Siak
Pemkab Siak | DPRD Siak
 
+ INDEX BERITA

12:41 - Pasca PSBB, Pemkab Siak Be...
20:12 - Ikuti Rapat Paripurna Ranp...
19:22 - Progress PSBB Siak Sesuai ...
18:04 - Seleksi Jabatan Sekda Siak...
17:09 - Dua Pekan Berlakukan PSBB,...
10:29 - Siak Menuju Bebas Covid-19...
10:22 - 634 ODP Covid-19 di Siak M...
15:07 - Pasien Covid -19 Bertambah...
19:02 - Wajar Masyarakat Siak Bert...
05:26 - RAPP Beri Bantuan Bagi Mas...
19:47 - Bupati Alfedri Himbau Warg...
10:24 - Terapkan Konsep Belajar L...
10:07 - Peduli Sesama, PT SSL dan ...
19:00 - Vicon dengan Kasatgaswil V...
20:53 - Laporkan Stabilitas Harga ...
19:31 - Hari Kedua PSBB, Bupati Si...
20:29 - Peduli Warga Kurang Mampu,...
19:54 - Pemkab Siak Salurkan Bantu...
11:36 - Mulai Terapkan PSBB, Berik...
22:04 - Validasi Data JPS, Sekda S...
 
Terapkan Physical Distancing, Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Siak Manfaatkan Teknologi Komunikasi
Jumat, 27 Maret 2020 - 20:54:14 WIB

SIAK - Untuk menindaklanjuti perkembangan dan pencegahan penyebaran Wabah Virus Corona di Kabupaten Siak, Pemerintah Kabupaten Siak telah menetapkan Status Siaga Darurat Bencana Non Alam Akibat Virus Corona di Kabupaten Siak Tahun 2020 terhitung Tanggal 17 Maret hingga 15 April 2020 mendatang.

Selanjutnya, Pemerintah Kabupaten Siak juga membentuk Gugus Tugas Percepatan Penanganan Corona Virus Disease (Covid-19) sebagai bentuk kewaspadaan dan upaya pencegahan penularan virus yang pertama kali ditemukan di Kota Wuhan Republik Rakyat Tiongkok tersebut.

Kebijakan tersebut dikeluarkan berdasarkan Surat Keputusan Bupati Siak Nomor 336 /НК/КРTS/2020 tentang Penetapan Status Siaga Darurat Bencana Non Alam Akibat Virus Corona di Kabupaten Siak, dimana Gugus Tugas yang dibentuk tersebut menyandang tugas terpadu untuk menetapkan melaksanakan rencana operasional, mengkoordinasikan dan mengendalikan pelaksanaan kegiatan penanganan COVID-19.

Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Corona Virus Disease (Covid-19) yang dibentuk melibatkan sejumlah unsur baik dari Pemkab Siak dan Forkompimda, diantaranya Bupati Siak dan jajaran,  DPRD Kabupaten Siak, Kejaksaan Negeri Siak, Pengadilan Negeri Siak, Polres Siak, Kodim 0303 Bengkalis.

Selain itu juga melibatkan unsur dari BPBD Kabupaten Siak, Dinas Kesehatan, RSUD Tengku Rafi’an, RSUD Tualang, RSUD Minas, Puskesmas se-Kabupaten Siak, Palang Merah Indonesia, Pemadam Kebakaran, Dinas Perhubungan, Dinas Pendidikan, Dinas Kominfo, Dinas Pariwisata, Kantor Kesbang, Kantor Syahbandar, Kantor Kemenag, Perguruan Tinggi se-Kabupaten Siak, LAMR Kabupaten Siak, Organda, para Camat, Organisasi Keagamaan MUI, PHRI, PGI, Walubi, Majelis Agama Konghucu dan lain sebagainya.  

Secara umum tim gugus tugas diamanatkan untuk melakukan pengawasan dan melaporkan pelaksanaan percepatan penanganan COVID-19 kepada Ketua Pelaksana Gugus Tugas percepatan Penanganan COVID-19 Nasional, melalui Gugus Tugas Penanganan Corona Virus Disease (COVID-19) Provinsi Riau. Dalam melaksanakan tugas, Gugus Tugas melaksanakan sejumlah ketentuan seperti Protokol di bidang Kesehatan, Bidang Area dan Transportasi Publik, Area Instituti Pendidikan, Bidang Komunikasi Publik.

Tim Gugus Tugas tersebut pada hari Kamis (26/03/20) melaksanakan rapat terbatas di Kediaman Bupati Siak, kompleks Abdi Praja Siak Sri Indrapura dari pagi hingga siang, untuk membahas Protokol Penanganan Orang Dalam Pengawasan (ODP) dan Pasien Dalam Pengawasan (PDP) di Kabupaten Siak.

Rapat dilanjutkan siang harinya bersama MUI, untuk membahas rencana pengunduran Jadwal pelaksanaan MTQ Kabupaten Siak yang sedianya akan dilaksanakan pada Tanggal 4 April menjadi Tanggal 17 April 2020, serta sejumlah hal lain misalnya terkait himbauan Pemprov Riau untuk menunda pelaksanaan ibadah Salat Jumat Berjamaah di masjid dan melaksanakan ibadah Salat Dzuhur di rumah masing-masing.

“Untuk efektivitas penanganan Covid 19 di Kabupaten Siak, Pemkab Siak mempersiapkan tiga titik utama untuk melaksanakan aktifitas dan kegiatan, diantaranya Posko Gugus Tugas di Mess Pemda, Command Center di Kantor Bupati, serta Pos Pantau di Pelabuhan Tanjung Buton, selain pelaksanaan rapat terbatas sesuai keperluan di beberapa ruang rapat, seperti halnya hari ini yang dilaksanakan di Kediaman Bupati pada hari ini,” sebut Budhi Yuwono, Kepala Sekretariat Gugus Tugas Penanggulangan Covid 19 Kabupaten Siak.

Di tingkat kabupaten, kata dia, gugus tugas selain fungsi koordinasi dan pemantauan oleh posko, juga memiliki tugas penanggulangan oleh tim medis dan pencegahan misalnya dengan penyemprotan desinfektan pada beberapa area publik seperti rumah ibadah, pasar, dan ruang terbuka hijau oleh tim Damkar BPBD, Kepolisian, PMI, serta fungsi sosialisasi masyarakat oleh Satuan Polisi Pamong Praja kepada warga agar tetap dirumah dan tidak melakukan aktivitas berkelompok atau menggelar acara.

“Selain di tingkat kabupaten yang berfungsi sebagai fungsi koordinasi penanganan covid, gugus tugas di kecamatan juga melaksanakan tugas perpanjangan tangan dari gugus tugas tingkat kabupaten dengan bekerja ditengah masyarakat seperti sosialisasi rumah kerumah, penyemprotan desinfektan, serta pemantauan dan penanggulangan ODP dan PDP maupun patroli oleh Pemerintah Kecamatan, Upika, Puskesmas, dan Satpol PP,” jelasnya.

Untuk penyebarluasan informasi perkembangan terkini lanjutnya, saat ini tengah diusahakan oleh Diskominfo Kabupaten Siak untuk merancang saluran komunikasi khusus disamping saluran telpon darurat 112, agar tidak berdampak pada pengumpulan kerumunan massa, misalnya dengan pembuatan website informasi khusus perkembangan peanggulangan Covid 19 di Kabupaten Siak.

Budhi memastikan Gugus Tugas Penanganan Covid 19 di Kabupaten Siak tetap berjalan sesuai tugas sebagaimana mestinya, namun untuk interaksi langsung dalam pelaksanaan tugas, tim lebih banyak memanfaatkan kemajuan teknologi komunikasi dengan menggunakan saluran komunikasi whatsapp sebagai wujud konsistensi penerapan Physical Distancing sesuai ketentuan.

Penulis : Diana Sari
Editor : Yusni Fatimah



Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)

 
Berita Lainnya :
  • Pekanbaru Tak Ada Lagi Pasien Covid-19, Gubri Apresiasi Tim Medis
  • Liga-liga Eropa Kembali Dimulai, Berikut Jadwal Lengkapnya
  • Din Syamsudin: Komunis Masih Diberi Ruang Gerak di Indonesia, Pemerintah Tak Lakukan Apa-apa
  • Jalankan Protokol Covid-19, Kampanye Akbar Pilkada 2020 Ditiadakan
  • UNDP, WHO dan IOM Sediakan Ventilator untuk Dukung Respon COVID-19 Indonesia
  •  
    Komentar Anda :

     
    Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
    Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
    DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
         
    Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
        © 2010-2020 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved