Meranti
Pemkab Rohil | DPRD Rohil
 
+ INDEX BERITA

14:27 - DPC Partai Demokrat Rohul ...
13:16 - Bupati Rohul Ajak Semua El...
11:38 - Jumlah ODP COVID-19 di Roh...
19:32 - Tim Gabungan Semprot Disin...
06:08 - Virus Corona, Kemenag Samp...
18:22 - Kades Pematang Berangan Be...
09:52 - PT EDI Buat Kebijakan Anti...
07:53 - Polres Rohul Libatkan 44 P...
21:17 - Diskominfo Rohul Nyatakan ...
21:12 - Bentuk Kepedulian Pemkab R...
18:37 - Tim Gugus Covid-19 Corona ...
17:47 - Stop Keluarkan Izin Kerama...
16:08 - Kakan Kemenag Pantau 478 J...
08:48 - Vidcon dengan Gubri, Sekda...
21:57 - Cegah Penyebaran Corona, D...
15:01 - Gunakan Pengeras Suara, Po...
13:39 - Zainil Awaliyah Butuh Dana...
12:07 - Cuma Miliki 4 Unit, Rohul ...
10:56 - Bupati Sukiman Minta Semua...
20:35 - Bupati Sukiman dan Ketua T...
16:55 - 110 Warga Rohul Masuk Dala...
14:52 - Intruksi Bupati, Diskes Se...
18:02 - Layanan Berkunjung Lapas K...
17:22 - Cegah Corona, Polres Rohul...
19:56 - Antisipasi COVID19, Diskes...
09:06 - Wujudkan Ekonomi Terintegr...
15:01 - Dongkrak Pertumbuhan Ekono...
10:00 - Pengurus Karang Taruna Des...
08:37 - Walau Ada Corona, Kunjunga...
16:17 - Bupati Rohul Janji Bantu P...
12:30 - DPMPD Rohul Masih Proses P...
10:41 - 17- 31 Maret, Disdikpora R...
16:26 - Polres Rohul Lakukan Pemer...
15:30 - Pra Mubes Adat Desa Rambah...
22:12 - PT EDI Taja Apel Siaga K3 ...
21:41 - Kejari Rohul Kebut Fasilit...
17:13 - Peringati Harla Desa Sunga...
16:18 - Nasib 99 Calon Pegawai Pem...
15:13 - Selalu Dirusak Truk Over T...
12:04 - Cegah Corona, TNI-POLRI di...
07:14 - Idealnya 40, Inspektur Ins...
20:10 - Bupati Rohul Tutup Open Tu...
17:32 - Di HUT ke-61, Bupati Sukim...
17:20 - Bermuara Renja Pemkab Tahu...
18:07 - Setelah Dapat SK Gubri, Se...
17:45 - SKB CPNS Rohul Diperkiraka...
16:56 - Bupati Sukiman Resmikan Un...
17:41 - TNI-POLRI dan Satgas Satri...
15:52 - Dukung Zero Hotspot, Bupat...
14:49 - Kantor ATR/BPN Teken MoU d...
18:14 - Bupati Rohul Nyatakan Perb...
16:00 - BPS Rohul Sensus Penduduk ...
15:39 - Fantastis, Ketua Majelis K...
15:09 - Satpol PP Rohul Amankan Or...
12:40 - Dihadiri Bupati Rohul, Dis...
11:54 - Pemkab Rohul Komit Bangun ...
09:46 - Menara MAIC Rohul Jadi Tem...
17:35 - Pemkab Rohul Serahkan SKRK...
16:10 - Bupati Sukiman Hadiri Peng...
15:01 - Bantu Pencegahan DBD, PT S...
 
Pra Mubes Adat Desa Rambah Hilir, Sekda Rohul Apresiasi Datuk Adat Gali Adat Leluhur
Senin, 16/03/2020 - 15:30:56 WIB
Sekda Abdul Haris, menyerahkan secara simbolis SK RW dan RT kepada Kepala Desa Rambah Hilir, sekaligus BPJS Ketenagakerjaan bagi Datuk Adat LAD Rambah Hilir, saat pra Mubes LKA Rambah Hilir.
Sekda Abdul Haris, menyerahkan secara simbolis SK RW dan RT kepada Kepala Desa Rambah Hilir, sekaligus BPJS Ketenagakerjaan bagi Datuk Adat LAD Rambah Hilir, saat pra Mubes LKA Rambah Hilir.
TERKAIT:
 
 

RAMBAH HILIR - Saat pelaksanaan Musyawarah Besar (Mubes) Lembaga Kerapatan Adat (LKA) Desa Rambah Hilir Kecamatan Rambah Hilir, Sekda Rohul H Abdul Haris beri apresiasi kepada para datuk adat dalam menggali adat leluhur.

Kegiatan dipusatkan di los Pasar Rambah Hilir, Minggu (15/3/2020) sore, dihadiri Camat Rambah Hilir Adi Irawan, Anggota DPRD Rohul dari Fraksi PKS Rusli SAg, Kades se Rambah Hilir, dan juga dihadiri Datuk-datuk Adat di Rambah Hilir.

Ketua Panitia pra Mubes LKA Rambah Hilir, Normal Gelar Datuk Imam Montori menyampaikan, tema dari pra Mubes adalah peran dan fungsi adat untuk anak kemenakan. Bertujuan menghadapi musyawarah adat Kecamatan Rambah Hilir di Desa Rambah Hilir. Hal itu guna menyatukan pendapat mengenai adat istiadat yang berlaku di Rambah Hilir yang mana nanti hasilnya dapat digunakan anak kemenakan.

"Berharap, kepada LKA Rambah Hilir agar para pemangku adat dapat menyosialisaikan tunjuk larang ke sekolah sekolah paling tidak tingkat SLTP, agar mereka mengetahui peraturan tunjuk larang adat yang ada di KecamatannRambah Hilir," kata Ima Montori.

Hasil Mubes sementara LAD Rambah Hilir yang disampaikan Husri Gelar Datuk Kerani Sutan, pertama masalah Perkawinan yanga mana Mahar tidak ditentukan adat melainkan ditentukan oleh pasangan pengantin. Dengan alasan mahar pernikahan hak mutlak istri, kemudian apabila terjadi pernikahan se suku, datuk adat yang bersangkutan tidak akan ikut serta dalam acara dimulai dari pernikahan atau perceraian, pencukuran rambut anaknya, dan khitanan anaknya.

Selanjutnya, apabila terjadi pernikahan tanpa sepengetahuan datuk adat, maka datuk adat tidak bertanggung jawab terhadap permasalahan di dalam rumah tangga mereka, dan apabila pihak perempuan yang tidak mampu, maka dibolehkan tidak memakai adat akan tetapi dilarang memakai hiburan keyboard.

"Sebaliknya bagi kaum yang mampu dalam pelaksanaan pernikahan diharuskan memakai adat, apabila tidak memakai adat maka dilarang menggunakan hiburan keyboard. Selanjutnya acara pernikahan pemakai adat dan menggunakan hiburan dibolehkan hanya di siang hari,  posisi duduk memangku adat didalam pelarasan diantaranya pucuk suku, sukong pucuk, dan datuk adat sesuai urutan suku," ungkap  Husri Gelar Datuk Kerani Sutan.

Selain itu, apabila menerima urang sumondo, kaum yang punya acara memberikan nasi rantang ke datuk adat diwaktu pagi hari acara, payung pengantin baik laki laki maupun perempuan berwarna hitam dengan catatan harus ada perbedaan dari payung biasanya. Lalu warna bodak bolimau minimal tiga warna, warna hitam untuk pemangku adat, warna kuning untuk pemerintahan, dan warna putih untuk ulama, namun boleh ditambah dengan warna merah untuk hulu balang dan warna hijau untuk umum. Sedangkan posisi gantung cincin pengantin kembali seperti adat yang lama.

Kedua, diatur perceraian, datuk adat kedua belah pihak bertanggung jawab dan serius dalam menanggapi permasalahan itu sebagaimana waktu penyelesaian acara pernikahan, serta apabila terjadi pembagian harta gono gini di atas Rp150 juta maka yang bersangkutan mengeluarkan 3 persen untuk ninik mamak kedua belah pihak dan sidang kerapatan adat.

Ke tiga, masuk Suku yang mana orang luar Kecamatan Rambah Hilir ingin masuk suku harus memotong seekor kambing dijamukan ke suku yang dimasuki dan undangan lainnya. Jika sudah memiliki suku tidak dibenarkan masuk suku lain lagi hanya perlu menempati sukunya saja, dan jika orang Rambah Hilir nikah se suku maka tidak dibolehkan dilaksanakan secara adat, dan jija pindak induk maka orang tersebut harus diantar oleh datuk adatnya, ketentuan tersebut hanya untuk suku Andiko ( suku nan sombilan).

Untuk yang ke empat, keluar Suku yang mana jika keluar suku maka harus menjamu masyarakat sekampung dengan memotong seekor kambing, jika keluar suku untuk pernikahan sesuku maka pihak perempuan harus keluar suku dan harus menjamu masyarakat satu kampung dengan memotong 1 ekor kambing yang disediakan, dan pihak laki laki menanggung beras 4 kaleng.

Kelima, hukun Salah Malah dan yang keemam Salah Malah Dalam Perselisihan yang segala sesuatunya sudah ditetapkan LAD Rambah Hilir.

Romi Juliandra, SE Gelar Datuk Bijak Pukaso Selaku Kades Rambah Hilir menegaskan,bahwa segala usulan peraturan adat yang telah disampaikan semuanya baik dan harus dipergunakan dan ditaati. Sehingga tidak ada lagi yang perlu dipermasalahkan, hanya tinggal perlu penguatan di LKA Kecamatan.

Kades juga berharap pembangunan drainase dan jembatan gantung penghubung antara desa rambah Hilir dengan lainnya.

Sekda H.Abdul Haris sebelum sambutan, diminta menyerahkan secara simbolis SK RW dan RT Desa Rambah Hilir, sekaligus BPJS Ketenagakerjaan bagi Datuk Adat LAD Rambah Hilir.

Abdul Haris dalam sambutannya menyampaikan, bahwa segala sesuatu yang dilakukan seharusnya kita kembali ke peraturan adat. Dan Segala yang ditetapkan tadi dibuatkan perdesnya, guna memperkuat peraturan adat.

"Kegiatan pra mubes ini sangat luar biasa, dan merupakan hal yang positif dimana datuk adat maupun pucuk suku disini menggali kembali kebiasaan yang dilakukan oleh leluhur kita dulu. Itu dmulai dari kehidupan sehari hari dan pelaksanaan kegiatan dimasyarakat seluruhnya diatur dengan mengikuti ketentuan adat," ungkap Sekda.

"Sehingga masyarakat dikehidupan sehari hari bisa terara. Ssebab ada yang mengarahkan dan adapula yang mengingatkan, apabila terjadi permasalahan maka masyarakat sudah mengetahui kemana harus menyampaikan permasalahan tersebut dan menyelesaikannya. Tentu hal ini sangat kita apresiasi," ucap Abdul Haris.

Menanggapi permohonan Kades Rambah Hilir,  Sekda mengatakan bahwa saat ini memang pembangunan di desa memang sedang digalakkan termasuk di desa Rambah Hilir. Beberapa waktu lalu sudah dibangun jalan aspal dan bahu jalannya, tentu kemudian ada lagi permohonan lain berupa drainase dan jembatan gantung yang mana sudah tinjau.

"Memang hal ini sangat dibutuhkan oleh masyarakat, saat ini sudah dibuatkan perencanaannya, hal ini dilakukan secara bertahap sesuai dengan kemampuan keuangan daerah kita," sebut Sekda lagi.

"Untuk pembangunannya dimulai dari anggaran tahun mendatang, kita akan terus membangun namun mana yang bisa diakomodir dari permohonan dan akan berkembang disaat penyusunan anggaran seeta dilihat dari skala prioritas," ungkap Sekda. (Adv/Pemkab Rokan Hulu)

Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)

 
Berita Lainnya :
  • Cegah Corona, DPW FPI Kepulauan Meranti Semprot Disinfectant di Masjid dan Musala
  • Satu Lagi PDP Virus Corona di Dumai Meninggal Dunia
  • Gedung Islamic Center Jadi Wadah TKI dari Malaysia yang Pulang ke Inhil
  • Riau Sudah Terima Rapid Test, Diutamakan untuk Tenaga Medis dan ODP
  • Wabah Covid-19 Memprihatinkan, GMPR Bagi-bagi Sembako dan Ajak Pekerja Informal Pulang ke Rumah
  •  
    Komentar Anda :

     
    Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
    Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
    DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
         
    Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
        © 2010-2020 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved