Siak
Pemkab Siak | DPRD Siak
 
+ INDEX BERITA

21:15 - 95 Paket Bantuan Spesifik ...
18:49 - Meningkat Tajam, Terkonfir...
17:47 - Antisipasi Penyebaran Covi...
19:32 - Siak Tambah 12 Kasus Posit...
16:45 - Pondok Pesantren Kembali D...
19:40 - Kecamatan Sabak Auh Jadi K...
18:43 - Ada Tambahan 9 Kasus Posit...
09:40 - Terima Bantuan dari Kapolr...
16:19 - Tahun Ini Hewan Kurban di ...
10:53 - Kapolres Siak Maknai Idul ...
19:34 - Bupati Siak dan Kapolres C...
17:43 - Nihil Covid-19, Bungaraya ...
16:38 - Positif Covid-19 di Siak B...
21:57 - Jumlah Pasien Covid-19 di ...
13:52 - Ranperda Pelaksanaan APBD ...
20:22 - SMP Negeri 7 Tualang Siak ...
10:15 - Nenek 80 Tahun di Siak Ter...
15:11 - 10 Karyawan PT IKPP Positi...
23:07 - Penerima Bantuan Covid - 1...
16:19 - Pasien Positif Covid-19 di...
 
Pemkab Siak Taja Seminar Sehari ABH
Terungkap Walau Banyak Upaya, Masih Ada Kekerasan Terjadi pada Anak
Kamis, 28 November 2019 - 15:39:34 WIB
Seminar sehari Anak Berhadapan dengan Hukum (ABH) di Ruang Raja Indera Pahlawan Kantor Bupati Siak, Kamis (28/11/2019).
Seminar sehari Anak Berhadapan dengan Hukum (ABH) di Ruang Raja Indera Pahlawan Kantor Bupati Siak, Kamis (28/11/2019).
TERKAIT:

SIAK - Dalam rangka penyatuan visi antar pemangku kepentingan terhadap perlindungan anak, Pemerintah Kabupaten Siak melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPPAPPKB) Kabupaten Siak mengadakan seminar sehari Anak Berhadapan dengan Hukum (ABH) di Ruang Raja Indera Pahlawan Kantor Bupati Siak, Kamis (28/11/2019).

Seminar sehari ini dibuka secara resmi oleh Asisten Administrasi Umum Sekretariat Daerah Kabupaten Siak H Jamaludin, diikuti 150 orang peserta dan melibatkan narasumber dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Republik Indonesia Hadi Utomo, Narasumber dari Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Provinsi Riau Ariston Hotman Turnip, Forkopimda, Tenaga Pendidik, Peserta didik, Forum Anak Kabupaten Siak, serta Tim Penggerak PKK Kabupaten Siak.

Asisten Administrasi Umum Sekretariat Daerah Kabupaten Siak H Jamaludin dalam sambutannya menyampaikan, pentingnya konsep perlindungan bagi anak, namun demikian kesadaran yang tinggi saja terbukti tidak cukup untuk memberikan kesejahteraan dan perlindungan bagi anak, diperlukan langkah-langkah yang kongkrit, terkoordinasi, terencana, menyeluruh, dan berkelanjutan.

"Kita sendiri sering mendengar bahwa kekerasan dan pelecehan terhadap anak itu masih banyak terjadi di daerah kita ini, baik di Kabupaten Siak maupun skop nasional. Tentu saja ini menyedihkan hati kita, walaupun sudah banyak upaya-upaya yang kita lakukan secara terkoordinasi dan bersama, namun kekerasan terhadap ini masih juga kita temukan," sebut Jamal.

Meskipun perlindungan anak telah ada dalam berbagai sektor pembangunan, lanjut Jamal, masing-masing sektor tersebut selama ini masih bertindak dan melakukan perlindungan anak secara terpisah dengan visi, misi, target dan sasaran yang berbeda-beda. Padahal upaya untuk melindungi anak tersebut terlalu riskan bila dilakukan secara parsial, terpisah, dan sektoral.

"Misalkan dalam setiap kegiatan rencana pembangunan yang di laksanakan di Kabupaten Siak ini kita selalu mengikutsertakan anak-anak kita, terutama melalui forum anak untuk bersama-sama kita rencanakan pembangunan khususnya yang berkaitan dengan anak. Begitu juga dengan kegiatan yang lain kita selalu mengikutsertakan anak, namun hal itu belum cukup. Oleh karena itu kita memerlukan sistem dan pola kebijakan bersama dalam berbagai bidang pembangunan kesejahteraan dan perlindungan anak yang holistik, terintegrasi, dan berkelanjutan," ujarnya.

Selanjutnya, Jamal mengharapkan melalui seminar ini agar mendengarkan arahan dan informasi yang sangat berharga dari narasumber, dan nantinya peserta dapat berdiskusi serta berdialog terkait mungkin saja ada permasalahan yang terjadi di lingkungan ataupun di sekolah.

"Melalui seminar sehari ini kita harapkan ada pencerahan dan wawasan yang baik untuk perkembangan dan perlindungan anak di Kabupaten Siak, sehingga ini bisa membantu mengurangi terjadinya masalah hukum terhadap anak di Kabupaten Siak ini," ucapnya.

Sekretaris Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPPAPPKB) Kabupaten Siak Ulfah Hanum melaporkan, tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mencegah kekerasan terhadap anak, yang terbagi diantaranya, terbangunnya sistem hubungan dan pengendalian untuk mewujudkan pengasuhan yang mendukung relasi yang aman untuk mencegah kekerasan, meningkatnya keterampilan hidup dan ketahanan diri anak dalam mecegah kekerasan serta terbagunnya mekanisme yang efektif untuk mengidentifikasi, mendeteksi, menolong dan melindungi anak yang menjadi korban atau pelaku mencapai keadilan hukum.

 "Dalam rangka memperhatikan keberadaan anak di sekitar kita, perhatian ini tidak hanya semata memenuhi kebutuhan hidup dan memberi kehidupan yang layak, tapi juga dalam perlindungan terhadap anak dari berbagai bentuk kekerasan. Menanggapi isu terkini mengenai pertubuhan teknologi komunikasi, media dan fenomena sosial kekinian yang menyangkut anak dan peran orang tua, guru serta masyarakat sebagai komponen utama dalam bentuk kepedulian lingkungan maupun tanggungjawab pengawasan, serta tersosialisasikannya undang-undang sistem peradilan pidanan anak," pungkasnya.

Penulis : Diana Sari
Editor : Yusni Fatimah



Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)

 
Berita Lainnya :
  • 33 Hotspot Terpantau di Riau, Terbanyak Pelalawan 9 Titik
  • Sebaran 35 Pasien Covid-19 di Riau, Siak Rekor Lagi dengan 13 Kasus, Disusul Kampar 10
  • Ini Tips dari Dokter agar Penyandang Diabetes Tak Terinfeksi Covid-19
  • Bawaslu Riau Nilai Penyelesaian Sengketa Pillada di Inhu Sudah Sesuai Prosedur
  • Usai Cekcok dengan Istri, Ayah Satu Anak di Dumai Ditemukan Tewas Gantung Diri
  •  
    Komentar Anda :

     
    Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
    Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
    DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
         
    Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
        © 2010-2020 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved