www.halloriau.com
Pekanbaru | Dumai | Inhu | Kuansing | Inhil | Kampar | Pelalawan | Rohul | Bengkalis | Siak | Rohil | Meranti
14:00 - Kecelakaan Maut Terjadi Lagi di Tol Pekanbaru-Dumai, 5 Orang Tewas 2 Luka Berat | 13:28 - Riau Akan Distribusikan 15.240 Vaksin Covid-19 untuk 3 Daerah Ini | 12:32 - Abaikan Prokes Covid-19, Kerumunan Warga Penerima BLT Dibubarkan | 18:21 - Kadiskes Riau: Rapid Test Antigen Swab Syarat Perjalanan Keluar Daerah | 18:21 - Penahanan Yan Prana, Kejati Beralasan Tersangka Menghilangkan Barang Bukti | 16:00 - Setdaprov Riau, Yan Prana Jaya ditahan Jaksa Penyidik Pidsus Kejati Riau
 
Penuhi Pangan Selama Covid-19, Sekda Rohul Dorong Masyarakat Manfaatkan Lahan Perkarangan
Jumat, 27 November 2020 - 21:34:14 WIB
Pemanfaatan lahan perkarangan, lahan tidur atau lahan kosong dengan tamanan pangan maupun holtikultura, yang dapat dukungan Pemkab Rohul untuk masyarakat.
Pemanfaatan lahan perkarangan, lahan tidur atau lahan kosong dengan tamanan pangan maupun holtikultura, yang dapat dukungan Pemkab Rohul untuk masyarakat.

PASIR PANGARAIAN - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rokan Hulu (Rohul) mendorong masyarakat atau kelompok tani, kembangkan tanaman buah-buahan, sayur mayur termasuk tanaman pangan lainnya dengan memanfaatkan lahan perkarangan.

Itu disampaikan Sekda Rohul H Abdul Haris SSos MSi, Kamis, (26/11/2020) sore. Dan diakuinya bahwa pemerintah daerah akan membantu bibit tanaman pangan dan hortikultura ke masyarakat atau petani yang ingin memanfaatkan lahan kosong atau tidak produktif.

"Dengan ditanami buah buahan, sayur mayur dan tanaman holtukultura, upaya pemenuhan kebutuhan pangan keluarga. Kita menjalankan Instruksi Bupati Rohul Nomor 1 tahun 2020 tanggal 15 April 2020 tentang pemanfaatan lahan perkarangan atau lahan tidur maupun lahan non produktif di dekat lingkungan tempat tinggal masyarakat," kata Abdul Haris.

Sekda Abdul Haris mengimbau Kades dan lurah se Rohul,  agar mendata lahan perkarangan, lahan tidak produktif atau lahan kosong di wilayah kerjanya. Hal itu mendorong masyarakat memanfaatkan lahan tersebut ditanami tanaman pangan dan hortikultura, yang nantinya diberi fasilitas bantuan bibit tanaman dari organisasi perangkat daerah (OPD) terkait.

"Disamping pemberdayaan masyarakat secara produktif dalam peningkatan ekonominya, dengan meningkatnya ketahanan pangan dapat menghindari terjadinya kekurangan dan kerawanan pangan di Rohul di masa pandemi Covid-19 saat ini," sebut Sekda lagi.

Bila program ketahanan pangan dijalankan, maka harapan Sekda, dari hasil panen tanaman tersebut, nantinya dapat membantu memenuhi kebutuhan pangan masyarakat sehari hari.

Sehingga nenurut Sekda, dengan pemanfaatan lahan pekarangan atau lahan tidak produktif dapat menjadi bagian penting dalam mendukung ketahanan pangan berbasis keluarga.

Lanjut Sekda, pemanfaatan lahan perkarangan rumah, untuk ditanami pangan keluarga, dari sisi biaya sangat murah dan pengawasannya juga mudah. Selain itu dapat menjadi sarana mengatasi kelangkaan pangan keluarga ditengah adanya pembatasan aktivitas di luar rumah dalam upaya pencegahan penyebaran Covid-19 yang berdampak terhadap pendatapatan ekonomi masyarakat saat ini.

Penulis : Feri Hendrawan
Editor : Fauzia


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)

BERITA TERKAIT    
Kadiskes Riau Mimi Yuliani NazirTerus Meningkat, Pasien Sembuh dari Covid-19 di Riau Sudah 25.014 Orang
IlustrasiNaik Lagi, Hari Ini Riau Tambah 170 Kasus Positif Corona Baru, 186 Pasien Sembuh
Ombak Bono salah satu objek wisata di Riau.Pariwisata Tiarap Karena Pandemi, Dispar Riau Beralih ke Digital
  IlustrasiPemprov Riau Distribusikan Vaksin Covid-19 Tahap II untuk 3 Daerah Ini
IlustrasiPekanbaru Paling Tinggi Sumbang Kasus Positif Covid-19 di Riau
IlustrasiGubri Larang Sekolah Tatap Muka Jika Angka Kasus Covid-19 Masih Tinggi

BERITA LAINNYA    
SMS Donasi XL Axiata Salurkan Bantuan dan Buka Layanan Gratis
Polres Kepulauan Meranti Ringkus 4 Terduga pelaku pengedar narkoba, dua diantaranya bawah umurPolres Meranti Ringkus 4 Terduga Pengedar Narkoba, Dua Diantaranya Bawah Umur
Susana media meeting di Pekanbaru, Senin (18/1/2021).
Pertumbuhan Ekonomi Riau di Triwulan IV 2020 Dekati Arah Positif
  IstSembilan Santri di Bengkalis Positif Covid-19
Dara Kabupaten Kepulauan Meranti tahun 2019, dr Atika Fitri yang saat ini bertugas sebagai dokter umum di Rumah Sakit  MMC Jakarta sudah mengikuti vaksinasiCerita Dara Kepulauan Meranti 2019, dr Atika Usai Disuntik Vaksin Sinovac
dr Syaipul Juru Bicara Satgas Covid-19 Kota Dumai
Covid-19 Dumai: Tambah 22 Kasus Baru, 13 Sembuh
Komentar Anda :

 
 
 
Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
     
Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
    © 2010-2021 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved