www.halloriau.com
BREAKING NEWS :
Mahasiswa KKN Universitas Andalas Bagikan Masker Gratis di Simpang Garoga Duri
Otonomi
Pekanbaru | Dumai | Inhu | Kuansing | Inhil | Kampar | Pelalawan | Rohul | Bengkalis | Siak | Rohil | Meranti
 
Pemkab dan KPU Rohul Siap Geser dan Tambah Anggaran Pilkada 2020
Sabtu, 06 Juni 2020 - 13:23:55 WIB
Bupati Sukiman, bersama KPU, Bawaslu dan instansi terkait vicon dengan Mendagri terkait persiapan peaksanaan Pilkada Rohul 2020.
Bupati Sukiman, bersama KPU, Bawaslu dan instansi terkait vicon dengan Mendagri terkait persiapan peaksanaan Pilkada Rohul 2020.

PASIR PANGARAIAN - Bupati Rokan Hulu (Rohul),  H Sukiman, ikuti Rapat Koordinasi persiapan pelaksanaan Pilkada Serentak tahun 2020 melalui Video Conference (Vicon) dengan Mendagri, Menkopolhukam, DKPP, KPU, Bawaslu, Gubernur Riau, Bupati dan Wali Kota yang daerahnya akan melangsungkan Pilkada Serentak.

Dalam Rakor melalui Vicon, membahas kesiapan pelaksanaan Pilkada di sembilan Provinsi dan 270 Kabupaten/Kota, termasuk Kabupaten Rohul. Vicon dipusatkan di Pendopo Rumah dinas Bupati, diikuti Bupati Sukiman, Ketua KPU Rohul Elfedri, Ketua Bawaslu Rohul Fajrul Islami Damsir SH MH, Sekda Rohul H. Abdul Haris S.Sos M.Si, Kadis Kominfo Rohul Drs Yusmar M.Si dan Kepala OPD lainnya.

Mendagri Tito Karnavian saat Vicon menjelaskan, hasil Rapat Dengar Pendapat (RDP) 27 Mei 2020 bersama Komisi II DPR RI dan penyelenggara Pemilu, sudah menyepakati pemungutan suara Pilkada Serentak dilaksanakan 9 Desember 2020. 

Mendagri juga menjelaskan, alasan Pilkada serentak akan digelar 9 Desember 2020, karena tidak ada yang dapat menjamin berakhirnya pandemi COVID-19 di tanah air. KPU diminta optimistis menggelar Pilkada serentak 9 Desember 2020 dan membuat protokol standar COVID-19. KPU juga diminta mulai menjalankan tahapan Pilkada selanjutnya pada tanggal 15 Juni 2020.

Usai Vicon, Bupati Sukiman menyatakan, Pemkab siap mendukung KPU Rohul dan penyelenggaraan Pilkada untuk menyukseskan penyelenggaraan Pilkada Serentak pada 9 Desember 2020.

“Kita semua sudah dapat penjelasan langsung dari Mendagri, Kemenkopolhukam dan KPU, bahwa pelaksanaan Pilkada di seluruh kabupaten/Kota sudah pasti dilaksanakan 9 Desember 2020. Karena menunggu berhentinya COVID 19 tidak ada yang bisa menjamin, makanya tetap dilaksanakan dengan pertimbangan-pertimbangan strategis oleh Pemerintah Pusat,” jelas Bupati Sukiman.

Bupati Sukiman menambahkan, Pemkab Rohul siap mendukung suksesnya penyelenggaraan Pilkada Serentak pada 9 Desember 2020. Meski alokasi penyesuaian Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) sudah ada, kedepannya akan dibahas bersama KPU Rohul terkait pergeseran anggaran karena Pilkada 2020 dengan mematuhi Protokol Kesehatan

“Pelaksanaan Pilkada dengan Protokol Kesehatan tetap diatur, seperti kampannye tidak boleh di lapangan dengan mendatangkan artis Ibu Kota lagi, jaga jarak, memakai masker dan lainnya,” ucapnya

Terkait kesiapan anggaran, Pemkab Rohul siap jika nantinya ada penambahan dan pengurangan akan dirapatkan dengan KPU Rohul. “Kita upayakan anggarannya maksimal dari kita sendiri namun demikain manakala kekurangan, kita laporkan ke Pemerintaah Pusat,” kata Sukiman

Kata Bupati lagi, Pemkab hakeketnya akan berupaya keras untuk mengupayakan melalui APBD sendiri, karena anggaran untuk Pilkada sudah ada, baik untuk KPU, Bawaslu, Keamanan dan lainnya.

"Tapi ada perubahan dan pergeseran karena Pilkada dengan Protokol COVID 19, mungkin kalau ada perubahan besok kita lihat, kita harapkan betul tidak ada masalah,” ucap Sukiman.

Ketua KPU Rohul Elfedri mengatakan, karena Pilkada serentak dengan menerapkan Protokol Kesehatan, pihaknya akan melakukan penghitungan ulang kebutuhan Pilkada lanjutan 2020 ini sesuai standar Kesehatan Penanggulanagan Penularan Covid-19.

“Penghitungan ulang dalam artian 2 hal, pertama kita lakukan efisiensi dalam bentuk pergeseran teknis pelaksanaan tahapan yang tidak sesuai dengan COVID-19. Contoh sosialisasi tatap muka, dana perjalanan dinas dalam rangka Bimtek, kemudian terkait perubahan tata cara kampanye, dana-dana itu yang bisa kita lakukan pergeseran nantinya,” jelas Elfedri.

Kemudian, pada penghitunngan ulang nantinya akan berkaitan dengan APD bagi penyelenggara sampai tingkat bawah termasuk penyesuaian peralatan yang dibutuhkan seperti alat coblos. Kemudian hasil perhitungan ulang itu akan diupayakan sesuai perintah Mendagri.

“Pergeseran anggaran nantinya akan kita koordinasikan dengan Pemda terkait kesiapan Pemda terhadap penambahan anggaran tersebut. Hari ini kita sudah penyusunan finalisasi, sebetulnya kita sudah mencoba menyusun tapi belum final, hari ini kita susun lagi bikin RAB. Baru besok akan kita kordinasikan dan kita bicarakan kesiapan dengan Pemda Rohul untuk mengkuti pilkada lanjutan ini,” kata Elfedri menambahkan.

Walaupun sudah ada NPHD Rp28,5 miliar, menurut hasil kalkulasi KPU Rohul akan terjadi penambahan anggaran, penambahan itu disebabkan beberapa hal seperti pengadaan APD baik itu berupa baju hazmat, pelindung wajah, sarung tangan, masker, hand sanitizer, disinfektan sabun cuci beserta peralatan lainnya.

“Penyebab terjadinya penambahan anggaran, adanya penambahan TPS dimana anggaran sebelumnya asumsi TPS kita maksimal 800 pemilih per TPS, jumlah TPS kita diangka 895,” ujarnya.

“Dengan hasil kesepakatan KPU RI dengan Mendagri dan DPR kemarin (3/6/2020) maksimal TPS 500, tentu ini menjadi penambahan TPS, yang berakibat pada penambahan tenaga AD Hok dan semua peralatan pendukung lainya,” pungkasnya. (Adv/Pemkab Rokan Hulu)


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)

BERITA LAINNYA    
Mahasiswa KKN Universitas Andalas Bagikan Masker Gratis di Simpang Garoga Duri
IlustrasiBus Vaksinasi Keliling Dihentikan Sementara, Warga Pekanbaru Diminta Suntik Vaksin di Lokasi Ini
Ketum PBNU KH Said Aqil SiradjSaid Aqil: Ada Kiai yang Suuzan Vaksinasi Itu Pembantaian Massal
IlustrasiKasus Kematian Covid-19 di Indonesia Tembus 80 Ribu
Kapolres Bengkalis AKBP Hendra Gunawan saat meninjau penerapan PPKM Mikro di Desa Teluk Pambang Tambah 30 Orang, Total Warga Pambang Positif Covid 52 Orang
  Polres Dumai Bagikan Paket Bansos Kepada PKL Terdampak Pandemi Covid-19Polres Dumai Bagikan Paket Bansos Kepada PKL Terdampak Pandemi Covid-19
Menko Marves Luhut Binsar PandjaitanKasus Kematian Tinggi di 4 Provinsi Ini, Luhut Minta Laporkan Penyebabnya
Kadiskes Riau Mimi Yuliani NazirPekanbaru Berlakukan PPKM Level 4: WFH 100% hingga Semua Tempat Makan Wajib Tutup
Kadiskes Riau Mimi Yuliani NazirPecah Rekor 1.008 Kasus, Pekanbaru Berlakukan PPKM Level 4 Mulai 28 Juli
IlustrasiSeleksi CPNS Pemprov Riau Diperpanjang
Komentar Anda :

 
Potret Lensa
Balai PPW Riau Monev Program Pamsimas dan IPAL Pesantren di Bengkalis
 
 
Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
     
Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
    © 2010-2021 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved