, KadisosP3A Rohul Sarankan Sekolah Tatap Muka Diaktifkan
Kunjungan audiensi Fakultas Pertanian UPP dengan Dinas TPH Rohul, membahas tentang isu utama budidaya tanaman pangan di Rohul.Fakultas Pertanian UPP Kolaborasi Program dengan Dinas TPH Rohul
Komentar Anda :

 
 
 
 
Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
     
Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
    © 2010-2021 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved