www.halloriau.com
BREAKING NEWS :
Menkes Budi Gunadi: Masyarakat dan Pemerintah Harus Kerja Keras Tekan Laju Covid
Otonomi
Pekanbaru | Dumai | Inhu | Kuansing | Inhil | Kampar | Pelalawan | Rohul | Bengkalis | Siak | Rohil | Meranti
 
Cuma Miliki 4 Unit, Rohul Masih Butuh 4 Unit Mobil Damkar Lagi
Minggu, 22 Maret 2020 - 12:07:06 WIB
Petugas pemadam kebakaran, saat membantu padamkan api yang bakar rumah warga serta lakukan latihan gabungan beberapa waktu lalu.
Petugas pemadam kebakaran, saat membantu padamkan api yang bakar rumah warga serta lakukan latihan gabungan beberapa waktu lalu.

PASIR PANGARAIAN - Sejak Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) berdiri hingga kini, Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran (Satpol PP dan Damkar) Rohul cuma memiliki 4 unit mobil pemadam kebakaran (Damkar),  padahal Rohul memiliki 16 Kecamatan.

Kepala Satpol PP dan Damkar Rohul Ridarmato, Minggu (22/3/2020) mengakui, memang dari jumlah 4 unit mobil damkar yang mereka miliki tidak mampu menjangkau seluruh wilayah Rohul bila terjadi kebakaran, baik rumah warga maupun bencana kebakaran hutan dan lahan.

"Kalau melihat dari kebutuhan dan pelayanan ke masyarakat, kita butuh 4 unit mobil damkar lagi. Karena 4 unit yang ada kini, 2 unit kita letakan di Pasir Pangaraian, 1 di Ujung Batu dan 1 di Kunto Darussalam. Apalagi selain menangani kebakaran rumah warga kita juga dilibatkan dalam tim pencegahan karhuta sehingga butuh penambahan armada damkar lagi," kata Ridarmanto.

Ridarmanto mengakui, untuk pengadaan mobil damkar 1 unitnya cukup mahal, yakni mencapai Rp1,8 miliar untuk sejenis damkar Cold Di sel 6000 liter.

"Upaya peningkatan pelayanan kita ke masyarakat, tahun 2020 ini kita tidak ada ajukan beli mobil damkar, namun kita usulkan pengadaa pompa suplay air untuk 4 unit. Alhamdulillah usulan kita diakomodir," sebut Ridarmanto.

Ridarmanto mengakui, bila kedepannya pengadaan 4 unit mobil damkar bisa direaliasasikan, maka pihaknya akan membuka posko damkar di Tambusai - Tambusai Utara  dengan menempatkan 1unit mobil damkar, kemudian di  Kepenuhan 1 unit, Rokan IV Koto - Pengendalian IV Koto 1 unit, dan tandun- kabun 1 unit.

"Sejak Rohul berdiri kita belum ada penambahan armada damkar, cuma ada 4 unit yang kita miliki saat ini, sehingga belum maksimal melayani masyarakat apalagi wilayah kita luas hingga 16 kecamatan," ucap Ridarmanto.

Kata Ridarmanto, pihaknya yang dilibatkan juga dalam tim pencegahan Karhutla, rencananya juga akan membentuk tim khusus Karhutla terdiri dari 1 peleton (31 personel). Nantinya tim khusus pencegahan karhutla itu stand by dan diterjunkan bila ada karhutla. Personel itu natinya direkrut dari personel Satpol PP dan mereka akan diberikan pelatihan pencegahan dan penanggulangan karhutla.

Penulis : Feri Hendrawan
Editor : Fauzia


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)

BERITA TERKAIT    
ARP (18) tewas setelah tertabrak mobil pemadam kebakaran.Detik-detik Seorang Remaja di Pekanbaru Tewas Setelah Terjatuh dan Tertabrak Mobil Damkar
Plt Kepala Satpol PP Kota Pekanbaru, Burhan GurningRazia Pelanggaran Prokes, Satpol PP Pekanbaru Jaring 51 Warga
IlustrasiTak Ada Prestasi Dikelola Pihak Ketiga, Legislatif Minta Sampah Dikelola Kecamatan
  IlustrasiPerubahan Data Warga Pekanbaru Terdampak Pemekaran Kecamatan Belum Bisa Dilakukan
Kasatpol PP Dumai, RH Bambang Wardoyo saat memimpin sosialisasi ProkesAngka Covid-19 di Dumai Masih Tinggi, Satpol PP Giatkan Penegakan Prokes
Plt Kepala BPBD Kabupaten Pelalawan, Abubakar FEAntisipasi Banjir di Pelalawan, BPBD Pantau Lokasi Rawan Banjir Dua Kecamatan Ini

BERITA LAINNYA    
Menteri Kesehatan atau Menkes Budi Gunadi SadikinMenkes Budi Gunadi: Masyarakat dan Pemerintah Harus Kerja Keras Tekan Laju Covid
IlustrasiSudah Ditetapkan, 4 Daerah di Riau Usulkan Pelantikan Bupati dan Walikota Terpilih
Kepala Bareskrim Komjen Pol Listyo Sigit PrabowoHari Ini, Jokowi Lantik Listyo Sigit Sebagai Kapolri
  ilustrasiRamalan Zodiak Keuangan 27 Januari 2021, Gemini Dapat Rezeki Nomplok, Scorpio Batasi Pengeluaran
Anggota KPU Provinsi Riau, Firdaus SH (paling kiri) mengikuti sidang pemeriksaan pendahuluan MK secara Daring di Gedung Grand Mercure Jakarta. 
KPU Riau Dampingi 5 Daerah di Persidangan MK
Camat Dumai Timur, Zulfahren secara simbolis menyerahkan bantuan Pertamina RU II Dumai kepada Yustanto ketua MPA Kelurahan Tanjung Palas.
Mitigasi Bencana Karhutla, Pertamina Dumai Latih dan Bantu MPA Tanjung Palas
Komentar Anda :

 
 
 
Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
     
Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
    © 2010-2021 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved