Siak
Pemkab Siak | DPRD Siak
 
+ INDEX BERITA

15:38 - Istana Siak Sudah Dibuka K...
13:50 - 45 Tim Berlaga di Sungai S...
17:56 - Pengunjung Kecewa Istana S...
16:43 - BAZNas Siak Terima Bantuan...
19:52 - Bupati Siak Hadiri Rakorna...
20:21 - Kunjungi Istana Siak, Jamp...
19:34 - Sekda Siak Berharap FKPMR ...
10:51 - Lakukan Reses, Androy Akan...
18:20 - Terinspirasi, Bupati Boyon...
15:00 - Jalan Amblas di Siak Terny...
11:45 - Satu Unit Truk Tronton Dit...
11:36 - Jalan Siak-Buton Ambruk, L...
20:58 - Banyak Tender Digelar Jela...
17:19 - UMK Siak 2020 Naik 6 Perse...
20:06 - Buka Pembinaan Kampung KB,...
14:37 - Juru Mudi Tugboat Noah 08 ...
21:38 - Terpeleset, Juru Masak Kap...
11:21 - Belajar dari Kampung Tanju...
17:20 - Peringati Hari Sumpah Pemu...
19:58 - Sedang Urus Perpanjangan I...
 
Apel Siaga PT Kimia Tirta Utama Motivasi Semangat Atasi Karhutla
Selasa, 13/08/2019 - 15:03:28 WIB
Bupati Siak di sela apel siaga atasi Karhutla
Bupati Siak di sela apel siaga atasi Karhutla
TERKAIT:
 
  • HUT ke-31 Astra Agro Lestari, PT KTU Gelar Rangkaian Kegiatan Bakti Sosial
  • Apel Siaga PT Kimia Tirta Utama Motivasi Semangat Atasi Karhutla
  •  

    SIAK - Di tengah kondisi kebakaran hutan dan lahan di wilayah Siak, Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (GAPKI) mengadakan Apel Siaga Karhutla.
     
    "Apel Siaga Karhutla ini dimaknai sebagai komitmen penanggulangan karhutla dan memperbarui spirit terbaru untuk menanggulangi karhutla di Siak dan Provinsi Riau,” ungkap Bupati Siak Alfedri yang menjadi pembina Apel Siaga Karhutla, Selasa (13/8/2019).

    Menurutnya, Apel Siaga yang diselenggarakan PT Kimia Tirta Utama (PT KTU) ini menambah semangat seluruh stakeholder untuk bersama-sama menanggulangi karhutla.

    "Kami melihat langsung kawan-kawan berjibaku di lapangan. Semua pihak telah berupaya dengan sungguh-sungguh, baik BPBD, Kepolisian, TNI, Manggala Agni, MPA, camat, dan juga perusahaan," lanjut Alfedri.

    “Kami sampaikan apresiasi dan terima kasih kepada GAPKI Riau dan PT KTU  yang telah menyelenggarakan apel siaga ini,” tegasnya.

    Simulasi pemadaman api oleh tim Fire Protection PT Kimia Tirta Utama (PT KTU) yang merupakan anak usaha PT Astra Agro Lestari Tbk dalam Apel Siaga Karhutla, di Siak, Selasa (13/8/2019).

    Sebagaimana diketahui Karhutla telah banyak memberikan dampak negatif bagi masyarakat. Masyarakat terdampak secara kesehatan seperti penyakit ISPA. Selain itu, pada bidang pendidikan, asap menyebabkan diliburkannya sekolah. Secara ekonomi, banyak usaha yang harus tutup, termasuk bandara. Banyak sumberdaya yang harus dikerahkan personel, alat serta helikopter hujan buatan.

    Kesiapan Korporasi

    GAPKI secara aktif melakukan koordinasi kepada seluruh anggota untuk bersama mencegah dan menaggulangi karhutla.

    “GAPKI melakukan pertemuan-pertemuan untuk berbagi pengetahuan tentang penceganan dan penanggulangan kebakaran,” kata Sekretaris Eksekutif GAPKI Cabang Riau, Maryanto.

    Diharapkan, seluruh perusahaan anggota GAPKI dapat melakukan pencegahan dan penanggulangan dengan cepat dan tepat.

    PT KTU sebagai anggota GAPKI juga telah melaksanankan pencegahan dan penanggulangan. "Dalam rangka menghadapi musim kemarau dan bahaya kebakaran tahun ini, PT KTU telah membentuk dan melakukan pelatihan kepada Organisasi Tanggap Darurat, yang terdiri dari Tim Reaksi Cepat, Fire Brigade, Regu Pemantau dan Regu Patroli Api," ungkap Ahmad Wahyudi, Fire Protection Manager PT Astra Agro Lestari Tbk.

    Bupati Siak selaku inspektur upacara

    PT KTU juga melengkapi berbagai jenis peralatan dan sarana penanggulangan kebakaran seperti alat pemantau (berupa menara dan drone), peralatan pemadam manual, pompa-pompa pemadam portable, peralatan komunikasi, serta mobil pemadam kebakaran.

    “Alat-alat ini selalu dipelihara dan siap digunakan untuk menjamin respon yang cepat saat diketahui terjadinya kebakaran,” tegasnya.

    Untuk memperkuat sistem pencegahan dini, PT KTU mengembangkan sistem peringatan dini melalui SMS Broadcast bekerjasama dengan provider Telekomunikasi.

    Menurut Bupati, dampak Karhutla adalah bencana asap yang dapat merugikan masyarakat banyak. Baik kesehatan, ekonomi maupun pendidikan. Karena melihat bencana asap di 2014-2015 lebih dari 2 bulan anak sekolah diliburkan, penerbangan di tiadakan dan lainnya.

    "Pemerintah sudah melakukan berbagai upaya untuk penanganan. Baik dari darat dengan mengerahkan seluruh daya upaya maupun udara melalui hali water bombing maupun hujan buatan. Dan itu tidak murah dan dibiayai oleh uang rakyat," terangnya.


    Dukungan dari perusahaan menurut Bupati Siak sangat luar biasa. Baik melalui warga yang tergabung dalam masyarakat peduli api maupun secara langsung ke lokasi karlahut. Mereka semua berjibaku dalam penanganan Karhutla, baik dari Kepolisian, TNI, Manggala Agni dan lainnya.

    "Saya minta pelaku aksi kebakaran hutan dan lahan dilakukan sanksi tegas dalam hukum. Baik itu perorangan maupun korporasi," katanya tegas.

    Sebelumnya,  Ahmad Wahyudi, Fire Protection Manager PT Astra Agro Lestari Tbk mengatakan, upaya yang dilakukan Pemkab Siak untuk penanganannya sudah maksimal. Untuk itu seluruh perusahaan sawit turut serta dalam membantu penanganan Karhutla di Siak.

    "Kebakaran hutan dan lahan berdampak sangat besar pada kesehatan dan ekonomi warga. Kami dari Astra Agro Lestari sudah melakukan berbagai upaya untuk melakukan penanganan," tambahnya.

    Disinggung desa binaan KTU untuk upaya pencegahan Karlahut, Ahmad Wahyudi mengatakan bahwa ada 4 desa di ring satu yang sudah dibentuk Masyarakat Peduli Api (MPA). Yaitu Desa Teluk Rimba, Buatan 1, Pangkalan Pisang dan Kuala Gasib. Ada 5 anggota MPA per desa.

    "Selain memberikan pelatihan penanganan dini jika terjadi karlahut, MPA desa desa binaan KTU juga mendapatkan bantuan peralatan seperti mesin air, selang dan lainnya. Termasuk himbauan kepada masyarakat untuk tidak melakukan aktivitas pembakaran dalam membuka lahan," katanya.(adv)



    Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
    Silakan SMS ke 0813 7176 0777
    via EMAIL: redaksi@halloriau.com
    (mohon dilampirkan data diri Anda)

     
    Berita Lainnya :
  • Pendaftaran dan Seleksi CPNS Pemprov Riau 2019 Resmi Dibuka
  • Milad ke-36 SMAN 3/5 Pekanbaru, Hari Ini Alumni Gelar Jalan Santai
  • Tiga Zodiak Ini Akan Alami Keberuntungan di Tahun 2020, Kamu Ada?
  • Bankeu untuk Kecamatan dan Desa Rawan Kecurangan, Gubri Sebut Akan Awasi Bantuan
  • Heboh Kabar Pesugihan Restoran, Roy Kiyoshi Kembali Ungkap Ciri-ciri Penglaris di Rumah Makan
  •  
    Komentar Anda :

     
    Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
    Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
    DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
         
    Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
        © 2010-2019 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved