www.halloriau.com
BREAKING NEWS :
4.480 Vial Vaksin Sinovic Diserahkan ke Sekda Rohul
Otonomi
Pekanbaru | Dumai | Inhu | Kuansing | Inhil | Kampar | Pelalawan | Rohul | Bengkalis | Siak | Rohil | Meranti
 
Rakor Penanganan Darurat Bencana, Pjs Bupati Rohul Minta BPBD Segera Bentuk TRC
Senin, 23 November 2020 - 18:43:47 WIB
Pjs Bupati Rohul Masrul Kasmy, pimpin Rakor penanganan darurat bencana banjir dan tanah longsor di wilayah Rohul tahun 2020 dihadiri Kapolres Rohul, pejabat OPD dan Forkompinda.
Pjs Bupati Rohul Masrul Kasmy, pimpin Rakor penanganan darurat bencana banjir dan tanah longsor di wilayah Rohul tahun 2020 dihadiri Kapolres Rohul, pejabat OPD dan Forkompinda.

PASIR PANGARAIAN - Pjs Bupati Rokan Hulu (Rohul), Drs H Masrul Kasmy MSi, Senin (23/1/2020), memimpin Rapat Koordinasi (Rakor) penanganan darurat bencana banjir dan tanah longsor di wilayah Rohul tahun 2020, di aula lantai tiga kantor Bupati.

Rakor dihadiri Kepala BNPB pusat, Kapolres Rohul AKBP Tuafiq Lukman  Nurhidayat, Danramil 02/ Rambah Rambah, Asisten I Setda Rohul, juga sejumlah pejabat Eselon II di lingkungan Pemkab Rohul, juga Sekretaris BPBD Rohul Afrizal, Lurah dan Kades se Kecamatan Rambah.

Kadis PUPR Rohul Anton ST MT yang juga hadir dalam Rakor mengatakan, bahwa perlunya penanganan cepat dari BPBD dan stekholder baik berupa pembuatan SK tanggap darurat maupun dalam tindakan penanganan.

Pjs Bupati Masrul Kasmy mengatakan bahwa pelaksanaan Rakor berdasarkan arahan dari Pemerintah Pusat. Melalui BPBD terkait disaster bencana merupakan tanggung jawab semua, yakni seluruh OPD, yang harus melakukan antisipasi terutama anggaran yang berguna jika ada bencana sudah bisa bergerak tanpa adanya alasan anggaran.

Masrul Kasmy minta, agar segera membentuk Tim Reaksi Cepat (TRC), karena dalam tim tersebut ada sistem tim komando.

Jelasnya, jika ada bencana siapa yang akan menanganinya dan siapa yang akan mengambil komando. Dalam hal menentukan tanggap darurat serta langkah apa yang dilakukan dan yang paling penting bagaimana agar segera mungkin berikan bantuan ke masyarakat yang terkena dampak bencana.

Masrul Kasmy menambahkan, baru nantinya dilakukan upaya penanggulangan berupa infrastruktur oleh Dinas PUPR berupa alat berat, sehingga TRC bisa segera siapkan Posko di tempat daerah yang rawan bencana agar ada tempat pengaduan masyarakat serta dalam penanganan bencana bisa cepat ditangani.

Masrul juga mengaku, beberapa hari lalu sudah terjadi bencana banjir yang sempat merendam rumah warga serta longsornya jalan ke Dusun Sungai Bungo Desa Sialang Jaya, longsor pangkal jembatan Kaiti. Dinas Sosial P3A Rohul akan berikan bantuan pangan seperti 9 bahan pokok serta juga dari BPBD juga akan memberikan bantuan pangan.

"Saat ini, dalam penanganan bencana yang baru terjadi, dinas terkait kewalahan dikarenakan terbatasnya alat juga terkendalanya bantuan operasional. Karena itu dari hasil Rakor ini BPBD akan berikan bantuan operasional bersifat stimulan, pada dasarnya seharusnya seluruh OPD memiliki tanggungjawab," sebut Masrul.

BPBD juga diminta segera buat SK penanggulangan bencana, juga segera bentuk Tim Tanggap Darurat sebab saat ini curah hujan sudah sangat tinggi.

Sekretaris BPBD Rohul Afrizal mengatakan, di Rohul sendiri hampir setiap tahun alami bencana terutama banjir.

"Bila curah hujan tinggi, maka beberapa sungai di Rohul seperti, sungai Rokan Kiri, Rokan Kanan, Sungai Kaiti dan Sungai Sosa banjir. Mengantisipasinya kita akan segera bentuk TRC dari Stakeholder,. Jika terjadi bencana maka TRC akan satu komando dan untuk biaya akan dianggarkan," sebut Afrizal.

Terkait SK penanganan bencana jelas Afrizal lagi, sudah dibuat per 20 November 2020. Namun diperlukan harmonisasi hukum, akan tetapi saat ini sudah siap dilaksanakan.

Afrizal juga mengaku, terkait bencana banjir beberapa hari lalu sudah dilakukan peninjauan dan terdapat 4 titik, yakni di Desa Sialang Jaya, Rambah Tengah Barat, Kelurahan Pasir Pangaraian dan Desa Koto Tinggi. Itu sudah ditangani baik yang longsor dan rumah yang hanyut juga sudah ditangani dengan baik.

Kapolres juga menyampaikan bahwa Kepolisian dalam hal ini siap apabila ada terjadi bencana, dan sudah menyiapkan rencana konsekuensi baik itu bencana banjir, maupun tanah longsor akan bersama dengan TNI serta dinas terkait dalam penanganan bencana. (Adv/ Pemkab Rokan Hulu)


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)

BERITA TERKAIT    
Rapat Koordinasi (Rakor) sekaligus analisis dan penanganan Corona Virus Disease 2019 ( Covid-19) di Gedung Serba Guna H Misran Rais, Jalan Utama Kelurahan Bagan Barat, Kecamatan Bangko, Senin (11/1/2021) siang kemarin.Polres bersama Forkopimda Rohil Gelar Rakor Analisis Penanganan Covid-19
AxisWeekend Streaming Drakor #KenapaNggak
Rakor jelang Operasi Lilin Lancang Kuning.Jelang Operasi Lilin Lancang Kuning, Polres Inhu Gelar Rakor Lintas Sektoral
  Terlihat petugas sedang mendorong besok motor yang mogok akibat melintas dan menerobos banjir yang menggenangi jalanan di Kota Selatpanjang.Anggota TNI-Polri dan BPBD di Meranti Bahu Membahu Dorong Motor Pengguna Jalan yang Mogok Akibat Banjir
Satgas Covid-19 Dumai ikut Rakor Strategi Komunikasi Publik Vaksinasi Covid-19 secara virtual.Satgas Covid-19 Dumai Ikuti Rakor Strategi Komunikasi Publik Vaksinasi Covid-19
Pj Bupati Bengkalis H Syahrial Abdi tampak berbincang-bincang dengan  Kapolres Bengkalis dan Kadis Perhubungan usai mengikuti rakor secara virtual.Syahrial Abdi Minta Perketat Prokes Saat Natal dan Tahun Baru di Bengkalis

BERITA LAINNYA    
Sebanyak 4480 vial Vaksin Sinovic tiba dari Diskes Riau dikawal petugas Kepolisian, dan diserahkan ke Sekda Rohul Abdul Haris.4.480 Vial Vaksin Sinovic Diserahkan ke Sekda Rohul
ASN ditemukan terbakar di rumah kosong dievakuasi.ASN Pengadilan Tinggi Agama Pekanbaru Ditemukan Tewas Terbakar di Rumah Kosong
Mesinn dongpeng dibakar polisi.Pelaku PETI Kabur, Empat Set Mesin Rakit Dongpeng Dibakar Polisi
  Program Kampung Tangguh Nusantaradi Desa Talang Jerinjing.Kampung Tangguh Talang Jerinjing Dinilai Mampu Sejahterakan Masyarakat
DPRD PekanbaruPemko Pekanbaru Diminta Support Pemberdayaan Infrastruktur di Sejumlah Objek Wisata
IlustrasiBappeda Bengkalis Sosialisasi Pengisian Renstra untuk Samakan Persepsi
Komentar Anda :

 
 
 
Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
     
Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
    © 2010-2021 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved