www.halloriau.com
BREAKING NEWS :
Terganjal Sistem, APBD Kepulauan Meranti Tahun 2021 Belum Bisa Digunakan Penuh
Otonomi
Pekanbaru | Dumai | Inhu | Kuansing | Inhil | Kampar | Pelalawan | Rohul | Bengkalis | Siak | Rohil | Meranti
 
Pjs Bupati dan Polres Rohul Mediasi Sengketa Tapal Batas Masyarakat dengan PT MAI
Selasa, 24 November 2020 - 15:36:22 WIB
Pjs Bupati Rohul Masrul Kasmy, Kapolres Rohul, Kabag Ops Polres Padang Lawas, memediasi permasalahan tabal batas masyarakat Dusun Kali Kapuk Desa Batang Kumu Kecamatan Tambusai , Rohul dengan PT MAI Padang Lawas.
Pjs Bupati Rohul Masrul Kasmy, Kapolres Rohul, Kabag Ops Polres Padang Lawas, memediasi permasalahan tabal batas masyarakat Dusun Kali Kapuk Desa Batang Kumu Kecamatan Tambusai , Rohul dengan PT MAI Padang Lawas.

PASIR PANGARAIAN - Masyarakat Dusun Kali Kapuk Desa Batang Kumu Kecamatan Tambusai Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), akan gelar aksi pembuatan tapal batas dengan PT Mazuma Agro Indonesia (PT MAI), karena saat ini lahan perkebunan kelapa sawit masyarakat digerogoti pihak perusahaan.

Sikapi aksi yang akan dilakukan masyarakat, kedua Kapolres yakni Polres Rohul dan Polres Padang Lawas, meminta masyarakat menunda aksi karena sudah dilakukan mediasi di kantor Bupati Rohul dihadiri Kapolres Rohul dan Kapolres Padang Lawas, Sumatra Utara diwakili Kabag Ops Kompol Aswin Noor.

Sikapi sengketa lahan perkebunan kelapa sawit antara Forum Perjuangan Petani Kali Kapuk dengan PT MAI di perbatasan Kabupaten Rohul Riau dengan Kabupaten Padang Lawas Sumatra Utara, Kapolres Rohul bersama Pemkab Rohul lakukan mediasi dilaksanakan di kantor Bupati Rohul.

Mediasi difasilitasi Pjs Bupati Rohul Masrul Kasmy, dihadiri Kapolres Rohul AKBP Taufik Lukman Nurhidayat, Kabag Ops Polres Padang Lawas Kompol Aswin Noor dan perwakilan masyarakat Kali Kapuk mengatasnamakan Forum Perjuangan Petani Kali Kapuk.

Pjs Bupati Masrul Kasmy bersama Polres Rohul dan Polres Padang Lawas, berjanji akan selesaikan permasalahan tapal batas, antara masyarakat Dusun Kali Kapuk dengan PT MAI.

"Kita akan upaya permasalahan ini bisa dituntaskan, sehingga tidak ada permasalahan di belakang hari nantinya. Apalagi permasalahan tabal batas antara masyarakat di Rohul dengan PT MAI sudah pernah memakan korban jiwa," ucap Masrul Kasmy.

Dari mediasi, dua Kapolres yakni Kapolres Rohul AKBP Taufik Lukman Nurhidayat dan Kabag Ops Polres Padang Lawas Kompol Aswin Noor, minta masyarakat agat tidak lakukan aksi pembuatan tapal batas antara lahan masyarakat dengan PT MAI di perbatasan Rohul dengan Padang Lawas.

Dengan alasan karena permasalahan tersebut sudah dilakukan mediasi oleh Pemkab Rohul, apalagi saat ini masih dalam situasi Covid-19 dan memasuki Pilkada Rohul, agar bisa bersama - sama jaga Kamtibmas. Akan tetapi jika tetap dilaksanakan tentunya sudah ada pelanggaran hukum dari masyarakat.

Kapolres Rohul Taufik mengatakan ke masyarakat, agar bisa menahan diri dalam suasana Covid-19 dan menjaga Khamtibmas. Karena jika aksi dilakukan, dikhawatirkan akan terjadi sesuatu yang tidak diinginkan.

"Pemkab Rohul komitmen menyelesaikan permasalah sengketa lahan yang terjadi antara masyarakat dengan PT MAI. Sebelum terjadi tindakan Polres Rohul dan Polres Padang Lawas sepakat membantu penyelesaian sengketa lahan dengan melibatkan dua Pemerintah Kabupaten Rohul dan Padang Lawas," kata Kapolres.

Kabag OPS Polres Padang Lawas mengatakan, akan menyikapi permasalahan secepatnya agar menghentikan aktivitas pengelolaan lahan yang dalam status quo, dan apa yang telah disepakati dalam mediasi supaya dilaksanakan dan ditaati.

Kepada perusahaan PT MAI karena berada di wilayah Padang Lawas, maka Pemkab Padang Lawas akan menyelesaikannya namun tetap berkoordinasi dengan Pemkab Rohul yang merupakan perbatasan atau sempadan dan lokasi yang disengketakan.

"Kita tetap jawalkan permasalahan ini, agar bisa diselesaikan dengan baik. Berharap dalam permasalah ini tidak terjadi aksi kekerasan dan anarkis. Lalu masing masing pihak bisa menahan diri selama proses mediasi untuk penyelesaian masalah yang sedang terjadi," jelasnya.

Untuk saat ini masyarakat diminta tetap bersabar karena saat ini Pemerintah Rohil akan melakukan koordinasi dengan Pemerintah Padang Lawas guna menyelesian sangketa lahan antara masyarakat dengan PT MAI. (Adv/ Pemkab Rokan Hulu)


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)

BERITA TERKAIT    
Tim Hoscloud CV Mitra Teknologi Digital Pekanbaru Zaki Latul Ilmi, melakukan presentasi sekaligus serahterima dengan Kades Aliantan M Rois dan perangkat liannya terkait Aplikasi SISPEDAL di Aliantan.
Pertama di Riau, Aplikasi SISPEDAL Aliantan Difungsikan Layani Masyarakat
IlustrasiGunung Sinabung Erupsi, Masyarakat Diminta Jauhi Radius 3 Kilometer
Kondisi lahan di lapangan Polemik Kepemilikan Lahan, AA Digugat ke Pengadilan
  Petugas Satlantas Polres Rohul, beri imbauan ke masyarakat agar taati aturan dan Prokes untuk mencegah penyebaran Covid-19 melalui Penling. Satlantas Polres Rohul Penling ke Masyarakat Minta Patuhi Prokes
Foto bersama.Polda Riau Gagas Dialog Interaktif Bertema Riau Sejahtera, Polri dan Masyarakat Menjaga
DR Achmad MSiTerkait Vaksin Covid 19, Achmad Minta Pemerintah Bangun Kepercayaan Masyarakat

BERITA LAINNYA    
Sekda Kabupaten Kepulauan Meranti, Dr H KamsolTerganjal Sistem, APBD Kepulauan Meranti Tahun 2021 Belum Bisa Digunakan Penuh
Suzuki New CarryLebih Kokoh, Tangguh di Berbagai Medan, New Carry Dibanderol Rp163 Juta
ilustrasiRutan Pekanbaru Terima 40 Tahanan Titipan Kejari Pelalawan
  BTS XLTingkatkan Kenyamanan Pelanggan, XL Axiata Implementasikan Platform Zero Touch Operation
Walikota Pekanbaru, Dr H Firdaus, ST, MT menandatangani Deklarasi Pokja Kelurahan Siaga Covid-19 di Hotel Mutiara, Pekanbaru, Kamis (21/1/2021). GM Corporate Affairs Asset PT CPI Sukamto Tamrin (kiri) menyerahkan secara simbolis hygiene kits dan sarana cuci tangan portabel (foto kanan)PT CPI Aktifkan Kelurahan Siaga Covid-19 di Pekanbaru-Bengkalis
Kapolres Dumai AKBP Andri Ananta YhudistiraDor!!! Polres Dumai Bekuk 2 Tahanan Kabur
Komentar Anda :

 
 
 
Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
     
Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
    © 2010-2021 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved