www.halloriau.com
BREAKING NEWS :
Terganjal Sistem, APBD Kepulauan Meranti Tahun 2021 Belum Bisa Digunakan Penuh
Otonomi
Pekanbaru | Dumai | Inhu | Kuansing | Inhil | Kampar | Pelalawan | Rohul | Bengkalis | Siak | Rohil | Meranti
 
Ditaja KPU Rohul, Debat Publk Tiga Paslon Pilkada Rohul Saling Lontar Argumen
Kamis, 26 November 2020 - 18:41:23 WIB
Tiga Paslon Pilkada lanjutan Rohul 2020-2024 ikut debat secara langsung yang ditaja KPU Rohul, di Ujung Batu.
Tiga Paslon Pilkada lanjutan Rohul 2020-2024 ikut debat secara langsung yang ditaja KPU Rohul, di Ujung Batu.

PASIR PANGARAIAN - Pada debat publik Pasangan Calon (Paslon) Pilkada lanjutan serentak Rokan Hulu (Rohul) 2020 di Kecamatan Ujung Batu, Rabu (25/11/2020) malam, diiwarnai saling berargumen antara ketiga paslon.

Ketiga paslon nomor urut 1 Hamulian Nasution-Syahril Topan, nomor urut 2 Sukiman-Indra Gunawan dan nomor urut 3 Hafith Syukri-Erizal penuh dengan perdebatan, yang disiarkan langsung melalui salah satu perusahaan TV lokal di Rohul.

Perdebatan seru terjadi, di saat sesi eksplorasi yang dimaksimalkan masing-masing paslon, dalam memamerkan keunggulan programnya, sekaligus menyerang lawan tandingnya. 

Seperti Hafith Syukri, paslon dengan jargon Gaspoll pamerkan program Kartu MAU (Makmur, Agamis dan Unggul) dapat perdebatan baik dari Paslon nomor 2 maupun 1.

"Bila kartu MAU dilaksanakan, dimana masing-masing pelaku UKM dapat duit Rp5 juta, itu duitnya dari mana? Sedangkan APBD Rohul tahun depan cuma Rp1,1 triliun lebih, Itu apa tidak besar pasak daripada tiang?" kata Sukiman.

Pertanyaan Sukiman dijawab Hafith Syukri dengan jawaban terkesan agak sedikit nyeleneh.

"Kepala daerahkan seperti kepala rumah tangga, bila kepalanya bingung bagaimana mau jalan. Bagaimana caranya, itu rahasia kami. Dan pertanyaan itu yang kami tunggu-tunggu, duit banyak di luar sana, tinggal mau atau tidak kita mengambilnya," kata Hafith. 

Kemudian, kepada Paslon nomor 3 Hamulian-Topan dengan jargon Hartop, Sukiman bertanya tentang tagline kampanye mereka "Berani Lebih Baik'. 

Petahana Sukiman mengatakan, tagline kampanye tersebut tidak masuk akal. Karena jika melihat niat paslon nomor satu untuk mengaktifkan kegiatan sekolah di masa Covid-19 seperti saat ini, dinilai tidak masuk akal.

"Kita boleh saja berani, namun ada hukum yang mengatur koridor dalam bekerja. Lebih baik selamat dalam bertugas daripada berani tapi akan melawan hukum," sebut Sukiman. 

Hamulian dan Topan secara bergantian menjawab dengan santai pertanyaan petahana. "Kalau Kepala Daerah tidak berani mengambil sikap, lebih baik jadi kepala rumah tangga saja. Ngurus anak dan istri di rumah," ucap Hamulian. 

Hamulian mencontohkan, kerusakan jalan lintas Ujung Batu-Tandun beberapa waktu lalu. Perbaikan jalan sempat terkendala karena status jalan yakni adalah Jalan Provinsi, bukan jalan kabupaten. 

"Kalau kami jadi Bupati, dari kemarin. Jalan itu (Jalin Ujung Batu-Tandun) sudah kami perbaiki. Kenapa harus nunggu provinsi, jalan itukan masyarakat Rohul yang lewat setiap hari. Harus berani mengambil sikap demi masyarakat," ungkapnya. 

Giliran Paslon Skawan, pertanyaan dilontarkan dari Paslon Gaspoll tentang pemberdayaan pertanian dan perkebunan di Rohul yang dinilai tidak terperhatikan. 

"Makanya, bapak dan abang-abang jangan diam di rumah saja. Keluar biar tahu informasi. Lihat, berapa banyak Pemkab Rohul sudah bagikan pupuk dan memberikan pelatihan, jangan asal ngomong saja, harus sesuai data," jawab Sukiman. 

Perdebatan juga sempat memanas antara satu sama lainnya, hingga debat publik tersebut ditutup oleh moderator karena sesi waktunya sudah berakhir.

Debat publik tiga paslon Pilkada Rohul, dihadiri Komisioner KPU Riau, Ketua KPU Rohul Elfendri,  Pjs Bupati Rohul Masrul Kasmy,  Kapolres Rohul AKBP Taufiq Lukman Nurhidayat,  Dandim 0313/ KPR Sekda Abdul Harus, Ketua DPRD Rohul Novliwanda Ade Putra.

Juga hadirkan penyusun materi seperti Irwan Efendi dari UIR, Ali Yusri Unri dan dari UIN Susqa. Debat publik antar Paslon Pilkada lanjutan Rohul, akan kembali digelar debat tahap 2, pada 2 Desember 2020 mendatang.

"Melalui debat publik antar paslon secara live, kita harapkan masyarakat dapat mengetahui visi misi dan program yang dijual oleh ketiga paslon. Yang menentukan pilihan adalah masyarakat, pada 9 Desember 2020 di TPS. Satu suara masyarakat sangat menentukan arah pembangunan empat tahun kedepan, semuanya hak masyarakat dan mari tentukan pilihan anda di TPS pada 9 Desember 2020 mendatang," pesan Ketua KPU Rohul ke masyarakat. (Adv/ Pemkab Rokan Hulu)


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)

BERITA TERKAIT    
Petugas Satpol PP Rohul, tertibkan sejumlah APK paslon yang masih terpasang di masa tenang.Masa Tenang, Bawaslu bersama Satpol PP Rohul Tertibkan APK Paslon
Wakil Ketua DPRD Rohul AdrizalAndrizal Minta KPU Rohul Pastikan C6 Sampai ke Tangan Pemilih
Tiga Paslon Pilkada lanjutan Rohul 2020-2024 ikut debat secara langsung yang ditaja KPU Rohul, di Ujung Batu.
Ditaja KPU Rohul, Debat Publk Tiga Paslon Pilkada Rohul Saling Lontar Argumen
  Ketua KPU Dumai Darwis memberikan keterangan pers terkait mekanisme penggantian bakal calon kepala daerah yang meninggal dunia sesuai PKPU di ruang rapat Kantor KPU Dumai baru-baru ini.
Foto Almarhum Eko Suharjo Bakal Dampingi Syarifah di Debat Publik Kedua Besok
IlustrasiAlfedri-Husni Tampil Beda, Arif dan Reni Akui Tak Puas dengan Debat Publik
Ketua KPU Dumai DarwisKPU Kota Dumai Gelar Debat Publik Kedua pada 28 November 2020

BERITA LAINNYA    
Sekda Kabupaten Kepulauan Meranti, Dr H KamsolTerganjal Sistem, APBD Kepulauan Meranti Tahun 2021 Belum Bisa Digunakan Penuh
Suzuki New CarryLebih Kokoh, Tangguh di Berbagai Medan, New Carry Dibanderol Rp163 Juta
ilustrasiRutan Pekanbaru Terima 40 Tahanan Titipan Kejari Pelalawan
  BTS XLTingkatkan Kenyamanan Pelanggan, XL Axiata Implementasikan Platform Zero Touch Operation
Walikota Pekanbaru, Dr H Firdaus, ST, MT menandatangani Deklarasi Pokja Kelurahan Siaga Covid-19 di Hotel Mutiara, Pekanbaru, Kamis (21/1/2021). GM Corporate Affairs Asset PT CPI Sukamto Tamrin (kiri) menyerahkan secara simbolis hygiene kits dan sarana cuci tangan portabel (foto kanan)PT CPI Aktifkan Kelurahan Siaga Covid-19 di Pekanbaru-Bengkalis
Kapolres Dumai AKBP Andri Ananta YhudistiraDor!!! Polres Dumai Bekuk 2 Tahanan Kabur
Komentar Anda :

 
 
 
Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
     
Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
    © 2010-2021 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved