www.halloriau.com
BREAKING NEWS :
Terganjal Sistem, APBD Kepulauan Meranti Tahun 2021 Belum Bisa Digunakan Penuh
Otonomi
Pekanbaru | Dumai | Inhu | Kuansing | Inhil | Kampar | Pelalawan | Rohul | Bengkalis | Siak | Rohil | Meranti
 
Pemkab Rohul Siap Kembangkan PAUD Integratif di Rohul
Kamis, 12 November 2020 - 14:54:59 WIB
Ketua 1 TP PKK Rohul Hj Netty Herawati, ikuti Rakor penguatan peran Lembaga atau Pemangku kepentingan PAUD tingkat Kabupaten/Kota secara Virtual, di Pendopo Rumdis Pjs Bupati Rohul.
Ketua 1 TP PKK Rohul Hj Netty Herawati, ikuti Rakor penguatan peran Lembaga atau Pemangku kepentingan PAUD tingkat Kabupaten/Kota secara Virtual, di Pendopo Rumdis Pjs Bupati Rohul.

PASIR PANGARAIAN - Dalam upaya meningkatkan juga mendorong Pendidikan Anak Usia Dini Holistik Integratif (PAUD HI ), yakni selalu tingkatkan kompetensi melalui Bimbingan Teknis (Bimtek) peningkatan kapasitas penyelenggaraan PAUD HI di Rokan Hulu (Rohul), Pjs Ketua TP PKK Rohul mewakil Ketua 1 TP PKK Rohul Hj Netti Herawaty, S.Kep, ikuti Rapat koordinasi (Rakor) Penguatan peran Lembaga atau pemangku kepentingan PAUD tingkat Kabupaten/Kota secara virtual, Kamis (12/11/2020), di Pendopo Rumdis Pjs Bupati Rohul.

Rakor lanjutan terkait penyelenggaraan Pengembangan PAUD HI, dilaksanakan virtual diikuti Direktorat PAUD Kemendikbud RI, perwakilan Kementerian PDTT, Bunda PAUD Provinsi Riau, 72 peserta dari 12 Kabupaten/ Kota se-Provinsi Riau, dengan narasumber dari pusat, Rudiyanto.

Dalam pemaparan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI melalui direktorat PAUD menyarankan, setiap Kabupaten/Kota membuat strategi kebijakan sehingga OPD memiliki landasan berpijak untuk manuver kebijakan agar kebijakan itu bisa tersimpul di satuan pendidikan.

Dimana yang bisa didorong dengan Perbup terkait dengan layanan Holistik Integratif dan wajib PAUD 1 tahun Pra SD. Jika peraturan ini sudah ada, maka SKPD akan mengalokasikan sumberdaya untuk mendukung program Paud Holistik Integratif karena tidak butuhkan biaya besar.

Namun hanya membutuhkan usaha untuk menyimpul serta mengkonversi, sehingga berakhir di satuan pendidikan. Penyelenggaraan PAUD HI tertuang dalam Peraturan Presiden Nomor 60 Tahun 2013 tentang PAUD HI, sebagai bentuk komitmen pemerintah menjamin terpenuhinya hak tumbuh kembang anak usia dini dalam hal pendidikan, kesehatan, gizi, perawatan, pengasuhan, serta perlindungan dan kesejahteraan anak.

Tujuan PAUD HI secara umum, terselenggaranya layanan PAUD HI menuju terwujudnya anak Indonesia yang sehat, cerdas, ceria, dan berakhlak mulia. Sedangkan secara khusus, tujuannya ialah terpenuhinya kebutuhan esensial anak usia dini, terlindunginya anak dari segala bentuk kekerasan, penelantaran, perlakuan yang salah, dan eksploitasi di manapun anak berada.

Usai mengikuti Rakor Virtual, Wakil Ketua 1 TP PKK Rohul Hj Netty Herawati S.Kep berterima kasih atas pemaparan dari narasumber dan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI, melalui direktorat PAUD. Berharap melalui kegiatan itu, PAUD Kabupaten Rohul banyak dapat pengetahuan dan gambaran dalam mengembangkan PAUD HI di Rohul.

“PAUD HI di Rohul secara kelembagaan dan Gugus Tugas PAUD HI sudah terbentuk, yang terintegrasi dari berbagai sektor. Bukan hanya dari Dinas Pendidikan, namun beberapa OPD terkait, seperti Bappeda (Perencanaan Anggaran), Dinsos P3A (Perlindungan Anak), Dinas Kesehatan (Untuk Pemenuhan Gizi anak) dan Dinas DPMPD (Untuk Anggaran di Desa) dan instansi lainnya,” terang Netty

Netty juga mengaku, akan mengadakan pertemuan dengan OPD terkait. Setelah menyimak dan melihat tugas Bunda PAUD semakin kompleks. Namun dengan adanya Pokja Bunda PAUD berterimakasih, karena dengan adanya kebersamaan mudah-mudahan kami melakukan pekerjaan secara maksimal.

Kabid PAUD Disdikpora Rohul Supangat, M.Pd menyatakan, Gugus Tugas PAUD Holistik Integratif di Rohul sudah terbentuk sejak tahun 2019. Bahkan lebih dulu terbentuk dari Provinsi Riau.

“Gugus Tugas PAUD HI di Rohul sudah terbentuk, sementara Provinsi belum. Jadi kita kedepannya tinggal mengkoordinasikan dan mengembangkan PAUD HI ke seluruh lembaga pendidikan di Rohul,” ucap Supangat

Supangat juga mengaku, malahan Kabupaten Rohul satu-satunya yang dapat bantuan 100 Lembaga PAUD Rohul mendapat Bimtek tentang PAUD HI oleh Kemendikbud.

“Di Provinsi Riau hanya Kabupaten Rohul yang dapat bantuan 100 Lembaga PAUD Rohul yang dapat Bimtek dari Kemendikbud, sehingga lembaga yang sudah lakukan Bimtek kemudian melakukan sosialisasi dengan stakeholder lembaga pendidikan PAUD yang ada di daerahnya,” jelas Supangat.

Mengapa Rohul dapat bantuan jelas Supangat lagi, karena Rohul satu-satunnya yang terbanyak guru PAUD. PAUD Rohul juga telah melaksanakan PAUD Holistik Integratif ini, di Riau hanya Rohul satu-satunya mendapat bantuan Bimtek.

Supangat menambahkan, PAUD HI adalah penanganan anak usia dini secara menyeluruh mencakup layanan gizi dan kesehatan, pendidikan dan pengasuhan termasuk perlindungan, untuk mengoptimalkan semua aspek perkembangan anak secara terpadu oleh berbagai pemangku kepentingan di tingkat masyarakat, pemerintah daerah, dan pusat.

Penulis: Feri Hendrawan
Editor: Yusni Fatimah


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)

BERITA TERKAIT    
Petugas Satlantas Polres Rohul, beri imbauan ke masyarakat agar taati aturan dan Prokes untuk mencegah penyebaran Covid-19 melalui Penling. Satlantas Polres Rohul Penling ke Masyarakat Minta Patuhi Prokes
Kadiskes Rohul dr Bambang
Diskes Sosialisasikan Vaksinasi Covid 19 ke Seluruh Puskesmas di Rohul
Paur Humas Ipda Refli Setiawan HarahapIpda Refly Setiawan Harahap Resmi Jabat Paur Humas Polres Rohul Gantikan Totok
  Pelaku pembunuhan warga Batang Peranap ditangkap.Buron 4 Tahun, Dua Pelaku Pembunuhan Warga Batang Peranap Diringkus
Kabid Pemberdayaan Perempuan dan Sosial Kabupaten Rohul, Hardiyanto
7.077 KPM di Rohul Terima BST Tahap I Tahun 2021
Sekda Abdul Haris memimpin rakor lintas sektor membahas pelaksanaan vaksinasi Covid-19 bersama pejabat Forkompimda dan OPD terkait.
Pemkab Rakor Lintas Sektor, Maksimalkan Persiapan Vaksinasi Covid 19 di Rohul

BERITA LAINNYA    
Sekda Kabupaten Kepulauan Meranti, Dr H KamsolTerganjal Sistem, APBD Kepulauan Meranti Tahun 2021 Belum Bisa Digunakan Penuh
Suzuki New CarryLebih Kokoh, Tangguh di Berbagai Medan, New Carry Dibanderol Rp163 Juta
ilustrasiRutan Pekanbaru Terima 40 Tahanan Titipan Kejari Pelalawan
  BTS XLTingkatkan Kenyamanan Pelanggan, XL Axiata Implementasikan Platform Zero Touch Operation
Walikota Pekanbaru, Dr H Firdaus, ST, MT menandatangani Deklarasi Pokja Kelurahan Siaga Covid-19 di Hotel Mutiara, Pekanbaru, Kamis (21/1/2021). GM Corporate Affairs Asset PT CPI Sukamto Tamrin (kiri) menyerahkan secara simbolis hygiene kits dan sarana cuci tangan portabel (foto kanan)PT CPI Aktifkan Kelurahan Siaga Covid-19 di Pekanbaru-Bengkalis
Kapolres Dumai AKBP Andri Ananta YhudistiraDor!!! Polres Dumai Bekuk 2 Tahanan Kabur
Komentar Anda :

 
 
 
Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
     
Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
    © 2010-2021 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved