www.halloriau.com
BREAKING NEWS :
Kapolri Minta Babinsa dan Bhabinkamtibmas Terus Jaga Kondusifitas Papua
Otonomi
Pekanbaru | Dumai | Inhu | Kuansing | Inhil | Kampar | Pelalawan | Rohul | Bengkalis | Siak | Rohil | Meranti
 
Pemkab Usulkan ke Menhub Agar Pahlawan Nasional Tuanku Tambusai Jadi Nama Bandara di Rohul
Minggu, 26 Juli 2020 - 15:39:10 WIB
Bupati Rohul Sukiman
Bupati Rohul Sukiman

PASIR PANGARAIAN - Sebagai penghormatan atas jasa perjuangan dan meneladani spirit perjuangan ke generasi muda, Pemkab Rokan Hulu (Rohul) usulkan perubahan nama bandar udara Pasir Pangaraian jadi Tuanku Tambusai Rohul ke Kementerian Perhubungan (Kemenhub) RI.

Diabadikannya nama Tuanku Tambusai menjadi nama bandara di Rohul, karena Tuanku Tambusai merupakan pahlawan nasional asal Rohul yang sudah dianugerahi gelar Pahlawan Nasional berdasarkan SK Presiden Republik Indonesia Nomor. 071/TK/Tahun 1995 tanggal 7 Agustus 1995.

Umumnya, nama Bandar Udara di sejumlah daerah di Indonesia, nama bandaranya diambil dari nama Pahlawan di daerahnya atau nama tokoh.

Bupati Rohul H Sukiman, Jumat (21/7/2020) mengakui, tujuan perubahan nama Bandara Pasir Pengaraian menjadi Bandara Tuanku Tambusai Rohul, selain sebagai bentuk menghormati jasa perjuangan Pahlawan Nasional Tuanku Tambusai, juga untuk mewujudkan dan terciptanya sinkronisasi dan tertib dalam Tatanan Kebandarudaraan.

“Atas dasar itulah Pemkab Rohul usulkan perubahan nama Bandar Udara Pasir Pangaraian jadi Bandar Udara Tuanku Tambusai. Kita ketahui, Tuanku Tambusai adalah seorang tokoh ulama, pemimpin dan pejuang yang juga merupakan salah seorang tokoh Paderi terkemuka,” kata Sukiman

Bupati Sukiman menambahkan, usulan perubahan nama Bandar Udara tetap dengan mempedomani Peraturan Menteri Perhubungan Republik Indonesia Nomor PM 39 tahun 2019 tentang Tatanan Kebandarudaraan Nasional. Bahwa berdasarkan lampiran 1.B peraturan tersebut, nama Bandar Udara adalah Pasir Pengaraian dengan kota/lokasi Pasir Pengaraian.

“Kenyataan di lapangan, masyarakat mengetahui dan telah digunakan nama Tuanku Tambusai sebagai penyebutan nama Bandar Udara tersebut. Itu diperkuat dengan Terbitnya Surat Keputusan Bupati Rokan Hulu Nomor: Kpts 800.08/SETDA/222/2019 tentang Penetapan Perubahan Nama Bandar Udara Pasir Pengaraian menjadi Bandar Udara Tuanku Tambusai, pada tanggal 14 Februari 2019,” jelasnya

Dengan sudah terpenuhinya syarat-syarat sebagaimana Peraturan Menteri Perhubungan Republik Indonesia Nomor PM 39 tahun 2019 tentang Tatanan Kebandarudaraan Nasional, pada pasal 45 ayat 2 yang berbunyi : Pengusulan penetapan nama Bandar Udara dilakukan dengan melampirkan persyaratan sebagai berikut :

Surat persetujuan Gubernur, Surat persetujuan DPRD Provinsi, Surat persetujuan Bupati/ Walikota, Surat Persetujuan DPRD Kabupaten/Kota, Surat persetujuan masyarakat adat setempat (jika ada), Surat persetujuan atas penggunaan nama yang bersangkutan atau ahli waris dalam hal nama Bandar Udara menggunakan nama tokoh dan atau nama pahlawan setempat.

Selain itu, surat persetujuan dari pengelola nandar Udara apabila bandar udara tersebut telah dioperasikan, Bukti publikasi usulan perubahan nama Bandar Udara melalui Media Cetak atau Media Elektronik. 

Surat pernyataan bahwa tidak ada pernyataan keberatan dari masyarakat atau lembaga/organisasi masyarakat setelah dilakukan publikasi usulan perubahan nama Bandar Udara melalui media cetak dan/atau media elektronik terkait usulan perubahan nama Bandar Udara.

Latar belakang atas penggunaan nama bandar Udara. Surat pernyataan bersedia menanggung keberatan atau gugatan dari pihak lain atas usulan perubahan nama Bandar Udara. Surat pernyataan bahwa tidak ada melakukan perubahan terhadap nama bandar udara dimaksud dalam jangka waktu 20 tahun, sejak perubahan nama bandar udara tersebut ditetapkan.

Dikatakan Bupati Sukiman, atas dasar itu Pemerintah Kabupaten Rohul mengusulkan perubahan nama Bandar Udara Pasir Pangaraian (berdasarkan peraturan Menteri Perhubungan nomor PM 39 tahun 2019) menjadi Bandar Udara Tuanku Tambusai dengan lokasi di Kabupaten Rohul.

Untuk diketahui sejarah singkat Perjuangan Tuanku Tambusai yang diusulkan menjadi nama Bandara Rokan Hulu, yang merupakan salah satu anggota Harimau Nan Salapan, Tuanku Tambusai lahir dengan nama Muhammad Saleh di Dalu-Dalu, Nagari Tambusai, Rokan Hulu, Riau pada tanggal 5 November tahun 1784.

Ayahnya berasal dari Nagari Rambah dan merupakan seorang guru agama Islam. Ibu Tuanku Tambusai berasal dari Nagari Tambusai yang bersuku Kandang Kopuh.

Pada tahun 1832, Tuanku Tambusai dipercaya memegang komando dalam Perang Paderi. Perjuangannya dimulai di daerah Rokan Hulu dan sekitarnya. Tuanku Tambusai tidak saja menghadapi Belanda, tetapi juga sekaligus pasukan Raja Gedombang (Rigent Mandailing) dan Tumenggung Kartoredjo yang yang berpihak kepada Belanda. Oleh Belanda Tuanku Tambusai di Gelari “De Padrische Tijger van Rokan” (Harimau Paderi dari Rokan).

Tuanku Tambusai meninggal dunia pada 12 November 1882 di Negeri Sembilan, Malaysia. Atas jasa-jasanya pada negara memimpin Padri 183, Tuanku Tambusai dianugerahi gelar Pahlawan Nasional berdasarkan SK Presiden Republik Indonesia Nomor. 071/TK/Tahun 1995 tanggal 7 Agustus 1995.

Dengan menggunakan nama Pahlawan memiliki makna dan spirit sebagai bentuk penghormatan dan memberikan pelajaran bagi generasi muda untuk meneladani spirit perjuangannya. Bahwa Tuanku Tambusai merupakan seorang Pahlawan Nasional yang berasal dari Kabupaten Rohul, sehingga perlu diabadikan pada nama Bandar Udara yang ada di Rohul.

Penulis : Feri Hendrawan
Editor : Fauzia


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)

BERITA TERKAIT    
Sekda Abdul Haris, Camat Keprnuhan, bersama personel TNI- Polri, memantau rumah warga yang rusak akibat diterjang angin puting beliung.Pemkab Rohul Berupaya Bantu Korban Angin Puting Beliung di Kepenuhan
Sekda Rohul Abdul Haris, Kadisdikpora Ibnu Ulya, ikuti Vidcon di Kantor Dinas Kominfo Rohul, program "Sekolah Penggerak" digagas Kemendikbud RI.
Pemkab Rohul Siap Dukung Sekolah Penggerak yang Digagas Mendikbud RI
Ketua Komite SMPN I Rambah Agusturi Daulay, dan Kades Koto Tinggi Asmi Jumairi.Komite Sekolah Berharap Pemkab Rohul Bangun 13 Ruangan SMPN I Rambah Pasca Terbakar
Sekda Rohul H Abdul Haris, dan pejabat Forkompinda ikuti Rakor secara virtual dengan Forkompinda Riau dan Bupati/Walikota se Riau, dipimpin Wakil Gubernur Riau.Rakor dengan Wagubri, Pemkab Rohul Siap Laksanakan Vaksinasi Covid-19
Kadiskominfo Drs.Yusmar.M.SiPemkab Rohul Gencar Sosialisasikan Vaksinasi Covid- 19
  Pemkab Rohul ajukan 3 Rancangan Ranperda ke DPRD Rohul melalui Rapat Paripurna DPRD.Pemkab Rohul Ajukan 3 Ranperda, Dua di Antaranya Berpotensi Tingkatkan PAD
Sekda Abdul Haris memimpin rakor lintas sektor membahas pelaksanaan vaksinasi Covid-19 bersama pejabat Forkompimda dan OPD terkait.
Pemkab Rakor Lintas Sektor, Maksimalkan Persiapan Vaksinasi Covid 19 di Rohul
Bupati Sukiman hadiri Sidang Senat Terbuka Wisuda Sarjana Program Studi PAI Angkatan XII dan Program Studi Ahwal Syakhsiyah Angkatan II, STAI Tuanku Tambusai, Senin (11/1/2021). Foto ISTDukung Program STAI, Bupati Sukiman Komit Wujudkan SDM Cerdas Berkualitas
Jalan Tol Pekabaru- SumbarTerkait Usulan Pintu Tol di Rohul, Pemkab Sampaikan Data Justek ke Pemprov Riau
Bupati Rohul, SukimanBupati Sukiman Ingatkan Seluruh ASN Disiplin dan Tertib Kelola Administrasi

BERITA LAINNYA    
Kapolri Jenderal Listyo Sigit PrabowoKapolri Minta Babinsa dan Bhabinkamtibmas Terus Jaga Kondusifitas Papua
Bupati Bupati Kepulauan Meranti, H Muhammad AdilPemborosan Anggaran, H Adil Akan Rampingkan OPD dan Singkirkan Ratusan Pejabat Struktural
IlustrasiKemenkes: Tarif Maksimal Pelayanan Vaksinasi Gotong Royong Segera Ditetapkan
Hadirkan Kemudahan Akses Internet Selama #DiRumahAja
IlustrasiRiau Sumbang 69, Ini Sebaran 8.232 Kasus Baru COVID-19 Hari Ini
  Petugas Satpol PP Kota Pekanbaru, Jumat (26/2) pagi, tertibkan pedagang kaki limaSatpol PP Tertibkan PKL di Dua Lokasi
Honda JazzHatchback Mulai Bangkit, Honda Jazz Jadi Paling Laris
IlustrasiMakin Menggunung, Utang Pemerintah RI Kini Tembus Rp 6.233 Triliun
intJelang Chelsea Vs MU: Setan Merah Jangan Remehkan The Blues
Polda Riau Sosialisasikan Tilang ElektronikPolda Riau Sosialisasikan Tilang Elektronik ke Hakim PN Pekanbaru
Komentar Anda :

 
 
 
 
Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
     
Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
    © 2010-2021 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved