Siak
Pemkab Siak | DPRD Siak
 
+ INDEX BERITA

17:52 - Pemkab Siak Salurkan Bantu...
16:53 - Hadiri Peletakan Batu Pert...
14:58 - Disdik Siak Sukses Taja We...
20:31 - Pemkab Siak Salurkan Bantu...
17:28 - Bupati Siak Alfedri Pimpin...
15:18 - PT KTU Serahkan Satu Unit ...
20:31 - Pustu Sialang Sakti Dayun ...
18:43 - Cegah Covid-19, Bupati Alf...
16:15 - Tingkatkan Penerimaan Paja...
11:46 - Enam Ranperda Disetujui Pa...
15:39 - Lantik Forum Kadus se-Bung...
15:31 - Tinjau Pembangunan Kolam B...
18:45 - Pemkab Siak Ekspose Rencan...
20:43 - Bupati Alfedri: Bersama Fo...
20:25 - Optimalkan Layanan Kesehat...
14:07 - Dilantik Sebagai Sekda, Bu...
17:13 - Komit Tingkatkan Layanan K...
16:51 - Walau Belum Diresmikan, RT...
20:16 - Di Tengah Pandemi Covid-19...
20:15 - Siak Sudah Uji Swab pada 1...
 
Seleksi 5 Cabang Lomba, Kelurahan Mempura Siap kirim Duta ke MTQ Kecamatan Mempura
Minggu, 09 Februari 2020 - 19:56:07 WIB

SIAK - Kegiatan Seleksi Tilawatil Quran (STQ) VI Kelurahan Mempura Kecamatan Mempura resmi dibuka oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Kabupaten Siak, Hendrisan, Jumat (7/2/2020) malam. 

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Kabupaten Siak Hendrisan saat membuka STQ tingkat Kelurahan Mempura mengatakan, melalui STQ ini akan ada duta dari yang mewakili kelurahan Mempura untuk berlaga di MTQ baik di tingkat kecamatan, kabupaten, bahkan di tingkat provinsi.

"Saya berharap melalui STQ ini nantinya akan lahir, anak-anak berbakat untuk mewakili Mempura pada MTQ tingkat Kecamatan dan Kabupaten Siak," kata Hendrisan di Masjid Darussalam Kampung Suak Rengas.

Lanjutnya, awal berdirinya Kabuaten Siak pemimpin kabupaten ini, mulai dari almarhum Tengku Rafi'an awal sampai Alfedri saat ini sangat peduli dengan pendidikan agama Islam, dan selalu memuliakan Alquran.

"Para pemimpin Siak sejak Siak terbentuk dimulai dari almarhum pak Tengku Rafi'an sampai Pak Alfedri saat ini, selalu memuliakan Alquran, mereka mendorong lembaga-lembaga pendidikan agama tumbuh di kabupaten Siak," ungkpnya. 

Dirinya menjelaskan, jika dulu banyak orang tua yang bangga jika anaknya mendapat juara di sekolah umum. namun saat ini sudah berubah bangga bisa belajar di sekolah agama dan hafal Alquran. 

"Saya secara pribadi dulu kurang memperhatikan anak pada sekolah-sekolah keagamaan, lebih mengutamakan anak pertama saya sekolah umum seperti SMA, dan unversitas kita bangga anak kita menjadi sarjana. Tetapi sekarang beda kita akan bangga kalau anak di usia 3-4 tahun sudah hafal Alquran jus 30," terangnya. 

Pemkab Siak saat ini tengah menyiapkan generasi Islam yang tanguh di bidang ekonomi Syariah. Melalui program beasiswa fakir miskin dan anak yatim pemkab Siak beberapa waktu lalu, melepas 30 orang putra putri Siak untuk Menempuh pendidikan strata 1 di Institut Taskia Bogor.

Direncanakan ada 100 orang yang menerima beasiswa yang dilakukan secara bertahap. Mereka yang dikirim memiliki persyaratan minimal hafal 5 jus dan lulus seleksi akan mengikuti kuliah selama 4 tahun di fakultas yang berbeda diharapkan setelah lulus dari taskia mereka mampu hafal 30 jus.

"Baru-baru ini saya mewakil pak Bupati ditugaskan menyerahkan 30 anak-anak Siak yang akan mengikuti pendidikan S 1 Akutansi Syariah, Akuntan Syariah dan Ekonomi Syariah di Institut TASKIA Bogor mereka seluruhnya dibiayai oleh Pemda," tandasnya.

Di akhir sambutanya, Hendrisan mengajak pada masyarakat untuk memasukan anaknya ke lembaga pendidikan agama. Agar nantinya mereka memiliki kesampatan yang sama mengikuti seleksi program beasiswa pemerintah.

Hal senada juga disampaikan Lurah Mempura, kecamatan Mempura Ardianto  mengatakan, STQ VI ini digelar untuk nenjaring anak-anak berbakat yang disiapkan untuk MTQ tingkat Kecamatan Mempura mendatang.

"Seleksi Tilawatil Quran (STQ) VI Kelurahan Mempura ini, di kita lakukan untuk menyelekai putra dan putri yang terbaik nantinya kita ambil dan dilatih. Kkita siapkan untuk bertanding pada MTQ kecamatan akan datang," ungkapnya.

STQ yang berlangsung selama tiga hari itu memperlombakan lima cabang antara lain, 1 Cabang pidato tingkat remaja jumlah pesertanya laki-laki 4 orang, putri 7 orang. Dua Cabang tilawah dewas putra 4 orang, putri 4 orang. Tiga Cabang tilawah remaja peserta putra jumlah 5 orang, putri 8 orang. Emapat, Cabang tilawah anak-anak putra jumlah peserta 6 orang, putri 7 orang. Lima, Cabang Tartil anak jumlah peserta putra 7 orang dan untuk Putri 8 orang.

Hadir pada acara itu, Sekcam Mempura,  Lurah Mempura, Ketua panitia acara,  tokoh masyarakat, Tokoh Agama serta ratusan masyarakat Kelurahan Mempura.

Penulis : Diana Sari
Editor : Fauzia


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)

 
Berita Lainnya :
  • Pasca Jembatan Amblas, Jalan di Jalintim Pekanbaru-Pangkalan Kerinci Dialihkan
  • Penularan Covid-19 Lewat Klaster Keluarga Bermunculan, Perlukan Pakai Masker di Rumah?
  • Pasien Covid-19 di Riau Melonjak, Ruang Isolasi dan Obat yang Dibutuhkan di RS Mulai Langka
  • Hasil Liga Spanyol, Real Madrid Harus Puas Bermain Imbang 0-0 Lawan Real Sociedad
  • Heboh, Warga Kepulauan Meranti Temukan Bayi Terbungkus Kantong Plastik, Masih Hidup
  •  
    Komentar Anda :

     
    Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
    Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
    DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
         
    Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
        © 2010-2020 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved