Siak
Pemkab Siak | DPRD Siak
 
+ INDEX BERITA

19:26 - Waspada Corona, Kampung Ad...
15:02 - Antisipasi Lonjakan Eskala...
17:37 - Dana Penanggulangan Covid-...
16:00 - Dekranasda Salurkan Bantua...
16:14 - Sambut Bulan Ramadan, Ini ...
15:36 - Bupati Siak Apresiasi Pera...
06:03 - 122 dari 392 ODP Tergolong...
16:54 - Dekranasda Siak Gandeng Pe...
12:12 - Pemkab Siak Beri Bantuan S...
20:54 - Terapkan Physical Distanci...
18:31 - Disayangkan, Posko Gugus T...
17:22 - Mantab! Polsek Koto Gasib ...
07:26 - Tiga WNA Masuk Daftar ODP ...
10:09 - Kantor Bupati Siak Disempr...
20:52 - Via Video Conference, Bupa...
19:49 - Ruang Isolasi RSUD Arifin ...
22:10 - Diskes Siak Semprotkan Dis...
17:26 - Hadiri Peletakan Batu Pert...
22:29 - Koordinasi Pencegahan Covi...
18:07 - PWI Siak Taja Diskusi Pane...
 
Kawal Dana Kampung, Bupati Siak dan Kajari Teken MoU Jaga Desa
Rabu, 19/02/2020 - 17:01:04 WIB
Ilustrasi
Ilustrasi
TERKAIT:

SIAK - Pemerintah Kabupaten Siak dan Kejaksaan Negeri Siak menandatangani nota kesepahaman terkait kerjasama dan sinergi dalam mewujudkan tatakelola keuangan desa yang baik dan transparan.

Penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) untuk mengimplementasikan  dan menyosialisasikan program yang bernama "Jaga Desa" tersebut, dilakukan Bupati Siak Alfedri dan Kajari Siak Aliansyah, yang turut disaksikan oleh Kajati Riau Mia Atmiati.

Selain Kajati Riau, turut hadir dalam acara tersebut Penjabat Sekda Siak Jamaluddin, Kapolres Siak Doddy F Sanjaya, Ketua LAMR Siak Wan Said, serta sejumlah pimpinan OPD, para Camat Lurah dan Penghulu Kampung se-Kabupaten Siak.

Selain soal kerjasama program Jaga Desa, dalam kesempatan itu juga dicanangkan gerakan "Jaksa Bertanjak", bersempena kunjungan kerja Kepala Kejaksaan Tinggi Riau ke Kabupaten Siak. Acara berlangsung di halaman Kantor Kejaksaan Negeri Siak, Komplek Perkantoran Tanjung Agung, Kelurahan Mempura Kabupaten Siak.

Bupati Siak Alfedri usai mengikuti rangkaian acara menyebut lewat kegiatan tersebut, kedepan dapat memberian ruang bagi pemerintah daerah, pemerintah kecamatan dan pemerintah kampung untuk bersama-sama mendukung dan melaksanakan tata kelola keuangan desa yang baik. Hal itu kata dia, dimulai dari pengelolaan administrasi dan pengelolaan barang dan jasa di tingkat pemerintah kampung agar menjadi lebih baik ke depan.

"Kita harapkan dengan pasca penandatanganan MoU dan sosialisasi program Jaga Desa ini, kedepan dapat membantu mengawal dan mencegah terjadinya penyalahgunaan Dana Desa," kata Alfedri.

Untuk itu Alfedri meminta para penghulu yang hadir pada kegiatan sosialisasi, untuk mengikuti kegiatan dengan baik sehingga kedepan menjadi pedoman para penghulu dalam mengelola dana desa. Selain itu, orang nomor satu Negeri Istana itu juga mengapresiasi inovasi Jaksa Bertanjak yang diinisiasi Kajari Siak Aliansyah.

"Kami juga mengapresiasi program Jaksa Bertanjak yang diluncurkan Pak Kajari, "bertanya kepada jaksa dan jaksa menjawab". Jangan ragu-ragu untuk berkonsultasi dan ikutilah petunjuk yang diberikan. Sehingga diharapkan pelaksanan tugas-tugas terutama dalam pengadaan barang dan jasa di kampung berjalan lancar," tandasnya.

Sementara itu Kepala Kejaksaan Tinggi Riau Mia Atmiati berharap melalui penandatanganan MoU tersebut dapat meningkatkan kerjasama untuk saling menjaga dan mendukung tugas dan fungsi masing-masing pihak, sehingga terlaksana hasil tata kelola keuangan kampung yang lebih baik.

"Tugas kami dalam hal penegakan hukum sesuai dengan Undang-Undang. Pada saat berhadapan dengan tindak pidana umum, tugas kejaksaan Siak menunggu limpahan berkas dari Polres. Setelah berkas kami terima, tugas kami menyelidiki berkas tersebut. Harus kami teliti apakah memenuhi syarat formil dan materil untuk dibawa ke persidangan. Tentunya bagaimanapun kami menjunjung tinggi azas praduga tak bersalah," terangnya.

Dari program dana desa yang bersumber dari APBN berjalan sejak tahun 2017 lalu, masing-masing perdesa menerima anggaran rata-rata sekitar Rp960 juta. Untuk Kabupaten Siak pada Tahun 2020 ini, Dana Desa secara keseluruhan berjumlah Rp115,7 miliar, yang di salurkan kepada 130 desa yang ada di Kabupaten Siak.

Penulis : Diana Sari
Editor : Fauzia



Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)

 
Berita Lainnya :
  • Hari Ini Riau Masih Diguyur Hukan, Waspada Petir dan Angin Kencang
  • Kemenag Rohul Tunda Pernikahan Masyarakat yang Daftar Setelah 1 April 2020 karena Wabah Corona
  • Cegah Corona, Seorang ASN di Pemkab Kepulauan Meranti Bikin Disinfection Chamber
  • Bulog Riau Siapkan 1.200 Ton Beras Tanggap Bencana Covid-19
  • Tragis, Ibu dan Anak Tewas Tertimbun Longsor
  •  
    Komentar Anda :

     
    Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
    Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
    DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
         
    Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
        © 2010-2020 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved