Siak
Pemkab Siak | DPRD Siak
 
+ INDEX BERITA

17:13 - Bupati Alfedri Resmi Buka ...
16:02 - MTQ XIII Pusako Dibuka, Ja...
15:17 - Buka Musrenbang Kecamatan ...
15:55 - Pimpin Musrenbang Sungai A...
21:05 - Rakor Lintas Sektor Pembah...
16:25 - Kukuhkan Pejuang Subuh Kec...
10:44 - Bupati Alfedri Tinjau Korb...
07:08 - Bupati Alfedri Minta Masya...
20:02 - Ini Kata Bupati Siak Alfed...
16:46 - Jamaludin: Pemda Diminta D...
15:40 - KLHK Sosialisasi Program P...
22:18 - KPP Pratma Sosialiasi Peka...
17:01 - Kawal Dana Kampung, Bupati...
16:47 - Buka Musrenbang Kecamatan ...
16:17 - Himpaudi bersama Disdik Si...
14:48 - 10 Ketua PKK Kampung di Si...
09:08 - Kajati Riau Warning Jaksa ...
15:47 - 14 Hari Diobservasi, 12 TK...
21:28 - Impian Besar Adrisman, Seo...
19:48 - Warga Kampung Langkai Mint...
 
Tunjukkan Kepedulian kepada Situs Cagar Budaya, RAPP Bantu Pemugaran Istana Peraduan Siak
Selasa, 08/10/2019 - 20:35:40 WIB
Gubernur Riau, Syamsuar saat meninjau pemugaran Istana Peraduan yang berada di dalam Komplek Istana Asserayah Al Hasyimiyah Siak Sri Indrapura.
Gubernur Riau, Syamsuar saat meninjau pemugaran Istana Peraduan yang berada di dalam Komplek Istana Asserayah Al Hasyimiyah Siak Sri Indrapura.
TERKAIT:

SIAK - PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP) sebagai perusahaan swasta terbesar di Riau, lagi-lagi menunjukkan kepeduliannya kepada Pemerintah Kabupaten Siak dengan melakukan pemugaran Istana Peraduan di komplek Istana Asserayah Hasyimiah, melalui program Corporate Sosial Responsibility (CSR).

RAPP merupakan satu-satunya perusahan yang memang sangat, peduli dengan Pemkab Siak. Tidak hanya satu atau dua program saja yang diberikan perusahaan itu untuk membantu Pemkab Siak, tetapi lebih dari itu. Pemugaran Istana peraduan ini, dimulai dari tahun lalu, hingga kini sudah rampung pengerjaannya. 

Seperti yang diutarakan Direktur PT RAPP, Basrie Kamba, bahwa  APRIL Group sebagai salah satu perusahaan yang beroperasi di Kabupaten Siak turut peduli dalam melestarikan cagar budaya ini dengan membantu pemugaran Istana Peraduan Sultan Siak.

"Perencanaan proyek ini dimulai pada Oktober 2018 dengan diawali kegiatan Forum Group Discussion (FGD) dengan Pemda Siak. Kemudian dilanjutkan studi banding ke Malaysia dan mengunjungi beberapa tempat yang berhubungan dengan Kerajaan Siak," ucapnya.

Dia menyebutkan, dalam pengerjaannya restorasi Istana Peraduan dikerjakan selama delapan bulan. Dengan seluruh biayanya ditanggung oleh RAPP. 

Atas bantuan yang diberikan RAPP tersebut, Gubernur Riau, Syamsuar yang sempat ikut dalam rapat saat pemugaran kala menjadi Bupati Siak saat itu, mengatakan apresiasinya kepada PT RAPP. 

Provinsi Riau, sebut Syamsuar mengapresiasi dukungan yang ditunjukkan RAPP dalam pelaksanaan pemugaran situs gedung bersejarah tersebut lewat program CSR. Proses pemugaran gedung ini kata dia juga diharapkan bermakna sebagai pembelajaran bagi generasi mendatang.

"Situs Cagar Budaya ini amat berharga dalam kaitannya dengan sejarah Kesultanan Siak yang sangat berarti dalam sejarah mendukung perjuangan bangsa, khususnya oleh Pahlawan Nasional Sultan Syarif Kasim II," kata mantan Bupati Siak itu.

Sementara itu, Bupati Siak Alfedri mengatakan istana ini merupakan peninggalan sejarah yang penting. Sebab, Istana ini bukti sejarah akan tempat sultan beristirahat. Karena dulunya Sultan Syarim Kasim II sebagai raja terakhir, beristirahat di istana peraduan itu. Sedangkan Istana Siak yang terdiri dari dua lantai sebagai bangunan utama, dulunya hanya untuk menerima tamu kerajaan.

"Supaya masyarakat tahu apa saja peninggalan dari Kerajaan Siak. Kami apresiasi kepada RAPP yang telah mendukung program pemerintah ini," terangnya. 

Ia salut dengan kepedulian RAPP tentang keberadaan cagar budaya ini. Setelah selesai, dia berharap lebih banyak wisatawan yang datang sehingga sejarah sejarah Kerajaan Siak ini akan diketahui banyak orang.

"Belum ada perusahaan yang benar-benar peduli dengan situs cagar budaya ini. Kami apresiasi dan semoga bisa dicontoh dengan perusahaan lain. Untuk diketahui Istana Siak ini sudah dijadikan kawasan budaya. Kota Siak masuk jaringan kota Pusaka Indonesia," tuturnya. 

Pengerjaan pemugaran ini, dilakukan secara berkala atau bertahap, dan saat ini, pengerjaannya sudah rampung, esuai dengan perjanjian yang telah disepakati sebelumnya. (Adv)


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)

 
Berita Lainnya :
  • Kamar Hore, Kamar Maret Premiere Hotel
  • Dua Ekskavator Diturunkan, TPS di Jalan Hos Cokroaminoto Pekanbaru Dibongkar
  • Karhutla di Pulau Rupat Sulit Dipadamkan, Ini Sebabnya
  • 4 Alasan Lebih Baik Kamu Tidur Tanpa Busana Malam Ini
  • Jumlah Korban Meninggal Akibat Virus Corona Capai 2.858 orang
  •  
    Komentar Anda :

     
    Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
    Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
    DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
         
    Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
        © 2010-2019 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved