Siak
Pemkab Siak | DPRD Siak
 
+ INDEX BERITA

19:26 - Waspada Corona, Kampung Ad...
15:02 - Antisipasi Lonjakan Eskala...
17:37 - Dana Penanggulangan Covid-...
16:00 - Dekranasda Salurkan Bantua...
16:14 - Sambut Bulan Ramadan, Ini ...
15:36 - Bupati Siak Apresiasi Pera...
06:03 - 122 dari 392 ODP Tergolong...
16:54 - Dekranasda Siak Gandeng Pe...
12:12 - Pemkab Siak Beri Bantuan S...
20:54 - Terapkan Physical Distanci...
18:31 - Disayangkan, Posko Gugus T...
17:22 - Mantab! Polsek Koto Gasib ...
07:26 - Tiga WNA Masuk Daftar ODP ...
10:09 - Kantor Bupati Siak Disempr...
20:52 - Via Video Conference, Bupa...
19:49 - Ruang Isolasi RSUD Arifin ...
22:10 - Diskes Siak Semprotkan Dis...
17:26 - Hadiri Peletakan Batu Pert...
22:29 - Koordinasi Pencegahan Covi...
18:07 - PWI Siak Taja Diskusi Pane...
 
Seleksi 5 Cabang Lomba, Kelurahan Mempura Siap kirim Duta ke MTQ Kecamatan Mempura
Minggu, 09/02/2020 - 19:56:07 WIB
Pembukaan STQ Kelurahan Mempura.
Pembukaan STQ Kelurahan Mempura.
TERKAIT:

SIAK - Kegiatan Seleksi Tilawatil Quran (STQ) VI Kelurahan Mempura Kecamatan Mempura resmi dibuka oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Kabupaten Siak, Hendrisan, Jumat (7/2/2020) malam. 

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Kabupaten Siak Hendrisan saat membuka STQ tingkat Kelurahan Mempura mengatakan, melalui STQ ini akan ada duta dari yang mewakili kelurahan Mempura untuk berlaga di MTQ baik di tingkat kecamatan, kabupaten, bahkan di tingkat provinsi.

"Saya berharap melalui STQ ini nantinya akan lahir, anak-anak berbakat untuk mewakili Mempura pada MTQ tingkat Kecamatan dan Kabupaten Siak," kata Hendrisan di Masjid Darussalam Kampung Suak Rengas.

Lanjutnya, awal berdirinya Kabuaten Siak pemimpin kabupaten ini, mulai dari almarhum Tengku Rafi'an awal sampai Alfedri saat ini sangat peduli dengan pendidikan agama Islam, dan selalu memuliakan Alquran.

"Para pemimpin Siak sejak Siak terbentuk dimulai dari almarhum pak Tengku Rafi'an sampai Pak Alfedri saat ini, selalu memuliakan Alquran, mereka mendorong lembaga-lembaga pendidikan agama tumbuh di kabupaten Siak," ungkpnya. 

Dirinya menjelaskan, jika dulu banyak orang tua yang bangga jika anaknya mendapat juara di sekolah umum. namun saat ini sudah berubah bangga bisa belajar di sekolah agama dan hafal Alquran. 

"Saya secara pribadi dulu kurang memperhatikan anak pada sekolah-sekolah keagamaan, lebih mengutamakan anak pertama saya sekolah umum seperti SMA, dan unversitas kita bangga anak kita menjadi sarjana. Tetapi sekarang beda kita akan bangga kalau anak di usia 3-4 tahun sudah hafal Alquran jus 30," terangnya. 

Pemkab Siak saat ini tengah menyiapkan generasi Islam yang tanguh di bidang ekonomi Syariah. Melalui program beasiswa fakir miskin dan anak yatim pemkab Siak beberapa waktu lalu, melepas 30 orang putra putri Siak untuk Menempuh pendidikan strata 1 di Institut Taskia Bogor.

Direncanakan ada 100 orang yang menerima beasiswa yang dilakukan secara bertahap. Mereka yang dikirim memiliki persyaratan minimal hafal 5 jus dan lulus seleksi akan mengikuti kuliah selama 4 tahun di fakultas yang berbeda diharapkan setelah lulus dari taskia mereka mampu hafal 30 jus.

"Baru-baru ini saya mewakil pak Bupati ditugaskan menyerahkan 30 anak-anak Siak yang akan mengikuti pendidikan S 1 Akutansi Syariah, Akuntan Syariah dan Ekonomi Syariah di Institut TASKIA Bogor mereka seluruhnya dibiayai oleh Pemda," tandasnya.

Di akhir sambutanya, Hendrisan mengajak pada masyarakat untuk memasukan anaknya ke lembaga pendidikan agama. Agar nantinya mereka memiliki kesampatan yang sama mengikuti seleksi program beasiswa pemerintah.

Hal senada juga disampaikan Lurah Mempura, kecamatan Mempura Ardianto  mengatakan, STQ VI ini digelar untuk nenjaring anak-anak berbakat yang disiapkan untuk MTQ tingkat Kecamatan Mempura mendatang.

"Seleksi Tilawatil Quran (STQ) VI Kelurahan Mempura ini, di kita lakukan untuk menyelekai putra dan putri yang terbaik nantinya kita ambil dan dilatih. Kkita siapkan untuk bertanding pada MTQ kecamatan akan datang," ungkapnya.

STQ yang berlangsung selama tiga hari itu memperlombakan lima cabang antara lain, 1 Cabang pidato tingkat remaja jumlah pesertanya laki-laki 4 orang, putri 7 orang. Dua Cabang tilawah dewas putra 4 orang, putri 4 orang. Tiga Cabang tilawah remaja peserta putra jumlah 5 orang, putri 8 orang. Emapat, Cabang tilawah anak-anak putra jumlah peserta 6 orang, putri 7 orang. Lima, Cabang Tartil anak jumlah peserta putra 7 orang dan untuk Putri 8 orang.

Hadir pada acara itu, Sekcam Mempura,  Lurah Mempura, Ketua panitia acara,  tokoh masyarakat, Tokoh Agama serta ratusan masyarakat Kelurahan Mempura.

Penulis : Diana Sari
Editor : Fauzia


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)

 
Berita Lainnya :
  • Sepi Peminat, 67 Ribu Kartu Pra Kerja Riau Masih Tersisa, Pendaftaran Dibuka hingga 10 April
  • Gara-gara Corona, 1.500 Hotel di Indonesia Tutup
  • Dinilai Tak Akurat, Pemerintah Bakal Beralih dari Rapid Test Corona ke PCR
  • Banyak Mengandung Vitamin C, Berapa Gelas Sebaiknya Minum Jus Jeruk Tiap Hari?
  • Kadisdikpora Rohul Umumkan Pembatalan UN dan Kelulusan Pelajar Rohul
  •  
    Komentar Anda :

     
    Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
    Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
    DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
         
    Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
        © 2010-2020 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved