www.halloriau.com
Pekanbaru | Dumai | Inhu | Kuansing | Inhil | Kampar | Pelalawan | Rohul | Bengkalis | Siak | Rohil | Meranti
14:00 - Kecelakaan Maut Terjadi Lagi di Tol Pekanbaru-Dumai, 5 Orang Tewas 2 Luka Berat | 13:28 - Riau Akan Distribusikan 15.240 Vaksin Covid-19 untuk 3 Daerah Ini | 12:32 - Abaikan Prokes Covid-19, Kerumunan Warga Penerima BLT Dibubarkan | 18:21 - Kadiskes Riau: Rapid Test Antigen Swab Syarat Perjalanan Keluar Daerah | 18:21 - Penahanan Yan Prana, Kejati Beralasan Tersangka Menghilangkan Barang Bukti | 16:00 - Setdaprov Riau, Yan Prana Jaya ditahan Jaksa Penyidik Pidsus Kejati Riau
 
TIM PKM UPP Rohul Berdayakan Pedagang Cendol di Desa Rambah Hilir
Minggu, 08 November 2020 - 18:42:28 WIB
PKM UPP Rohul, lakukan pengabdian ke masyarakat di Desa Rambah Hilir, Kecamatan Rambah Hilir, bantuan berupa inovasi mesin pemasak cendol otomatis.
PKM UPP Rohul, lakukan pengabdian ke masyarakat di Desa Rambah Hilir, Kecamatan Rambah Hilir, bantuan berupa inovasi mesin pemasak cendol otomatis.

PASIR PANGARAIAN - Kelompok Program Kemitraan Masyarakat (PKM) Universitas Pasir Pengaraian (UPP) Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), lakukan pengabdian ke masyarakat di Desa Rambah Hilir, Kecamatan Rambah Hilir.

PKM diketuai Nurhayati, SE, M.Si, sekaligus Dosen UPP, Jumat (6/11/2020), bantu berupa inovasi mesin pemasak cendol otomatis. Di tahap awal, dibuat cendol rasa buah naga, dan masyarakat langsung diajarkan sistem pemasarannya.

Ketua Pelaksana PKM UPP, Nurhayati, menjelaskan, kegiatan dilakukan bersama mahasiswa tersebut merupakan bentuk kepedulian UPP terhadap masyarakat dan menjawab permasalahan yang ada di masyarakat.

Nurhayati mengungkapkan, salah satu pedagang di Desa Rambah Hilir selama ini masih memproduksi cendol secara tradisional, dan rasanya masih sama seperti biasanya.

Salah satu mitra PKM UPP jelas Nurhayati, sudah diusulkan ke Ristekdikti untuk dibuatkan mesin pembuat cendol otomatis yang diberi nama "Jellydol".

Kemudian, Tim PKM UPP juga mengajarkan bagaimana sistem pemasaran cendol rasa buah naga tersebut secara online.

"Usulan kita dari program studi akuntansi didanai Ristekdikti," kata Nurhayati, Minggu (8/11/2020).

Wanita yang juga Kepala Program Studi Akuntansi UPP ini menambahkan PKM menjadi jawaban permasalahan dialami pedagang selama ini.

"Kita berterima kasih kepada pihak Ristekdikti dan mitra yang telah banyak membantu," pesan Nurhayati.

"Karena dengan adanya program dari Ristekdikti ini alhamdulillah mitra kita sangat terbantu, baik secara sosial maupun usaha," tambahnya.

Nurhayati mengungkapkan, PKM dilaksanakan telah terlaksana 100 persen. Awalnya, sampai proses pembuatan mesin cendol otomatis terealisasi 70 persen.

"Sudah 100 persen setelah kita membuat mesin. Dan kini sudah tahap packing, pemasaran, sistem pembuatan laporan keuangan, dan telah menghasilkan produk jellydoll dengan rasa buah naga," terangnya.

Nurhayati berharap mitra yang menjadi sasaran mendapatkan dampak sosial maupun ekonomi yang baik, termasuk kemudahan produksi, pengelolaan keuangan, dan bisa membuat inovasi varian rasa.

"Setelah adanya program ini mitra dapat meningkatkan penghasilan dan pekerjaan yang ditekuni semakin berkembang dan maju di berbagai sektor," harap Nurhayati.

Sementara Murniati, selaku mitra usaha merasa bersyukur dan berterima kasih sudah dibantu pihak PKM UPP dan Ristekdikti. Ia komitmen mengembangkan usaha cendolnya dengan berbagai varian rasa.

"Tentunya terobosan itu sangat membantu saya dalam melaksanakan usaha ke depannya," kata Murniati.

Penulis: Feri Hendrawan
Editor: Yusni Fatimah


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)

BERITA TERKAIT    
Banjir di Rohul.Banjir Ancam Tiga Kabupaten di Riau di Musim Penghujan Begini
Bunga Bangkai Kembali Mekar di Riau, Kali Ini di Kota Intan Rohul
Tim Kesehatan Haji Indonesia Periksa Kamar Hotel Jamaah Asal RohulTim Kesehatan Haji Indonesia Periksa Kamar Hotel Jamaah Asal Rohul
  Dua Ekskavator yang diamakan KLHK.Buka 400 Hektar Lahan Sawit Tanpa Izin, KLHK Sita Dua Unit Alat Berat
Jamaah Haji Rohul Gelar Pemantapan Terakhir Jelang Wukuf
Jamaah Haji Rohul Kloter 9 Batam Pembekalan Jelang Wukuf

BERITA LAINNYA    
SMS Donasi XL Axiata Salurkan Bantuan dan Buka Layanan Gratis
Polres Kepulauan Meranti Ringkus 4 Terduga pelaku pengedar narkoba, dua diantaranya bawah umurPolres Meranti Ringkus 4 Terduga Pengedar Narkoba, Dua Diantaranya Bawah Umur
Susana media meeting di Pekanbaru, Senin (18/1/2021).
Pertumbuhan Ekonomi Riau di Triwulan IV 2020 Dekati Arah Positif
  IstSembilan Santri di Bengkalis Positif Covid-19
Dara Kabupaten Kepulauan Meranti tahun 2019, dr Atika Fitri yang saat ini bertugas sebagai dokter umum di Rumah Sakit  MMC Jakarta sudah mengikuti vaksinasiCerita Dara Kepulauan Meranti 2019, dr Atika Usai Disuntik Vaksin Sinovac
dr Syaipul Juru Bicara Satgas Covid-19 Kota Dumai
Covid-19 Dumai: Tambah 22 Kasus Baru, 13 Sembuh
Komentar Anda :

 
 
 
Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
     
Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
    © 2010-2021 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved