Meranti
Pemkab Rohil | DPRD Rohil
 
+ INDEX BERITA

17:29 - Tenti Ekasari Terpilih Seb...
17:17 - Penuhi Permintaan Masyarak...
16:41 - Optimis Menang di Tingkat ...
10:55 - Operasi Pekat Satpol PP Ro...
20:49 - Sungai Batang Lubuh Meluap...
18:05 - TNI-Polri, Kadis TPH dan C...
15:22 - Tingkatkan Disiplin, Polre...
07:38 - 27 Kepsek di Rohul Diduga ...
22:05 - Instruksi Sekda, BPBJ Rohu...
07:35 - Bupati Sukiman Hadiri SAKI...
06:05 - DPRD Rohul Galar Paripurna...
19:26 - Tingkatkan Kesejahteraan G...
07:57 - Kapolres Rohul Bantu Warg...
22:05 - Akses Jalan ke Dusun Sei B...
17:51 - Jalan Lintas Rohul-Duri Ma...
14:33 - Perusahaan Perkebunan di R...
18:05 - Personel Polsek Rambah Sam...
20:50 - Balum Kantongi IMB dari Di...
18:00 - Bupati Sukiman Tegaskan Pe...
15:38 - Akhir Februari, 17 Unit Ru...
16:18 - Diduga Akibat Korsleting L...
15:58 - Kapolres Kunker ke Kunto d...
15:09 - Ustadz Sauqi akan Isi Tabl...
14:52 - Hasil SKD CPNS Rohul Diumu...
19:15 - Satpol PP Rohul Tertibkan ...
17:07 - Dukung Zahra di LIDA, Bupa...
16:14 - 610 Warga Kurang Mampu di ...
15:12 - Dibuka Presiden Jokowi, Bu...
18:09 - Kapolres Rohul dan Persone...
17:50 - Antisipasi Karhutla, Polse...
16:09 - Hadiri Milad ke-2 Paguyuba...
09:13 - Sikapi Jalan Provinsi Rusa...
06:04 - Bakal Direvitalisasi Melal...
16:59 - Pengurus DPD JBMI Rohul Pe...
05:59 - Diduga Turunkan Baleho Bac...
21:02 - Warga Tiga Desa Aksi ke Ka...
18:16 - Dilantik Sekretaris MPW PP...
17:15 - Upika dan Masyarakat Kabun...
15:48 - Tangani Kerusakan Jalan Li...
15:31 - Gedung DPRD Mangkrak, Dina...
22:16 - Sepanjang Januari 2020, 10...
18:05 - Rocky Gerung Dipastikan Ja...
17:26 - Bupati Sukiman Hadiri Gera...
16:25 - Warga: Gubernur dan Wakil ...
22:05 - Warga RTB Rambah Dambakan ...
21:47 - PUPR Rohul Siapkan Anggara...
21:17 - Kajari Rohul Gelar Konsoli...
19:30 - Sekda, Kapolres dan Ormas ...
18:04 - Upika Rokan IV Koto dan Pe...
17:07 - Puluhan Peserta Gagal Ikut...
14:55 - Pisah Sambut, Jabatan Kaja...
14:22 - Raih SHU Tertinggi se-Rohu...
20:03 - BKPP Rohul Simulasi CAT SK...
14:47 - Bupati Sukiman Hadiri MPTB...
14:12 - Bupati Sukiman Resmikan da...
12:59 - Pasca Banjir Akhir Tahun 2...
21:13 - Sekda Rohul Buka Kegiatan ...
17:56 - Kapolres Rohul Pimpin Patr...
16:21 - BUMDesa Usaha Makmur Desa ...
15:56 - Pupuk Kebersamaan, DWP Roh...
 
Tanoto Foundation dan Smeru Teliti Stunting
Sekda Rohul Berharap Masalah Stunting Bisa Teratasi
Kamis, 25/07/2019 - 17:30:42 WIB
Sekda Rohul Abdul Haris, dapat brosur program Tanoto Foundation, didampingi Kepala Bappeda Rohul Nifzar, dan Pihak Smeru Research Institute Asep Kurniawan, di kegiatan Diseminasi Hasil Penelitian Penyusunan Peta Status Gizi Balita di Indonesia.
Sekda Rohul Abdul Haris, dapat brosur program Tanoto Foundation, didampingi Kepala Bappeda Rohul Nifzar, dan Pihak Smeru Research Institute Asep Kurniawan, di kegiatan Diseminasi Hasil Penelitian Penyusunan Peta Status Gizi Balita di Indonesia.
TERKAIT:
 
 

PASIR PANGARAIAN - Pihak Tanoto Foundation gandeng Smeru Research Institutet, lakukan penelitian permasalahan stunting, atau gangguan pertumbuhan kronis pada anak akibat kekurangan nutrisi dalam waktu lama‎ di Kabupaten Rokan Hulu (Rohul).

Kegiatan itu dikemas saat acara Diseminasi Hasil Penelitian Penyusunan Peta Status Gizi Balita di Indonesia, diprakarsai Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Rokan Hulu, di Sapadia Hotel Pasir Pangaraian, Kamis (25/7/2019).

Kegiatan dibuka Bupati diwakili Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Rohul H Abdul Haris SSos, MSi, Kepala Bappeda Rohul Nifzar, Head‎ of Hearly Childhood Education and Development Tanoto Poundation Sri Kusuma Hartini dan rombongan.

Kegiatan juga dihadiri perwakilan dari Smeru Research Institute Asep Kurniawan, perwakilan dari Universitas Riau dan Universitas Pasir Pengaraian, para Kepala Dinas dan Badan di lingkungan Pemkab Rohul, dan lainnya.

‎Sekda Rohul Abdul Haris mengatakan, sangat berterima kasih atas kehadiran pihak Tanoto Foundation, Smeru Research Institute, dan Bunda Nasional yang telah memberikan perhatian khusus ke Kabupaten Rohul dalam mengatasi permasalahan stunting.



Kata Sekda, kehadiran Tanoto Foundation dan Smeru Research Institute di Kabupaten Rohul untuk melakukan penelitian permasalahan stunting itu sangat membantu, mengingat Pemkab Rohul tidak punya sumber daya manusia (SDM) untuk penelitian dan anggaran.

Kemudian tambah Sekda, nantinya dari hasil penelitian diharapkan bisa menjadi acuan bagi Pemkab Rohul dalam menentukan langkah dan rencana-rencana strategis, dan rencana aksi dalam penanggulangan stunting ke depannya.

Dimana Penelitian dilakukan Tanoto Foundation, melalui Smeru Research Institute‎ yang merupakan sebuah lembaga penelitian independen dan terpercaya, ungkap Sekda, memakai pola small area estimation.

Dimana Pola penelitian dari skala-skala kecil mulai desa dan kecamatan, dan mengacu data yang sudah ada sebelumnya, baik mengacu data secara nasional, secara provinsi, dan secara kabupaten‎.

"Hasil penelitian itulah yang dijadikan telaah bagi peneliti, sehingga kita bisa menentukan di beberapa desa itu sebaran-sebaran terutama sebaran penyebab stunting ini," harap Abdul Haris, didampingi Kepala Bappeda Rohul Nifzar, Kamis (24/7/2019).

Sekda beharap, dari hasil penelitian dilakukan Smeru Research Institute di lapangan, membantu Pemkab Rohul dalam mengetahui langkah-langkah yang dilakukan dalam penanggulangan permasalahan stunting ini, apalagi ada sepuluh desa di daerahnya yang masuk kategori stunting.

‎Abdul Haris mengaku, upaya mengatasi permasalah stunting yang tengah dihadapi, Pemkab Rohul telah melakukan upaya-upaya sebelumnya, mulai pembenahan regulasi, menentukan data, dan lainnya, dengan melibatkan lintas sektoral.

"Mulai dari mengkampanyekan apa penyebab stunting ini melalui Dinas Kominfo. Dinas Kesehatan juga melakukan pelayanan kesehatan dengan akses yang lebih mudah dijangkau masyarakat, terutama di sekitar desa desa yang kita mendapatkan data stunting," kata Sekda.

"Juga sudah dilakukan untuk pembenahan-pembenahan lingkungan oleh OPD terkait, karena masalah lingkungan di desa-desa yang cenderung ditemukan stunting ini juga menjadi perhatian khusus bagi pemerintah daerah," tambahnya.

Abdul Haris yang pernah menjabat Kepala Dinas Sosial Rohul mengaku, Kabupaten Rohul kekurangan sumber daya manusia (SDM) khusus dan anggaran untuk penelitian stunting‎ yang dilakukan secara ilmiah dan menggunakan pola small area estimation, merupakan pola penelitian yang terstruktur baik.

‎"Makanya kita berharap dengan bantuan Tanoto, hasil ini kita tidak lagi mengeluarkan biaya dari daerah dan keterbatasan untuk SDM-nya sudah diatasi," ujarnya.

Upaya mengatasi stunting di Kabupaten Rohul, sebut Sekda, sudah beberapa pihak memberikan perhatian, baik dari Kementerian Kesehatan, Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Riau, dan Dinkes Rohul sebelumnya juga telah melakukan upaya penanggulangan stunting.

Abdul Haris berharap, bantuan dari berbagai pihak, termasuk dari Tanoto Foundation dan Smeru Research Institute, maka permasalahan stunting yang terjadi di Kabupaten Rohul segera teratasi.

Kepala Bappeda Kabupaten Rohul, Nifzar, juga berterima kasih kepada pihak Tanoto Foundation dan Smeru Research Institute yang telah membantu daerahnya untuk penelitian permasalahan stunting.

Tanoto Foundation dan lembaga Smeru Research Institute‎, jelas Nifzar, melakukan pemetaan status gizi dan penelitian stunting di 100 daerah yang masuk kategori stunting di Indonesia, salah satunya di Kabupaten Rohul.

"Rohul masuk dalam salah satu kabupaten dari 100 kabupaten di Indonesia yang masuk kategori stunting dan mendapatkan intervensi program nasional untuk menuntaskan status stunting," kata Nifzar.

"Dati hasil penelitian ini akan menjadi dokumen kita menjadi titik berangkat kita untuk menetapkan intervensi program kegiatan yang terkonsolidasi, konvergensi dengan program pusat provinsi dan kabupaten," tambahnya.

Nifzar menyatakan, cukup banyak program yang harus difokuskan oleh pemerintah, khususnya Pemkab Rokan Hulu dalam upaya penuntasan stunting, melibatkan lintas sektoral.

"Ini program nasional dan kekepedulian dari Tanoto Foundation yang menambah departemen terkait kepedulian SDM dimulai dari anak usia dini," terangnya.

Nifzar mengakui, dari hasil penelitian nanti menjadi titik berangkat bagi daerah dalam menyusun rencana aksi penuntasan stunting di desa-desa yang ada di Kabupaten Rohul ke depannya. (Adv/ Pemkab Rokan Hulu)


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)

 
Berita Lainnya :
  • Ribuan Korban di Kampar Diduga Ditipu Investasi Bodong Sapi Perah, Desak Polda Riau Beri Tindakan
  • Hallo Food, Aplikasi Lokal Karya Anak Kepulauan Meranti
  • Bupati Suyatno Hadiri Jejamu Toluk Gong Raja Bejamu
  • Hari Peduli Sampah, DLHK Riau Apresiasi Bank Sampah RAPP
  • Tenti Ekasari Terpilih Sebagai Ketua GenPI Riau, Bupati Sukiman Beri Ucapan Selamat
  •  
    Komentar Anda :

     
    Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
    Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
    DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
         
    Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
        © 2010-2019 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved