www.halloriau.com
BREAKING NEWS :
Empat Titik Panas Terpantau di Riau Hari Ini, Curah Hujan Menurun
Otonomi
Pekanbaru | Dumai | Inhu | Kuansing | Inhil | Kampar | Pelalawan | Rohul | Bengkalis | Siak | Rohil | Meranti
 
Tiga Elemen Desak Bawaslu Tindaklanjuti Dugaan Kecurangan di Pilkada Rohul
Selasa, 15 Desember 2020 - 16:51:27 WIB
Tiga elemen masyarakat, datangi Sekretariat Bawaslu Rohul, sampaikan dugaan kecurangan saat pencoblosan di Pilkada serentak 2020.
Tiga elemen masyarakat, datangi Sekretariat Bawaslu Rohul, sampaikan dugaan kecurangan saat pencoblosan di Pilkada serentak 2020.

PASIR PANGARAIAN - Tiga elemen masyarakat, datangi Sekretariat Bawaslu Rokan Hulu (Rohul) di Jalan Imam Baqi Desa Babussalam, Kecamatan Rambah, Selasa (15/12/2020).

Dimana tiga elemen itu, dari Aliansi Masyarakat Adat Lima Luhak Kabupaten Rohul, Hulu Balang Rohul, dan Tokoh Masyarakat Rohul. Kedatangan mereka ke Bawaslu untuk menyampaikan secara lisan dan surat tertulis menindaklanjuti dugaan kecurangan saat pencoblosan dan pasca pencoblosan di Pilkada Serentak 2020.

Ketiga elemen masyarakat tiba di kantor Bawaslu Rohul, diterima Ketua Bawaslu Rohul Fajrul Islami Damsir dan tiga komisioner yaitu Gummer Siregar, Yurnalis, dan Fanny Ariandi.

Ketiga elemen masyarakat menduga, ada kecurangan mobilisasi pemilih hampir di seluruh perusahaan di Kecamatan Tambusai serta Kecamatan Tambusai Utara di 27 TPS yang ada di PT Torganda saat proses pencoblosan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Rohul Rabu (9/12/2020) lalu.

Dikatakan Koordinator Lapangan Aliansi Masyarakat Adat Lima Luhak Kabupaten Rohul Laksamana Hery  bahwa kedatangan tiga elemen masyarakat ke Sekretariat Bawaslu Rohul tidak beraliansi ke salah satu pasangan calon Pilkada manapun.

"Kita sudah sampaikan lisan dan tertulis ke Bawaslu Rohul, atas dugaan pelanggaran Pilkada 2020 termasuk temuan-temuan di lapangan. Walaupun kami bukan lembaga teknis, kami juga bagian dari masyarakat yang punya hak menyampaikan aspirasi ke Bawaslu. Berharap Bawaslu mengambil tindakan tegas terhadap pelanggaran-pelanggaran yang terjadi," ungkapnya.

Kata Laksamana Hery, dugaan penggelembungan suara dan mobilisasi pemilih, terjadi di hampir 27 TPS bermasalah dalam perusahaan. Sehingga ketiga elemen datang ke Sekretariat Bawaslu Rohul.

Informasinya, dugaan kecurangan terjadi, ada TPS hanya membuat 25 undangan untuk satu TPS. Namun jumlah pemilih yang mencoblos hampir 250 orang per TPS.

"Semuanya kami sampaikan bukti ini secara lisan dan kita tuangkan di dalam bentuk tulisan. Kita hanya menyampaikan laporan dan lebih teknisnya lembaga lembaga teknis yang mengkaji tentang Pilkada Rohul dan bisa saja para saksi dan yang lainnya untuk ikut partisipasi untuk memperkuat laporan ini," harap Hery.

"Kita tidak punya kepentingan ke salah satu calon,  kami juga tdak punya kepentingan ke siapapun pemenangnya hari ini. Namun bila cara-cara dilakukan dengan kecurangan baik itu Paslon maupun itu tim harus ditindaklanjuti," harapnya.

Hery juga berharap, bila memang perusahaan merugikan suara masyarakat umum, maka suara harus dihapuskan atau dihanguskan.

"Bila calon juga terlibat di dalam hal ini, kami minta Bawaslu bisa menjatuhkan sanksi berat diskualifikasi," tegas Laksamana Hery lagi dan mengaku akan mengawal laporannya.

Menyikapi tiga elemen yang datangi kantor Bawaslu, Ketua Bawaslu Rohul Fajrul Islami Damsir akui sudah menerima aspirasi secara lisan dan tulisan dari tiga elemen masyarakat, namun bukan dalam bentuk laporan.

Fajrul mengatakan, Komisioner Bawaslu Rohul akan turun hari ini ke Kecamatan Tambusai dan Tambusai Utara, menindaklanjuti, mengecek persoalan dan perselisihan yang terjadi di lapangan saat proses pencoblosan dan pasca pencoblosan, termasuk dugaan mobilisasi pemilih.

"Dimana sesuai mekanisme yang ada akan kami tindaklanjuti dan dalami laporan ini," ucap Fajrul, dan diakuinya Bawaslu Rohul tetap bekerja sesuai mekanisme.

Selain aspirasi dari tiga elemen, Fajrul mengakui, bahwa sebelumnya Bawaslu juga telah menerima laporan dugaan kecurangan Pilkada 2020,  hal itu juga masih dalam proses.

Penulis : Feri Hendrawan
Editor : Fauzia


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)

BERITA TERKAIT    
286 personel gabungan, disiagakan di kawasan Hotel Sapadia tempat digelarnya rapat peleno rakapitulasi suara Pilkada Rohul 2020, degan perketat Prokes Covid 19.286 Personel Gabungan Amankan Pleno Rekapitulasi Suara Pilkada Rohul 2020
Tiga elemen masyarakat, datangi Sekretariat Bawaslu Rohul, sampaikan dugaan kecurangan saat pencoblosan di Pilkada serentak 2020.
Tiga Elemen Desak Bawaslu Tindaklanjuti Dugaan Kecurangan di Pilkada Rohul
Keterangan Pers ketua Tim Pemenangan Koalisi Rakyat Rohul Murkhas bersama Paslon Bupati- Wabup Rohul,Hafith Syukri- Erizal. Hafith-Erizal Klaim Ungguli Sukawan dengan 1.025 Suara
Sekdakab Abdul Haris, Kajari Rohul dan laiinnya melihat TPS 001 Desa Sialang Jaya, Kecamatan Rambah terlihat unik. Foto FeriSekda Kunjungi TPS 001 Sialang Jaya yang Unik
Deklarasi Anti Money Politic Pilakda Rohul di Taman Kota Paris Pangaraian, Kabupaten Rohul, Kamis (3/12/2020).Kapolda Riau Ajak Masyarakat Rohul Hindari Politik Uang
  Suasana rapat plebo rekapitulasi suara tingkat Rohul yang dilaksanakan KPU Rohul, dengan perketat Prokes. Prokes Diperketat, KPU Gelar Rapat Pleno Rekapitulasi Perhitungan Suara Pilkada Rohul
Data hasil Pleno 16 PKK yang diinput dalam bentuk Tabel Data Tim Operator Sukawan.
Hasil Rekapitulasi 16 PPK Pilkada Rohul 2020, Sukiman- Indra Gunawan Unggul 92.394 Suara
Penghitungan suara di TPSHafith-Erizal Unggul Sementara di TPS 10
Sekda Abdul Haris, didampingi Kapolres, Ketua KPU dan lainnya, melepas rombongan truk angkut logistik Pilkada Rohul yang mulai didistribusikan ke 16 kecamatan di Rohul.
Dikawal Ketat Polisi, KPU Mulai Distribusikan Logistik Pilkada Rohul ke 16 Kecamatan
Tiga Paslon Pilkada lanjutan Rohul 2020-2024 ikut debat secara langsung yang ditaja KPU Rohul, di Ujung Batu.
Ditaja KPU Rohul, Debat Publk Tiga Paslon Pilkada Rohul Saling Lontar Argumen

BERITA LAINNYA    
IlustrasiEmpat Titik Panas Terpantau di Riau Hari Ini, Curah Hujan Menurun
Yan Prana Jaya Jalani Tahap IIJalani Tahap II di Rutan Pekanbaru, Yan Prana Segera Jalani Persidangan
Kapolresta Pekanbaru Kombes Pol Nandang MuPolisi Bentuk Tim Khusus Ungkap Pelaku Pelempar Rumah Pejabat Kejati Riau dengan Kepala Anjing
intChelsea Vs Everton: Menang 2-0, The Blues Mantap di Empat Besar
Ketua PWI Riau, Zulmansyah SekedangBesok, Ketua PWI Riau Lantik Pengurus PWI Dumai
  intJadwal Liga Champions, Menanti Keajaiban Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi
ZodiakRamalan Zodiak Selasa 9 Maret 2021 Capricorn, Aquarius, dan Pisces: Tetaplah Rendah Hati
ilustrasiCek di Sini Syarat Tes CPNS 2021
Kendaraan dinas dikumpulkan di halaman Kantor Bupati Kepulauan Meranti untuk dicek fisikAkan Dicek Fisik, Seluruh Kendaraan Dinas Apel di Kantor Bupati Kepulauan Meranti
Sekda Abdul Haris, Kapolres dan Danramil 02/ Rambah juga Kasi Pidum Kejari Rohul pantau peralatan untuk penanganan Karhutla di gudang BPBD RohulAntisipasi Karhutla, Kapolres dan Pemkab akan Bangun 3 Posko
Komentar Anda :

 
 
 
 
Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
     
Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
    © 2010-2021 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved