Meranti
Pemkab Rohil | DPRD Rohil
 
+ INDEX BERITA

20:49 - Sungai Batang Lubuh Meluap...
18:05 - TNI-Polri, Kadis TPH dan C...
15:22 - Tingkatkan Disiplin, Polre...
07:38 - 27 Kepsek di Rohul Diduga ...
22:05 - Instruksi Sekda, BPBJ Rohu...
07:35 - Bupati Sukiman Hadiri SAKI...
06:05 - DPRD Rohul Galar Paripurna...
19:26 - Tingkatkan Kesejahteraan G...
07:57 - Kapolres Rohul Bantu Warg...
22:05 - Akses Jalan ke Dusun Sei B...
17:51 - Jalan Lintas Rohul-Duri Ma...
14:33 - Perusahaan Perkebunan di R...
18:05 - Personel Polsek Rambah Sam...
20:50 - Balum Kantongi IMB dari Di...
18:00 - Bupati Sukiman Tegaskan Pe...
15:38 - Akhir Februari, 17 Unit Ru...
16:18 - Diduga Akibat Korsleting L...
15:58 - Kapolres Kunker ke Kunto d...
15:09 - Ustadz Sauqi akan Isi Tabl...
14:52 - Hasil SKD CPNS Rohul Diumu...
19:15 - Satpol PP Rohul Tertibkan ...
17:07 - Dukung Zahra di LIDA, Bupa...
16:14 - 610 Warga Kurang Mampu di ...
15:12 - Dibuka Presiden Jokowi, Bu...
18:09 - Kapolres Rohul dan Persone...
17:50 - Antisipasi Karhutla, Polse...
16:09 - Hadiri Milad ke-2 Paguyuba...
09:13 - Sikapi Jalan Provinsi Rusa...
06:04 - Bakal Direvitalisasi Melal...
16:59 - Pengurus DPD JBMI Rohul Pe...
05:59 - Diduga Turunkan Baleho Bac...
21:02 - Warga Tiga Desa Aksi ke Ka...
18:16 - Dilantik Sekretaris MPW PP...
17:15 - Upika dan Masyarakat Kabun...
15:48 - Tangani Kerusakan Jalan Li...
15:31 - Gedung DPRD Mangkrak, Dina...
22:16 - Sepanjang Januari 2020, 10...
18:05 - Rocky Gerung Dipastikan Ja...
17:26 - Bupati Sukiman Hadiri Gera...
16:25 - Warga: Gubernur dan Wakil ...
22:05 - Warga RTB Rambah Dambakan ...
21:47 - PUPR Rohul Siapkan Anggara...
21:17 - Kajari Rohul Gelar Konsoli...
19:30 - Sekda, Kapolres dan Ormas ...
18:04 - Upika Rokan IV Koto dan Pe...
17:07 - Puluhan Peserta Gagal Ikut...
14:55 - Pisah Sambut, Jabatan Kaja...
14:22 - Raih SHU Tertinggi se-Rohu...
20:03 - BKPP Rohul Simulasi CAT SK...
14:47 - Bupati Sukiman Hadiri MPTB...
14:12 - Bupati Sukiman Resmikan da...
12:59 - Pasca Banjir Akhir Tahun 2...
21:13 - Sekda Rohul Buka Kegiatan ...
17:56 - Kapolres Rohul Pimpin Patr...
16:21 - BUMDesa Usaha Makmur Desa ...
15:56 - Pupuk Kebersamaan, DWP Roh...
20:21 - Terkait Sengketa Lahan, Ko...
20:02 - HUT ke-39, Bupati Rohul I...
16:25 - DPRD Rohul Minta PT Pertam...
16:03 - Belajar Sistem Pengelolaan...
 
Literasi dan FTBM Taja Diskusi Awal Tahun 2020 Bersama Sekda Abdul Haris
Minggu, 12/01/2020 - 10:33:06 WIB
Sekda H Abdul Haris, foto bersama usai pelaksanaan Peran Startegis Komunitas Literasi Dalam Pembangunan Daerah Kabupaten Rohul, saat Diskusi awal tahun 2020 ditaja Literasi dan FTBM Rohul.
Sekda H Abdul Haris, foto bersama usai pelaksanaan Peran Startegis Komunitas Literasi Dalam Pembangunan Daerah Kabupaten Rohul, saat Diskusi awal tahun 2020 ditaja Literasi dan FTBM Rohul.
TERKAIT:
 
 

PASIR PANGARAIAN - Literasi dan Forum Taman Baca Masyarakat (FTBM) Rokan Hulu (Rohul), taja diskusi awal tahun 2020 bersama Sekeretaris Daerah Rohul H Abdul Haris SSos, MSi, dengan tema "Peran Startegis Komunitas Literasi Dalam Pembangunan Daerah Kabupaten Rokan Hulu".

Acara tersebut digelar di Rumah Dinas (Rumdis) Sekda Rohul, Jalan Veteran Kelurahan Pasirpengaraian, Kecamatan Rambah, Jumat (10/1/2020) malam.

Di kegiatan itu, menghadirkan narasumber I yakni Sekda Rohul Abul Haris, narasumber II Yusro Fadli selaku Presiden Pegiat Literasi Rohul, narasumber III Nirma Herlina C.Ht, M.Pd Ketua Forum Taman Baca Masyarakat (FTBM) Rohul.

Selaku moderator Nuh, dan dihadiri Sekretaris Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinsos P3A) H Damri Poti, perwakilan Dinas Perpustakaan dan Arsip Hardison, dan juga Ketua Dharma Wanita Persatuan Rohul Hj.Neti Herawati.

Peserta diskusi dari Unri, UPP, Ketua STKIP Rokania DR Desmelati, dari SMP N 1 Rambah, TBM Awan, PKBM Zakiyah, SMA Muhamadiah, Komunitas Mendongeng, Komunikasi Pembaca, Komunitas Penulis Puisi dan Pembaca Buku dan lainnya yang hadir.

Dalam pemaparannya, nasasumber III Nirma Herlina saat ini Ketua FTBM Rohul, dengan singkat menceritakan terbentuknya Literasi Kabupaten Rohul, saat adanya lomba mewarnai. Sehingga saat itu terbentuk Literasi di Rohul  pertama dipimpinnya dengan gelar "Ratu", yang dilanjutkan Yusro Fadli terpilih menjadi Presiden Literasi Kabupaten Rohul.

Lanjut Nirma, atas doa dan kerja keras tanpa mengenal lelah Leterasi sudah melaksanakan berbagai kegiatan dan hingga sekarang ini sudah banyak yang sudah menjadi relawan, tujuan untuk mengedukasi anak-anak, remaja, pemuda dan dewasa, orang tua, dalam meningkatkan peran mereka, giat membaca, menulis buku, puisi, sejarah, mendongeng serta peningkatan Sumber Daya Manusiannya.

"Di Rohul sudah mendapat donasi buku gratis dari Gramedia Pekanbaru di 14 taman baca. Untuk itu kami berharap juga ada yang bisa mendonasi buku layak baca untuk anak dari Pemkab Rohul kedepannya," katanya.

Dijelaskannya, saat ini Literasi Rohul perkembangannya sangat luar biasa, di antarannya selain sudah terbentuk beberapa Forum Taman Baca Masyarakat, juga sudah membuka Lapak Baca di Taman Kota Pesirpengaraian, pelatihan mendongeng, serta menulis buku dan puisi.

"Di setiap kegiatan kita di FTBM, para penggiat yang membawa buku bacaannya masing-masing, dengan tidak menyewakan kepada peminat yang datang untuk membaca," tuturnya.

"Kami berharap, bisa mengambil bagian dan bersinergi di Pemkab Rohul kedepan, sesuai peran Literasi, seperti di sekolah, kegiatan PKK dan lainnya sesuai moto Pemkab Rokan Hulu membangun Desa Menata Kota," sebutnya.

Presiden Literasi Rohul Yusro Fadli mengatakan, pegiat Literasi menjadi sebuah wadah untuk memberikan semangat dan mengedukasi, bukan hanya sekedar membaca, tetapi juga aplikasi dari nilai-nilai positif dari apa yang dibaca serta melalui program yang dilaksanakan.

"Termasuk kedepannya, Literasi Rohul akan menelusuri, menulis di buku sejarah Kabupaten Rohul, berapa desa, kecamatan, tentang sungai yang ada, budayanya, pariwisatanya serta lainnya yang bisa memajukan Kabupaten Rohul serta peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) dan Sumber Daya Alam, (SDA) dan lainnya," tutur Yusro Fadli dan diharapkan kedepan setiap orang adalah guru kepada siapapun.

Yusro Fadli mantan Kades Lubuk Bendahara itu, mengatakan di Rohul, kekurangan ruang diskusi. Sehingga bersama pegiat Literasi sudah merencanakan acara di setiap malam minggu kedepan, dengan nama acara "Rokan Hulu On Stay" di areal Pematang Baih. 

"Kami berharap diberikan izin dan dukungan dari Pemkab Rohul," ucapnya.

Di acara itu urainya, nanti akan dibuka ruang diskusi, bagaimana pengembangan minat baca, mendongeng, menulis buku dan puisi,  serta bagaimana perkembangan untuk kemajuan Rokan Hulu kedepannya, hingga acaranya bisa sampai ke kecamatan dan desa se Rokan Hulu..

Sikapi acara yang ditaja Literasi dan FTBM Rohul, Sekda Abdul Haris sangat mendukung, karena kegiatannya sangat membantu program pemerintah dalam rangka peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) melalui membaca buku. 

"Karena buku merupakan jendela dunia, sumber ilmu pengetahuan. Dengan membaca, kita akan tahu segalanya dan minat baca mesti ditumbuhkan sejak dini. Generasi muda merupakan modal utama pembangunan," kata Sekda Rohul.

Tambah Abdul Haris, dari Program Dinas Perpustakaan dan Arsip kedepannya bisa bersinergi dengan saling mendukung, karena kegiatannya sangat bagus dan positif menyentuh langsung kepada masyarakat. 

Di Dipersip Rohul tambah Sekda Abdul Haris, ada beberapa program yang sedang dilaksanakan, seperti perpustakaan berjalan untuk minat baca buku menggunakan mobil dan program lainnya kedepan akan ditingkatkan lagi, juga di kantor desa sudah disediakan jaringan Wi-Fi untuk bisa dimanfaatkan masyarakat membaca melalui Android nya.

"Kapanpun ada acara Literasi dan FTBM Rohul, seperti rencana di areal Pematang Baih, silahkan, Pemkab Rohul tetap mendukung falitas juga sudah disediakan. Saya akan tetap datang bersama Bapak Bupati. Sehingga melalui kegiatan Literasi dan FTBM ini, mari kita memberikan yang terbaik bersama-sama untuk kemajuan Kabupaten Rohul yang sama-sama kita cintai ini kedepannya," harap Sekda. (Adv/Pemkab Rokan Hulu)


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)

 
Berita Lainnya :
  • Laudya Cynthia Bella Hapus Semua Foto Suaminya di Instagram, Tak Ada yang Abadi
  • Kepulauan Meranti Jadi Kawasan Pengembangan Budidaya Kakap Putih Nasional
  • 90 Kasus Pencurian Minyak di 2019, Kapolda Riau: 85 Orang Jadi Tersangka
  • Perangi Corona, China Mobilisasi Massa Pakai Gaya Mao
  • Daerah-daerah Ini Alami Pemadaman Listrik Bergilir Hari Ini dan Besok
  •  
    Komentar Anda :

     
    Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
    Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
    DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
         
    Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
        © 2010-2019 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved