Siak
Pemkab Siak | DPRD Siak
 
+ INDEX BERITA

17:35 - Alfedri: Generasi Muda, Ja...
12:45 - Rasidah Alfedri Turun Lang...
19:39 - 50 Rumah Bantuan BSPS Dise...
09:59 - Karhutla di Kawasan Konser...
23:21 - Lantik Ketua TP PKK Kecama...
16:24 - Masuk Nominasi Adipura Ken...
12:54 - Dukung Siak Hijau, Pemkab ...
20:02 - Bupati Siak Minta Para Pen...
15:43 - Bupati Alfedri Resmikan De...
16:09 - Awal Tahun, Alfedri Mutasi...
13:28 - Pemkab Siak Launching Gera...
17:05 - 2019, Dinas PU Siak Raup P...
12:22 - Isi Malam Pergantian Tahun...
17:34 - Fenomena Gerhana Matahari ...
17:19 - GMC di Siak terlihat Sempu...
11:45 - Warga Siak Salat Kusuf di ...
18:29 - Beredar Kabar Harga Tiket ...
07:42 - LAPAN Ungkap Daerah Terbai...
06:19 - Gerhana Matahari Cincin, B...
13:52 - Lahannya Diklaim PT DSI, M...
 
Dorong Peningkatan Kapasitas UMKM, Pemkab Siak Dukung Program DBS DJP Wilayah Riau
Rabu, 11/12/2019 - 20:11:09 WIB
Business Development Service (BDS) Kantor Pelayanan Pajak Pratama Pangkalan Kerinci di kabupaten Siak Tahun 2019, di Gedung Tengku Mahratu Kota Siak, Rabu (11/12/2019).
Business Development Service (BDS) Kantor Pelayanan Pajak Pratama Pangkalan Kerinci di kabupaten Siak Tahun 2019, di Gedung Tengku Mahratu Kota Siak, Rabu (11/12/2019).
TERKAIT:

SIAK - Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) memiliki peran penting dalam perekonomian masyarakat Indonesia. Hal tersebut dibuktikan dengan kebijakan Pemerintah yang memberikan perhatian khusus terhadap keberadaan para pelaku UMKM, melalui kebijakan mengelompokkan UMKM bersama dengan Koperasi di bawah satu Kementerian Koperasi dan UKM.

Perhatian khusus tersebut tidak lain sebagai wujud dukungan pemerintah dalam menyangga ekonomi rakyat kecil. Apalagi, UMKM mampu memberikan dampak secara langsung terhadap kehidupan masyarakat di sektor bawah, karena setidaknya mampu berkontribusi langsung dalam 3 peran penting dalam kehidupan masyarakat kecil.

Hal tersebut disampaikan oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Siak TS Hamzah saat membuka kegiatan Business Development Service (BDS) Kantor Pelayanan Pajak Pratama Pangkalan Kerinci di kabupaten Siak Tahun 2019, di Gedung Tengku Mahratu Kota Siak, Rabu (11/12/2019).

“Tiga peran diatas kita harapkan diantaranya dapat membantu masyarakat agar dapat keluar dari jurang kemiskinan, karena tingginya angka penyerapan tenaga kerja oleh UMKM, meratakan tingkat perekonomian rakyat kecil, karena wilayah sebarannya berada pada berbagai lokasi dan tempat, serta memberikan pemasukan bagi negara dalam bentuk devisa,” kata Hamzah.

Karena itu Pemerintah Kabupaten Siak kata Hamzah, melalui Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait menyambut baik program Business Development Service (BDS) yang diinisiasi Ditektorat Jenderal Pajak tersebut, karena dinilai memberikan manfaat positif bagi usaha memajukan UMKM.

“Program ini perlu kita dukung bersama, karena dilaksanakan untuk membantu memperbaiki pembinaan dan pengembangan usaha mikro kecil menengah (UMKM) di Kabupaten Siak. Kita berharap program DBS ini dapat membantu para pelaku usaha dalam meningkatkan skala usaha dari pelaku usaha dari skala mikro menjadi kecil, maupun yang kecil meningkat menjadi menengah, hingga membantu memperluas akses permodalan UMKM,” ungkap mantan Kepala Badan Kepegawaian Daerah itu. 

Sekda Hamzah juga berharap upaya pembinaan UMKM ini kedepan dapat dilaksanakan oleh lebih banyak pihak dan sektor, melalui sinergi dan kolaborasi dalam mendorong peningkatan atau pengembangan usaha UMKM di Negeri Istana.

“Kita juga berharap ke depan program ini tidak hanya menyentuh UMKM yang bergerak dibidang perkebunan kelapa sawit saja, namun juga menyentuh UMKM dengan bidang usaha lainnya, misalnya di Kabupaten Siak yang sedang giat-giatnya memajukan pariwisata, memerlukan peran UMKM dibidang ekonomi kreatif yang maju dan mampu bersaing. Karena tanpa ekonomi kreatif, multiflier effect dari pariwisata yang kita harapkan sulit untuk diwujudkan,” harapnya.

Sementara itu Kepala Kanwil Direktorat Jendral Pajak Wilayah Riau Edward Hamonangan Sianipar mengatakan, Program Business Development Services atau pengembangan bisnis bersama, kehadirannya untuk mendorong serta menyiapkan dalam bentuk bantuan bagi para petani Sawit yang akan di selenggarakan di Tahun 2020. Karena berdasarkan data yang diterimanya dari Bank Indonesia perwakilan Provinsi Riau, untuk perkebunan penambahan jumlah nasabah mencapai lebih 100 ribu orang.

"Penambahan jumlah nasabah ini disiapkan untuk menampung dana program replanting yang akan di siapkan BPDPKS, melalui proposal yang diajukan oleh kelompok tani. Sesuai aturannya, dana tersebut akan langsung di transfer ke rekening bapak dan ibu,"ungkapnya.

Ia juga berharap setelah pemerintah pusat mengucurkan dana tersebut pihaknya akan melakukan sinergi dengan pemerintah daerah, dengan mengembangkan pola untuk penyuluh pembinaan agar kwalitas perkebunan kelapa sawit akan semakin baik.

Hadir pada acara itu Kakanwil Direktorat Jenderal Pajak Riau Edward Hamonangan Sianipar, Kepala KPP Pratama Pangkalan Kerinci Rizal Fahmi, sejumlah anggota DPRD, anggota Forkompinda, pimpinan instansi vertikal, Kepala KP2KP Siak Sri Indrapura Jefrinaldi, pimpinan OPD di lingkungan Pemkab Siak. 

Selain itu sejumlah pihak turut menjadi narasumber dalam kegiatan, diantaranya Tim Kanwil Ditjen Perbendaharaan, Asosiasi Petani Kelapa Sawit Indonesia, perwakilan dari Bank BRI Riau, Direktur PT Permodalan Siak, Para Camat, Lurah dan Penghulu di Kabupaten Siak, para pengurus koperasi sawit, para petani atau pekebun kelapa sawit se-Kabupaten Siak.

Penulis: Diana Sari
Editor: Yusni Fatimah


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)

 
Berita Lainnya :
  • Beberapa Organisasi Wartawan Dukung Langkah Infokom Inhil
  • Dalam Sehari Polsek Bangko Berhasil Tangkap Empat Pelaku Narkoba
  • Pertamina Dumai Gelar Bersih-Bersih Kampung Bersama Warga Tanjung Palas
  • IDI hanya Bisa Sosialisasi, Peran Besar Pencegah Karhutla Ada pada Pemprov Riau
  • Lewati Jembatan Rusak, Bocah 2 Tahun di Inhil Jatuh dan Tenggelam di Sungai
  •  
    Komentar Anda :

     
    Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
    Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
    DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
         
    Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
        © 2010-2019 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved