www.halloriau.com
BREAKING NEWS :
Barang Bukti Chip Higgs Domino Hilang, Polisi Sudah Kantongi Pelakunya
Otonomi
Pekanbaru | Dumai | Inhu | Kuansing | Inhil | Kampar | Pelalawan | Rohul | Bengkalis | Siak | Rohil | Meranti
 
RSUD Rohul Berharap Kenaikan Iuran Dapat Tingkatkan Layanan BPJS
Selasa, 19 November 2019 - 19:09:00 WIB
RSUD Rohul.
RSUD Rohul.

PASIR PANGARAIAN-Presiden Republik Indonesia Ir. H. Joko Widodo, resmi mengeluarkan Keputusan Presiden  (Kepres) nomor 75 Tahun 2019, atas perubahan peraturan Presiden nomor 82 Tahun 2018 tentang Jaminan Kesehatan.

Di Kepres tersebut, mulai tahun 2020 mendatang iuran BPJS kesehatan akan naik 100% di masing-masing kelasnya, kecuali untuk kelas III.

Sikapi hal itu, Direktur RSUD Rohul dr. Novil memberikan tanggapan. Dia mengaku, dirinya tak mempermasalahkan terkait kenaikan iuran tersebut dan mengganggap hal itu merupakan salah satu solusi mengatasi defisit keuangan BPJS Kesehatan saat ini.

"Kita memahami, dengan kenaikan iuran BPJS kesehatan ini terpaksa dilakukan pemerintah demi menekan defisit keuangan BPJS Kesehatan di masa sekarang maupun ke depan," kata Novil, Selasa (19/11/2019).

Namun, katanya, bukan hanya menaikan tarif, sistem penagihan iuran peserta mandiri, atau non PBI juga harus dievaluasi. Pasalnya, akar masalah dari terjadinya defisit keuangan di BPJS Kesehatan disebabkan karena belum terbangunnya sistem pengihan yang terintegrasi.

Walaupun demikian, Novil berharap, kenaikan tarif BPJS Kesehatan ini juga akan dibarengi kelancaran BPJS Kesehatan dalam pembayaran klaim kepada rumah sakit. Pasalnya, keterlambatan pembayaran klaim selama ini dirasakan sangat menganggu operasional rumah sakit.

"Kami di rumah sakit, keterlambatan pembayaran klaim ini sangat dirasakan menganggu pelayanan kami. Bahkan, karena keterlambatan pembayaran klaim BPJS tersebut, seolah kami dibenturkan dengan masyarakat," ucapnya.

Kemudian, selain kelancaran dalam pembayaran klaim, Novil juga mengharapkan kenaikan tarif BPJS kesehatan ini juga dibarengi dengan penyesuaian tarif INA-CBG’s yang selama ini menjadi acuan BPJS Kesehatan dalam pembayaran Klaim.

"Penyesuaian tarif akan sangat berdampak terhadap pelayanan rumah sakit. Karena banyak tenaga medis yang mengeluhkan standard tarif INA-CBG’s itu tidak lagi rasional di era sekarang," ungkapnya.

Ditambahkan Novil, Salah satu konsekuensi dari kenaikan tarif BPJS Ini akan berdampak terhadap eksodus besar-besaran dari Peserta BPJS Kelas II ke Kelas III. Untuk itu ia juga berharap kepada pemerintah untuk membantu RSUD dalam memperbanyak fasilitas perawatan kelas III.

"Kita harapkan pemerintah dapat membantu RSUD menyiapkan gedung RSUD Rohul yang kini tengah terbengkalai. Ini salah satu solusi menghadapi eksodus peserta BPJS ke kelas III," tegasnya.

Penulis: Feri Hendrawan
Editor : Yusni Fatimah



Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)

BERITA TERKAIT    
IlustrasiMulai Hari Ini, Iuran BPJS Kesehatan Kelas III Naik
Penyerahan penghargaan kepada Eka Hospital. Foto BayuEka Hospital Raih Penghargaan Rumah Sakit Terbaik dari BPJS Ketenagakerjaan
IlustrasiTahun Depan Iuran BPJS Kesehatan Naik Rp9.500, Berapa Jadinya?
  IlustrasiSiap-siap, Iuran BPJS Kesehatan Kelas III Naik Mulai Januari 2021
IlustrasiJaminan BPJS, Sekdaprov Riau: Pekerja Tenang, Perekonomian Aman
Penyerahan santunan kepada salah seorang relawan BWS.Relawan BWS Terima Santunan Kematian dari BPJS Ketenagakerjaan

BERITA LAINNYA    
Diduga pelaku transaksi game Higgs Domino yang diamankan beberapa waktu lalu.Barang Bukti Chip Higgs Domino Hilang, Polisi Sudah Kantongi Pelakunya
Vaksin Sinovac1.402 Orang di Riau Telah Jalani Vaksinasi
Foto bersamaProduk UMKM Riau, 430 Set Wooden Cooler Box Diekspor ke Kansas AS
  Ilustrasi547 Nakes di Pelalawan Sudah Divaksin Covid-19 Dalam Sepekan
istXL Axiata Kirim Donasi untuk Korban Banjir Batam
Salah satu kegiatan mengolah sagu di Kabupaten Kepulauan MerantiSagu Diusulkan Jadi Komoditas Tambahan Bansos Sembako di Kepulauan Meranti
Komentar Anda :

 
 
 
Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
     
Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
    © 2010-2021 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved