Meranti
Pemkab Rohil | DPRD Rohil
 
+ INDEX BERITA

09:29 - Gara-gara Covid-19, Lapas ...
20:52 - Kabupaten Rohul Perkuat Po...
17:14 - Bupati Dukung Dinas Perkim...
06:11 - Pakai Dana Pribadi, Kades ...
20:16 - Perkembangan COVID-19 di R...
19:32 - Jika Pilkada Ditunda, KPUD...
16:12 - Soal Karantina Wilayah, Bu...
21:43 - Usir Penyebaran COVID 19, ...
18:34 - Bupati Rohul dan Tim Gabun...
18:21 - DPC AWI Rohul Bantu Sembak...
21:26 - Vicon dengan Gubri, Bupati...
20:44 - Jubir COVID-19 Akui ODP da...
19:42 - Bulog Sebut Stok Beras di ...
17:10 - Kapolres AKBP Dasmin Ginti...
15:54 - Kakan Kemenag Rohul Ungkap...
06:14 - PLN ULP Pasir Pangaraian P...
21:05 - Anggota DPR Achmad Gandeng...
20:10 - Pemkab Rohul Masih Hitung ...
17:24 - Warga Positif Nihil, OPD d...
14:27 - DPC Partai Demokrat Rohul ...
13:16 - Bupati Rohul Ajak Semua El...
11:38 - Jumlah ODP COVID-19 di Roh...
19:32 - Tim Gabungan Semprot Disin...
06:08 - Virus Corona, Kemenag Samp...
18:22 - Kades Pematang Berangan Be...
09:52 - PT EDI Buat Kebijakan Anti...
07:53 - Polres Rohul Libatkan 44 P...
21:17 - Diskominfo Rohul Nyatakan ...
21:12 - Bentuk Kepedulian Pemkab R...
18:37 - Tim Gugus Covid-19 Corona ...
17:47 - Stop Keluarkan Izin Kerama...
16:08 - Kakan Kemenag Pantau 478 J...
08:48 - Vidcon dengan Gubri, Sekda...
21:57 - Cegah Penyebaran Corona, D...
15:01 - Gunakan Pengeras Suara, Po...
13:39 - Zainil Awaliyah Butuh Dana...
12:07 - Cuma Miliki 4 Unit, Rohul ...
10:56 - Bupati Sukiman Minta Semua...
20:35 - Bupati Sukiman dan Ketua T...
16:55 - 110 Warga Rohul Masuk Dala...
14:52 - Intruksi Bupati, Diskes Se...
18:02 - Layanan Berkunjung Lapas K...
17:22 - Cegah Corona, Polres Rohul...
19:56 - Antisipasi COVID19, Diskes...
09:06 - Wujudkan Ekonomi Terintegr...
15:01 - Dongkrak Pertumbuhan Ekono...
10:00 - Pengurus Karang Taruna Des...
08:37 - Walau Ada Corona, Kunjunga...
16:17 - Bupati Rohul Janji Bantu P...
12:30 - DPMPD Rohul Masih Proses P...
10:41 - 17- 31 Maret, Disdikpora R...
16:26 - Polres Rohul Lakukan Pemer...
15:30 - Pra Mubes Adat Desa Rambah...
22:12 - PT EDI Taja Apel Siaga K3 ...
21:41 - Kejari Rohul Kebut Fasilit...
17:13 - Peringati Harla Desa Sunga...
16:18 - Nasib 99 Calon Pegawai Pem...
15:13 - Selalu Dirusak Truk Over T...
12:04 - Cegah Corona, TNI-POLRI di...
07:14 - Idealnya 40, Inspektur Ins...
 
Literasi dan FTBM Taja Diskusi Awal Tahun 2020 Bersama Sekda Abdul Haris
Minggu, 12/01/2020 - 10:33:06 WIB
Sekda H Abdul Haris, foto bersama usai pelaksanaan Peran Startegis Komunitas Literasi Dalam Pembangunan Daerah Kabupaten Rohul, saat Diskusi awal tahun 2020 ditaja Literasi dan FTBM Rohul.
Sekda H Abdul Haris, foto bersama usai pelaksanaan Peran Startegis Komunitas Literasi Dalam Pembangunan Daerah Kabupaten Rohul, saat Diskusi awal tahun 2020 ditaja Literasi dan FTBM Rohul.
TERKAIT:
 
 

PASIR PANGARAIAN - Literasi dan Forum Taman Baca Masyarakat (FTBM) Rokan Hulu (Rohul), taja diskusi awal tahun 2020 bersama Sekeretaris Daerah Rohul H Abdul Haris SSos, MSi, dengan tema "Peran Startegis Komunitas Literasi Dalam Pembangunan Daerah Kabupaten Rokan Hulu".

Acara tersebut digelar di Rumah Dinas (Rumdis) Sekda Rohul, Jalan Veteran Kelurahan Pasirpengaraian, Kecamatan Rambah, Jumat (10/1/2020) malam.

Di kegiatan itu, menghadirkan narasumber I yakni Sekda Rohul Abul Haris, narasumber II Yusro Fadli selaku Presiden Pegiat Literasi Rohul, narasumber III Nirma Herlina C.Ht, M.Pd Ketua Forum Taman Baca Masyarakat (FTBM) Rohul.

Selaku moderator Nuh, dan dihadiri Sekretaris Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinsos P3A) H Damri Poti, perwakilan Dinas Perpustakaan dan Arsip Hardison, dan juga Ketua Dharma Wanita Persatuan Rohul Hj.Neti Herawati.

Peserta diskusi dari Unri, UPP, Ketua STKIP Rokania DR Desmelati, dari SMP N 1 Rambah, TBM Awan, PKBM Zakiyah, SMA Muhamadiah, Komunitas Mendongeng, Komunikasi Pembaca, Komunitas Penulis Puisi dan Pembaca Buku dan lainnya yang hadir.

Dalam pemaparannya, nasasumber III Nirma Herlina saat ini Ketua FTBM Rohul, dengan singkat menceritakan terbentuknya Literasi Kabupaten Rohul, saat adanya lomba mewarnai. Sehingga saat itu terbentuk Literasi di Rohul  pertama dipimpinnya dengan gelar "Ratu", yang dilanjutkan Yusro Fadli terpilih menjadi Presiden Literasi Kabupaten Rohul.

Lanjut Nirma, atas doa dan kerja keras tanpa mengenal lelah Leterasi sudah melaksanakan berbagai kegiatan dan hingga sekarang ini sudah banyak yang sudah menjadi relawan, tujuan untuk mengedukasi anak-anak, remaja, pemuda dan dewasa, orang tua, dalam meningkatkan peran mereka, giat membaca, menulis buku, puisi, sejarah, mendongeng serta peningkatan Sumber Daya Manusiannya.

"Di Rohul sudah mendapat donasi buku gratis dari Gramedia Pekanbaru di 14 taman baca. Untuk itu kami berharap juga ada yang bisa mendonasi buku layak baca untuk anak dari Pemkab Rohul kedepannya," katanya.

Dijelaskannya, saat ini Literasi Rohul perkembangannya sangat luar biasa, di antarannya selain sudah terbentuk beberapa Forum Taman Baca Masyarakat, juga sudah membuka Lapak Baca di Taman Kota Pesirpengaraian, pelatihan mendongeng, serta menulis buku dan puisi.

"Di setiap kegiatan kita di FTBM, para penggiat yang membawa buku bacaannya masing-masing, dengan tidak menyewakan kepada peminat yang datang untuk membaca," tuturnya.

"Kami berharap, bisa mengambil bagian dan bersinergi di Pemkab Rohul kedepan, sesuai peran Literasi, seperti di sekolah, kegiatan PKK dan lainnya sesuai moto Pemkab Rokan Hulu membangun Desa Menata Kota," sebutnya.

Presiden Literasi Rohul Yusro Fadli mengatakan, pegiat Literasi menjadi sebuah wadah untuk memberikan semangat dan mengedukasi, bukan hanya sekedar membaca, tetapi juga aplikasi dari nilai-nilai positif dari apa yang dibaca serta melalui program yang dilaksanakan.

"Termasuk kedepannya, Literasi Rohul akan menelusuri, menulis di buku sejarah Kabupaten Rohul, berapa desa, kecamatan, tentang sungai yang ada, budayanya, pariwisatanya serta lainnya yang bisa memajukan Kabupaten Rohul serta peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) dan Sumber Daya Alam, (SDA) dan lainnya," tutur Yusro Fadli dan diharapkan kedepan setiap orang adalah guru kepada siapapun.

Yusro Fadli mantan Kades Lubuk Bendahara itu, mengatakan di Rohul, kekurangan ruang diskusi. Sehingga bersama pegiat Literasi sudah merencanakan acara di setiap malam minggu kedepan, dengan nama acara "Rokan Hulu On Stay" di areal Pematang Baih. 

"Kami berharap diberikan izin dan dukungan dari Pemkab Rohul," ucapnya.

Di acara itu urainya, nanti akan dibuka ruang diskusi, bagaimana pengembangan minat baca, mendongeng, menulis buku dan puisi,  serta bagaimana perkembangan untuk kemajuan Rokan Hulu kedepannya, hingga acaranya bisa sampai ke kecamatan dan desa se Rokan Hulu..

Sikapi acara yang ditaja Literasi dan FTBM Rohul, Sekda Abdul Haris sangat mendukung, karena kegiatannya sangat membantu program pemerintah dalam rangka peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) melalui membaca buku. 

"Karena buku merupakan jendela dunia, sumber ilmu pengetahuan. Dengan membaca, kita akan tahu segalanya dan minat baca mesti ditumbuhkan sejak dini. Generasi muda merupakan modal utama pembangunan," kata Sekda Rohul.

Tambah Abdul Haris, dari Program Dinas Perpustakaan dan Arsip kedepannya bisa bersinergi dengan saling mendukung, karena kegiatannya sangat bagus dan positif menyentuh langsung kepada masyarakat. 

Di Dipersip Rohul tambah Sekda Abdul Haris, ada beberapa program yang sedang dilaksanakan, seperti perpustakaan berjalan untuk minat baca buku menggunakan mobil dan program lainnya kedepan akan ditingkatkan lagi, juga di kantor desa sudah disediakan jaringan Wi-Fi untuk bisa dimanfaatkan masyarakat membaca melalui Android nya.

"Kapanpun ada acara Literasi dan FTBM Rohul, seperti rencana di areal Pematang Baih, silahkan, Pemkab Rohul tetap mendukung falitas juga sudah disediakan. Saya akan tetap datang bersama Bapak Bupati. Sehingga melalui kegiatan Literasi dan FTBM ini, mari kita memberikan yang terbaik bersama-sama untuk kemajuan Kabupaten Rohul yang sama-sama kita cintai ini kedepannya," harap Sekda. (Adv/Pemkab Rokan Hulu)


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)

 
Berita Lainnya :
  • Imbas Corona, Unri Perpanjang Jadwal Pendaftaran PBUD dan PBM 2020
  • Penyebab Tingkat Okupansi Hotel di Riau Anjlok Sejak Corona Mewabah
  • Gara-gara Covid-19, Lapas Klas II B Pasir Pangaraian Bebaskan 109 Napi
  • Pemuda Garut PDP Corona yang Sempat Kabur dari Rumah Sakit Akhirnya Meninggal Dunia
  • Masih Ingat Syekh Puji? Kini Dipolisikan karena Diduga Nikahi Bocah 7 Tahun
  •  
    Komentar Anda :

     
    Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
    Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
    DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
         
    Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
        © 2010-2020 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved