www.halloriau.com


BREAKING NEWS :
Kasmarni Deklarasikan Maju Pilkada Bengkalis 2024
Otonomi
Pekanbaru | Dumai | Inhu | Kuansing | Inhil | Kampar | Pelalawan | Rohul | Bengkalis | Siak | Rohil | Meranti
 


Berlangsung Secara Virtual, Dekranasda Siak Ikuti Munas Dekranas 2020
Rabu, 19 Agustus 2020 - 15:01:34 WIB

SIAK-Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Siak mengikuti Musyawarah Nasional (Munas) Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) Tahun 2020 secara virtual yang mengusung tema 'Segi Positif Pandemi Covid-19: Momentum Percepatan Digitalisasi Pasar Kerajinan Menuju Industri 4.0'.

Penjabat Sekda Kabupaten Siak Jamaludin didampingi Ketua Dekranasda Kabupaten Siak Rasidah Alfedri beserta anggota, mengikuti munas tersebut dari Ruang Bandar Lantai II Kantor Bupati Siak, Rabu (19/8/2020).

Penjabat Sekretaris Daerah (Pj Sekda) Kabupaten Siak Jamaluddin usai  mengikuti munas itu saat diwawancarai mengaku bahwa, dampak pandemi Covid-19 memang sangat berpengaruh pada pemasaran produk kerajinan baik di tingkat daerah maupun secara nasional.

Namun demikian, ia tetap optimis bisa kembali memulihkan kondisi ekonomi para pelaku usaha atau wirausahawan serta meningkatkan kembali pemasaran produk-produk kerajinan lokal, yakni secara digital. Artinya, semua wirausahawan atau pengrajin produk lokal terus diberikan edukasi untuk berinovasi.

“Kita berharap dan tetap optimis bisa kembali meningkatkan penjualan atau pemasaran produk daerah melalui internet," ujarnya.

Munas ini dibuka secara resmi oleh Ketua Umum Dekranas Hj. Wuri Ma’ruf Amin, dalam sambutannya Ia menyambut baik diselenggarakannya Munas Dekranas tahun 2020. Katanya, tema yang diangkat Munas sangat konstekstual dan relevan dengan kondisi yang terjadi saat ini. Pandemi Covid-19 memaksa semua orang untuk mengubah kebiasaan sebelumnya.

"Kondisi pandemi saat ini menjadi momentum yang sangat bagus untuk lebih optimal memanfaatkan teknologi digital, kita perlu terus mendorong para pengrajin untuk melakukan inovasi digital. Dengan pemanfaatan tekhnologi digital diharapkan dapat membuka peluang yang lebih luas dalam pemasaran produk kerajinan kita," sebutnya.

Selanjutnya, Ketua Umum Dekranas juga mengajak seluruh anggota Dekranas dan Dekranasda untuk mendukung program pemerintah, yaitu gerakan nasional malalui Kampanye Bangga Buatan Indonesia.

"Kampanye ini perlu terus digalakkan untuk menciptakan kesadaran, kecintaan, dan kebanggaan hingga akhirnya menggunakan produk-produk buatan Indonesia," ucapnya.

Sementara Ketua Dekranasda Kabupaten Siak Rasidah Alfedri menyampaikan, kesimpulan yang di dapat dalam Munas Dekranas Tahun 2020 ini adalah Dekranasda akan melakukan percepatan digitalisasi pemasaran produk-produk pengrajin.

"Kami telah melakukan kerjasama dengan Kadin Siak serta salah satu toko online untuk pemasaran, sehingga nanti kita berharap walaupun pada masa pandemi Covid-19 ini, omset pengrajin tidak mengalami masalah yang begitu berarti," ujarnya.

Ia bilang, selama masa pandemi ini organisasi yang dipimpinnya itu gencar melakukan bakti sosial. Seperti menggandeng pelaku usaha untuk membuat masker dan dibagi-bagikan kepada masyarakat. Kemudian program Dekranasda Berbagi sembako untuk janda miskin dan Lansia.

"Beberapa waktu yang lalu lewat program Dekranasda Berbagi secara swadaya serta bantuan dari dermawan kami door to door keliling kampung membagikan sembako dan masker untuk janda miskin dan Lansia," jelas Rasidah.

Selain itu Dekranasda Siak juga aktif turun ke lapangan menyambangi para pengrajin dan membantu memasarkan produk produk usaha dari  pengrajin tersebut. (Infotorial)


   


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)


BERITA LAINNYA    
Bupati Bengkalis, Kasmarni.(foto: zulkarnaen/halloriau.com)Kasmarni Deklarasikan Maju Pilkada Bengkalis 2024
Simpang SKA Pekanbaru.(foto: int)DPRD Pekanbaru Ingin Rencana Pelebaran Jalan Simpang SKA Terealisasi Tahun ini
Suasana Bandara SSK II Pekanbaru.(foto: mcr)Meningkat Pesat, Penumpang Bandara SSK II Pekanbaru Selama Idulfitri Capai 157.480 Orang
Indra Gunawan Eet (kiri) dan Syahrial (kanan) (foto:ist) Golkar Siapkan Eet dan Syahrial Maju di Pilkada Bengkalis 2024
Pj Walikota Pekanbaru, Muflihun.(foto: int)Pj Wako: Kelemahan Pemko Pekanbaru Banyak ASN Bersikap Apatis
  Bupati Bengkalis, Kasmarni serahkan hadiah lomba lampu colok dan pawai takbir 2024.(foto: zulkarnaen/halloriau.com)Bupati Bengkalis Serahkan Hadiah Lomba Lampu Colok dan Pawai Takbir 2024
Sebanyak 20 putra Riau mengikuti Pelatihan dan Sertifikasi Welder di BLK Kemenaker RI, Serang, Banten.(foto: istimewa)Pelatihan Vokasi Welder PHR, Jadikan Pemuda Riau Siap Kerja
Pembersihan Jalan Lintas Perkantoran Batu Enam pasca banjir sungai rokan.(foto: afrizal/halloriau.com)DLH Rohil Bersihkan Lumpur Pasca Banjir Sungai Rokan
Anggota DPRD Pekanbaru, Zulkarnain.(foto: int)Selalu Bermasalah, DPRD Minta Disdik Perbaiki Sistem PPDB
Maliki siap bersaing bakal calon Bupati Rokan Hilir di Pilkada serentak 2024 (foto/ist)Maliki Siap Bertarung Jadi Calon Bupati Rohil di Pilkada 2024
Komentar Anda :

 
Potret Lensa
Sepanjang Jalan Rajawali Rusak Parah
 
 
 
Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
     
Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
    © 2010-2024 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved