www.halloriau.com
BREAKING NEWS :
PNPB Turun ESDM Riau Tuding Karena Perkara Izin
Otonomi
Pekanbaru | Dumai | Inhu | Kuansing | Inhil | Kampar | Pelalawan | Rohul | Bengkalis | Siak | Rohil | Meranti
 
Program BBM 1 Harga, Pjs Bupati Akui Pemkab Rohul Sudah Siapkan Langkah dan Teknis Implementasinya
Rabu, 11 November 2020 - 18:40:28 WIB
Pjs Bupat Masrul Kasmy, Sekda Abdul Haris dan OPD terkait, saat gelar rapat persiapan pelaksanaan Sub Penyalur terkait program BBM 1 harga.
Pjs Bupat Masrul Kasmy, Sekda Abdul Haris dan OPD terkait, saat gelar rapat persiapan pelaksanaan Sub Penyalur terkait program BBM 1 harga.

PASIR PANGARAIAN - Upaya percepatan Sub Penyalur program BBM 1 harga, Pjs Bupati Rohul mengakui Pemkab Rokan Hulu (Rohul) saat ini sudah menyiapkan langkah termasuk teknis implementasinya.

Itu dikatakan Pjs Bupati Rohul Drs Masrul Kasmy MSi, Rabu (11/11/2020), dan sudah digelar rapat persiapan pelaksanaan Sub Penyalur yang dipimpin langsung Pjs Bupati Rohul Drs H Masrul Kasmy M.Si, di kantor Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Perindag) Rohul, pada Selasa (3/11/2020) lalu.

Program itu, merupapak program sub penyalur untuk meningkatkan perekonomian masyarakat, juga dan mengefisiensikan pengeluaran masyarakat, sekaligus sebagai pemberdayaan ekonomi masyarakat.

"Upaya percepat pelaksanaan program BPH Migas Sub Penyalur BBM 1 harga, Pemkab Rohu sudah siapkan langkah-langkah dan teknis implementasinya," kata Masrul Kasmy, mantan Wakil Bupati Kepulauan Meranti.

Pada rapat persiapan pelaksanaan sub penyalur beberapa waktu lalu, juga dihadiri Sekda Rohul H. Abdul Haris, Kadis Perindag Hen Irfan, Kadis Perhubungan Andiyanto dan OPD terkait.

Pjs Bupati Rohul Masrul Kasmy juga mengatakan, prinsipnya terkait program sub penyalur itu sebagai upaya agar masyarakat bisa menikmati harga subsidi BBM dengan harga terjangkau sampai ke pedesaan. Karena sampai hari ini, untuk bisa mendapatkan BBM itu masih memerlukan jarak yang cukup jauh dari SPBU.

“Sehingga ada program dari BPH Migas, melalui Sub Penyalur dengan catatan Sub Penyalur bisa menghitung berapa kalkulasi harga, sehingga beban yang harus dibayar masyarakat bisa mendekati harga sesuai di SPBU,” kata Masrul Kasmy.

Dirinya berharap, beban yang harus dibayar masyarakat high cost ekonomi, kalau bisa ini dikecilkan lagi sehingga bisa menjadi tabungan masyarakat agar bisa digunakan di luar konsumsi, seperti untuk investasi, tabungan, sehingga mengefisiensikan pengeluaran masyarakat 

Diakui Masrul Kasmy, prinsipnya program BPH Migas untuk Sub Penyalur BBM yang dibahas, Pemkab akan susun Harga Eceran Tertinggi (HET), sehingga komponen biaya transportasi dapat dihitung sedemikian rupa, sehingga harganya dekat dengan SPBU.

“Terkait hitungannya, nanti dari Tim Verifikasi yang menyusunnya di bawah Ketua Tim Sekda. Saya kira tidak terlalu banyak persyaratan, jelasnya masyarakat mempunyai kesanggupan penyediaan tempat BBMnya, mempersiapkan transportasi angkutan BBM, kemudian identitas seperti biasa KTP, KK, Surat Izin Usaha, dan kita dari Pemkab hari ini menawarkan ke pihak-pihak untuk pemberdayaan ekonomi,” sebut Masrul

Kemudian, bedanya Pertashop itu non Subsidi seperti Pertamax, Pertalite dan Dexlite dan produk-produk Pertamina lainnya. Bila program Sub Penyalur disubsidi, untuk jenis BBM tertentu dan jenis BBM khusus penugasan. Selain itu perbedaan, Izin Pertashop itu masyarakat berbadan usaha bisa langsung mendaftar secara online, tidak melalui Dinas Perindustrian.

Kadis Perindag menambahkan, terkait penyaluran BBM bagi masyarakat sebagai Sub Penyalur harus dijelaskan titik lokasinya, jaraknya minimal 10 KM dari SPBU terdekat. Jika sudah terbit izinnya dari BPH Migas tetap melalui verifikasi Pemda.

“Pemkab nantinya menyiapkan dokumen persyaratan, untuk diserahkan ke BPH Migas. Bila sudah mendapat izin dari BPH Migas, mereka akan memberikan Kuota ke SPBU terdekat, dan nantinya alat angkutnya diatur melalui dinas terkait,” ucap Hen Irfan 

Kata Hen Irfan lagi, nantinya penetapan HET di bawah eceran yang selama ini berat bagi masyarakat. Bila Sub Penyalur harus pakai Nozer itu sesuai dengan syaratnya, kini tinggal menyiapkan langkah-langkah dari BPH Migas, HET itu ditetapkan oleh Pemerintah, harga dasar ditambah dengan ongkos angkut.

Penulis : Feri Hendrawan
Editor : Fauzia


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)

BERITA TERKAIT    
Sekda Rohul H Abdul Haris, dan pejabat Forkompinda ikuti Rakor secara virtual dengan Forkompinda Riau dan Bupati/Walikota se Riau, dipimpin Wakil Gubernur Riau.Rakor dengan Wagubri, Pemkab Rohul Siap Laksanakan Vaksinasi Covid-19
Bupati Rohul, SukimanBupati Sukiman Ingatkan Seluruh ASN Disiplin dan Tertib Kelola Administrasi
Bupati Rohul, H Sukiman meresmikan tower baru dan pengoperasian Radio Islamic Center Kabupaten Rohul, Senin (7/12/2020). Foto ISTResmikan Tower Baru RIC, Bupati Rohul: Penyiaran Lebih Berkualitas
  Jalan Tol Pekabaru- SumbarTerkait Usulan Pintu Tol di Rohul, Pemkab Sampaikan Data Justek ke Pemprov Riau
Bupati Sukiman saat kunjungan kerja di Kecamatan Ta,busai, saat melantik 51 anggota BPD se Rohul.Beri Amanah Pimpin Rohul, Masyarakat Tambusai Usulkan ke Pemkab 4 Program Pembangunan
Masrul KasmiIni Pesan Masrul Kasmy Setelah Berakhir Jabatan Pjs Bupati Rohul

BERITA LAINNYA    
Kepala Dinas ESDM Riau, Indra Agus LukmanPNPB Turun ESDM Riau Tuding Karena Perkara Izin
Vaksin Coronavac tiba di Pelabuhan Selatpanjang dan dikawal kepolisian bersenjata lengkapDikawal Polisi Bersenjata, 1.920 Vaksin Covid-19 Tiba di Kepulauan Meranti
Pengawalan vaksin Covid-19 ke Puskesmas.Polsek Tanah Putih Kawal Pendistribusian Vaksin Sinovac ke Puskesmas
  Manager Desa Bebas Api, Hafiz Hazalin Sinaga saat mencoba madu kelulut langsung dari sarangnya.Cegah Karlahut di Masa Pandemi, DBA Asian Agri Tingkatkan Imunitas dengan Kelulut
IlustrasiSebagian Besar Pasien Covid-19 Riau Meninggal Miliki Komorbid
DPRD PekanbaruSigit Minta Masterplan Penanganan Banjir Segera Dieksekusi
Komentar Anda :

 
 
 
Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
     
Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
    © 2010-2021 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved