Siak
Pemkab Siak | DPRD Siak
 
+ INDEX BERITA

09:06 - Bayu Aji, Ahmad Ijazi, dan...
14:19 - Indra Minta Pemkab Segera ...
15:38 - Istana Siak Sudah Dibuka K...
13:50 - 45 Tim Berlaga di Sungai S...
17:56 - Pengunjung Kecewa Istana S...
16:43 - BAZNas Siak Terima Bantuan...
19:52 - Bupati Siak Hadiri Rakorna...
20:21 - Kunjungi Istana Siak, Jamp...
19:34 - Sekda Siak Berharap FKPMR ...
10:51 - Lakukan Reses, Androy Akan...
18:20 - Terinspirasi, Bupati Boyon...
15:00 - Jalan Amblas di Siak Terny...
11:45 - Satu Unit Truk Tronton Dit...
11:36 - Jalan Siak-Buton Ambruk, L...
20:58 - Banyak Tender Digelar Jela...
17:19 - UMK Siak 2020 Naik 6 Perse...
20:06 - Buka Pembinaan Kampung KB,...
14:37 - Juru Mudi Tugboat Noah 08 ...
21:38 - Terpeleset, Juru Masak Kap...
11:21 - Belajar dari Kampung Tanju...
 
Ketiga Kalinya, Pemkab Siak Raih Penghargaan Natamukti dari ICSB Indonesia City Awards 2019
Senin, 07/10/2019 - 12:20:26 WIB
Bupati Siak Alfedri didampingi Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Wan Fajri Auli hadir menerima penghargaan dari Menteri Koperasi dan UKM.
Bupati Siak Alfedri didampingi Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Wan Fajri Auli hadir menerima penghargaan dari Menteri Koperasi dan UKM.
TERKAIT:

SIAK - Pemerintah Kabupaten Siak terpilih sebagai penerima Penghargaan Natamukti bersempena ICSB Indonesia City Awards 2019 di Bogor, Senin pagi (7/10/19). Penghargaan tersebut diserahkan oleh Sekretaris Menteri Koperasi & Usaha Kecil dan Menengah Republik Indonesia Rully Indrawan di IPB Convention Center Kota Bogor, bersempena acara Galang UKM Indonesia 2019.

Turut hadir dalam kesempatan itu, Staf Khusus Menteri Koperasi dan UKM Republik Indonesia, sekaligus President of ICSB Indonesia, Hermawan Kertajaya serta sejumlah penggiat dan tokoh Koperasi dan UKM di Indonesia.

Penghargaan Natamukti yang diterima Pemerintah Kabupaten Siak tersebut merupakan bentuk apresiasi kepada pemerintah kota dan kabupaten yang berhasil mendorong keberlangsungan UMKM di daerah masing-masing.

“Alhamdulillah, saya ucapkan syukur dan apresiasi atas kerjasama semua pidak di daerah atas raihan penghargaan Nakamukti untuk ketiga kalinya ini. Penghargaan Natamukti diberikan kepada Kabupaten Siak yang dinilai berhasil dalam memasarkan, mendorong peningkatan kualitas, serta membangun ekosistem UMKM di daerah,” kata Bupati Siak Alfedri didampingi Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Wan Fajri Auli usai menerima penghargaan dari Menteri Koperasi dan UKM.

Sebagai penggerak roda perekonomian utama di Indonesia, Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) termasuk di Kabupaten Siak, kata Pemimpin Negeri Istana itu, saat ini telah menjadi perhatian baik oleh pemerintah maupun berbagai lembaga internasional.

“Ekosistem UMKM yang kondusif hanya bisa dicapai dengan kontribusi dari berbagai pihak seperti praktisi bisnis, akademisi dan peneliti. Selain itu, pemerintah daerah selalu akan berupaya mendukung UMKM menjadi pilar pendorong utama ekonomi lokal, dan kelembagaan ekonomi mikro di kampung-kampung yang dapat menggerakkan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat,” ungkapnya.

Kadis Koperasi dan UMKM Kabupaten Siak Wan Fajri Auli di sela acara menyebut penghargaan Natamukti 2019 ini merupakan penghargaan yang ketiga kalinya diterima Pemkab Siak. Ia juga merinci sejumlah upaya yang telah dilaksanakan tersinergi oleh lintas OPD dan instansi di Kabupaten Siak.

"Penghargaan ini kita terima untuk yang ketiga kalinya pada tahun 2017, 2018 yang lalu. Alhamdulillah pada tahun 2019 ini kita kembali mendapatkan Natamukti," kata Wan Fazri Auli.

Setakat ini kata dia, Pemkab selalu mengikutsertakan penggiat UKM dalam berbagai iven seperti Riau Expo dan pameran.

"Misalnya Pemkab mengikutsertakan UKM dalam promosi daerah keluar negeri seperti di Jeddah dan acara Jaringan Kota Pusaka di Bali beberapa waktu lalu. Selain itu Pemkab juga melaksanakan Pelatihan Kewirausahaan pemula dan pelatihan peningkatan kualitas produk atau kemasan," jelasnya.

Upaya lain yang dilakukan Pemkab urainya, di antaranya fasilitasi pengurusan label halal gratis, bantuan permodalan untuk wirausaha pemula dari Kementerian Koperasi dan UKM, serta fasilitasi kredit lunak.

International Council for Small Business (ICS3) sebagai host organization ICSB di Indonesia, adalah sebuah organisasi nirlaba internasional didirikan pada tahun 1955 yang bertujuan untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan usaha kecil dan menengah di seluruh dunia yang pada gilirannya dapat memberikan dampak ekonomi dan sosial yang positif bagi suatu negara.

Organisasi ini mempertemukan para akademisi, peneliti, pembuat kebijakan, dan praktisi dari seluruh belahan dunia yang berfungsi sebagai empat pilar utama ICSB untuk berbagi pengetahuan dan keahliannya di bidang masing-masing. Saat ini terdaftar 70 chapters di berbagai negara yang telah menjadi anggo ta ICSB termasuk ICSB Indonesia sebagai salah satu afiliasi yang dibentuk pada tahun 2015 lalu.

Penulis : Diana Sari
Editor : Fauzia


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)

 
Berita Lainnya :
  • Hati-hati, WhatsApp Bisa Diretas Melalui Kiriman File Video
  • Mobil Damkar Pekanbaru Terjaring Razia Pajak Kendaraan
  • 1.013 Unit Kendaraan Terjaring Razia Pajak Bermotor
  • Percepatan Pembangunan STC, Kios Pedagang Jalan Hoscokroaminoto Dibongkar
  • Keren! SMART Sapu Bersih Medali Kejuaraan Silat Nasional Indonesia Perisai Diri Cup 3
  •  
    Komentar Anda :

     
    Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
    Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
    DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
         
    Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
        © 2010-2019 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved