Siak
Pemkab Siak | DPRD Siak
 
+ INDEX BERITA

14:36 - Resmikan Pustu Kampung Lal...
17:52 - Pemkab Siak Salurkan Bantu...
16:53 - Hadiri Peletakan Batu Pert...
14:58 - Disdik Siak Sukses Taja We...
20:31 - Pemkab Siak Salurkan Bantu...
17:28 - Bupati Siak Alfedri Pimpin...
15:18 - PT KTU Serahkan Satu Unit ...
20:31 - Pustu Sialang Sakti Dayun ...
18:43 - Cegah Covid-19, Bupati Alf...
16:15 - Tingkatkan Penerimaan Paja...
11:46 - Enam Ranperda Disetujui Pa...
15:39 - Lantik Forum Kadus se-Bung...
15:31 - Tinjau Pembangunan Kolam B...
18:45 - Pemkab Siak Ekspose Rencan...
20:43 - Bupati Alfedri: Bersama Fo...
20:25 - Optimalkan Layanan Kesehat...
14:07 - Dilantik Sebagai Sekda, Bu...
17:13 - Komit Tingkatkan Layanan K...
16:51 - Walau Belum Diresmikan, RT...
20:16 - Di Tengah Pandemi Covid-19...
 
Pondok Pesantren Kembali Dibuka, Ini Pesan Bupati Alfedri
Selasa, 04 Agustus 2020 - 16:45:16 WIB

SIAK - Pondok pesantren telah ada sejak tahun 1742 jauh sebelum kemerdekaan Republik Indonesia (17/8/1945). Kala itu peranannya bukan hanya sebagai lembaga pendidikan keagamaan, namun juga sebagai basis perlawanan terhadap segala bentuk penjajahan. Dan perjuangan inilah diharapkan terus terpatri, agar santri mampu menjadi garda terdepan dalam pendisiplinan pola interaksi baru (menjaga jarak, memakai masker) dan menjaga kebersihan diri serta lingkungan di masa kelaziman baru.

Dalam konteks kepesantrenan yang erat dengan kehidupan religius, acap muncul kesan takdir Tuhan Yang Kuasa di atas segalanya,menjadikan diskursus medis belum begitu hegemonik di kalangan santri. Hal ini menjadikan edukasi tatanan kelaziman baru menjadi semakin berat. Dalam tataran ini, peran Pemerintah Daerah sangat dibutuhkan.

Sejalan dengan hal tersebut, hari ini, Sabtu (1/8/2020) malam, di Pendopo Utama Pondok Pesantren Madratul Quran Kecamatan Sabak Auh, Bupati Siak Drs H Alfedri, MSi membuka secara langsung kegiatan pembelajaran sekaligus memberikan edukasi penerapan disiplin protokol kesehatan bagi santri dan segenap pengasuh Pondok Pesantren Madratul Quran, sebagai upaya memutus mata rantai penyebaran Covid-19,  memasuki tatanan kelaziman baru.

Mengawali arahannya, Bupati menyampaikan keputusan membuka kembali kegiatan pembelajaran bagi pondok pesantren merupakan keputusan bersama antara Pemerintah Daerah, Kementerian Agama,dan para ulama, beralaskan masukan dari wali santri.

"Hari ini kita bersama meresmikan pembukaan kegiatan pembelajaran Pondok Pesantren Madratul Qur'an setelah beberapa waktu di hentikan disebabkan pandemi covid-19. Pembukaan kegiatan pembelajaran ini merupakan keputusan bersama antara Pemerintan Daerah Kabupaten Siak dan Kementrian Agama Kabupaten Siak,serta Majelis Ulama Indonesia Kabupaten Siak, bedasarkan masukan dari wali santri di berbagai Kecamatan,di tambah dukungan dari tokoh masyarakat dan Ulama kita," jelasnya.

Alfedri lalu menyampaikan harapan agar pelaksanaan disiplin ibadah dan disiplin protokol kesehatan dilaksanakan serentak oleh segenap santri,sebab ia tidak ingin adanya generasi hilang karena covid-19.

"Kita semua pasti tidak  ingin ada lost generation, atau generasi hilang karena Covid-19, jangan sampai itu terjadi dalam klaster pondok pesantren. Untuk itu,mari berupaya bersama-sama mendisiplinkan diri dalam ibadah dan mentaati protokol kesehatan dilaksanakan serentak dan beriringan, agar santri tetap bisa belajar dan aman Covid-19,” tegasnya.

Bupati Alfedri menekankan,betapa pentingnya menjaga generasi Islami untuk tetap terus dapat belajar mendalami agama, sebagai bekal hidup, terutama dalam menghadapi wabah.

"Menjaga generasi penerus terutama santri, bagi kita sangat penting, sebab santri kelak akan menjadi generasi Islami yang kokoh dalam menghadapi tantangan kehidupan. Saya juga berharap santri Madratul Qur'an ini menjadi generasi Islami yang unggul, dan menjadi contoh  dalam menerapkan protokol kesehatan dalam bentuk menjaga jarak, memakai masker, mencuci tangan memakai sabun, serta menjaga kebersihan diri dan lingkungan. Hanya dengan cara tersebut, kita akan mampu memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Inilah peran santri dalam tatanan kelaziman baru sekarang ini," tutupnya.

Sebelumnya, KH Ahmad Syaifuddin, pengasuh Ponpes Madratul Quran menyampaikan pihaknya berkomitmen untuk melaksanakan aturan protokol kesehatan secara ketat dalam setiaap kegiatan pembelajaran.

"Saya mengucapkan terimakasih kepada Bapak Bupati yang telah mengijinkan dan mendukung pelaksanaan pembelajaran di Ponpes Madratul Quran ini dilanjutkan. Kami berkomitmen untuk menerapkan protokol kesehatan ketat di setiap aktivitas kegiatan santri, sebab kami juga tidak ingin menjadi klaster baru penyebaran Covid-19," tegasnya.

Di kesempatan terpisah, Ichsan, seorang santri dalam kesempatan wawancara menyampaikan perubahan positif sebelum dan sesudah penerapan protokol kesehatan di Madratul Quran.

"Dulu kami rame-rame pas olahraga kadang berdebu,sering pilek batuk. Sekarang pak Kiai menyuruh kami pakai masker setiap saat, pas olahraga atau nyapu banyak debu, tak batuk lagi," katanya.

Protokol kesehatan sangat penting penerapannya di dunia pendidikan guna mencetak generasi sehat dan disiplin.

Kegiatan ini juga di hadiri oleh Kepala Kantor Kementrian Agama Kabupaten Siak Muharom, Camat Sabak Auh Tengku Mukhtasar, Camat Sungai Apit  Wahyudi, Wakil Ketua MUI Kabupaten Siak Husni Merza, Anggota DPRD Fraksi PKB. Mukhtarom, dan para Alim Ulama, Kiai, serta tokoh masyarakat, dan masyarakat Kecamatan Sabak Auh. (Info/Siak)

Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)

 
Berita Lainnya :
  • Benar-benar Gawat! Total Positif Corona di Riau dalam Sepekan Tembus 1.507, Meninggal 30 Orang
  • Mantan Gubernur Riau Annas Maamun Ternyata sudah Bebas
  • Jadi Kado di HUT ke-65 Lantas, Personel Polantas Polres Rohul Ringkus Pemuda Bawa Sabu
  • Tim Relawan Pemenang Sudin Jilid II 'Pemuda Berpeci Merah' Rohil Terbentuk
  • Bertambah 19 Orang, Pasien Positif Covid-19 di Bengkalis Makin Meningkat
  •  
    Komentar Anda :

     
    Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
    Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
    DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
         
    Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
        © 2010-2020 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved