www.halloriau.com


BREAKING NEWS :
MyTelkomsel Super App dari Telkomsel Hadir dengan Fitur Lifestyle Digital
Otonomi
Pekanbaru | Dumai | Inhu | Kuansing | Inhil | Kampar | Pelalawan | Rohul | Bengkalis | Siak | Rohil | Meranti
 


Bupati Rohil Ingatkan Penghulu Tak Bisa Sembarangan Berhentikan Perangkat Desa
Sabtu, 30 September 2023 - 19:51:38 WIB

BAGANSIAPIAPI - Bupati Afrizal Sintong secara langsung memimpin apel akbar perangkat desa se-Kabupaten Rokan Hilir (Rohil). Kegiatan ini dipusatkan di lapangan MTQ Batu Enam, Bagansiapiapi, Kamis (28/9/2023).

Apel akbar perangkat desa tersebut diikuti para Datuk Penghulu, seluruh Camat dan dihadiri Sekda Rohil Fauzi Efrizal, Ketua PPDI Provinsi Riau Nina Siahaan, Asisten, para kepala OPD dan berbagai unsur lainnya. 

Dalam apel akbar itu, dilaksanakan pembacaan ikrar perangkat desa yang dilanjutkan dengan penyerahan SK nomor induk perangkat desa. Serta kartu anggota PPDI secara simbolis serta penyerahan plakat PPDI kepada Bupati Rohil selaku Pembina PPDI.

Bupati Rohil Afrizal Sintong dalam sambutannya menyampaikan ucapan selamat atas penyerahan nomor induk perangkat desa se-Indonesia dan penyerahan nomor kartu anggota PPDI Kabupaten Rohil. 

Dalam peraturan Kemendagri sebut bupati, telah mengatur tentang pengangkatan dan pemberhentian perangkat desa. Sehingga kata Bupati, dengan penyerahan nomor induk perangkat desa tersebut, menjadi acuan bagi seluruh desa dalam pengangkatan dan pemberhentian perangkat desa. 

"Siapa pun pejabat penghulu yang ditunjuk harus kita jaga bersama dan tidak boleh ada pemberhentian baik RT, RW maupun perangkat desa yang ada kecuali melakukan kesalahan yang fatal. Ini saya tekankan betul baik kepada Penghulu maupun para Pjs," kata Bupati. 

Bupati juga mengingatkan seluruh perangkat desa agar senantiasa memberikan dukungan penuh dan bekerja dengan baik dalam menjalankan roda pemerintahan di Kepenghuluan. 

Dalam kesempatan itu, Bupati juga menyampaikan bahwa saat ini sering terjadi persoalan di kepenghuluan/desa tentang pemberhentian perangkat desa saat adanya pergantian Penghulu maupun Pjs. 

"Seluruh perangkat desa yang ada, siapa pun pejabat penghulunya tidak bisa sembarangan melakukan penggantian. Lakukan koordinasi ke camat jika ada pemberhentian perangkat desa dan harus mengacu pada peraturan yang ada," tegasnya. 

Sementara itu, Ketua PPDI Provinsi Riau Nina H Siahaan menyebutkan, apel akbar tersebut diikuti sekitar 1.799 perangkat desa yang ada se-Kabupaten Rohil. 

"Hari ini juga sekaligus pembagian SK nomor induk perangkat kepenghuluan, jadi kami berharap tidak ada lagi pemberhentian sepihak oleh Kepenghuluan terhadap perangkat desa," terangnya. 

Sesuai dengan arahan bupati tambah Nina, perangkat desa merupakan bagian dari pemerintah desa. Di mana, mereka akan selalu berada di desa untuk memajukan desa tersebut. 

Untuk meraih nomor induk perangkat desa tersebut tambah Nina, butuh perjuangan panjang dan Kabupaten Rohil merupakan Kabupaten yang satu-satunya memiliki nama tersendiri yakni Kepenghuluan. 

"Tentunya kami juga memberikan apresiasi dan ucapan terimakasih kepada pak Bupati yang telah memberikan dukungan sepenuhnya," pungkasnya.

Penulis: Afrizal
Editor: Riki

   


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: [email protected]
(mohon dilampirkan data diri Anda)


BERITA LAINNYA    
Direktur Utama Telkomsel, Nugroho saat peluncuran aplikasi MyTelkomsel Super App.(foto: istimewa)MyTelkomsel Super App dari Telkomsel Hadir dengan Fitur Lifestyle Digital
Karhutla di Riau.(ilustrasi/int)Hari ini 11 Hotspot Terdeteksi di Sumatera, 1 Titik di Rohil
Pj Gubri SF Hariyanto diisukan lobi DPP PAN agar diusung maju Pilgubri.SF Hariyanto Disebut Lobi DPP untuk Dapat Dukungan, PAN Riau: Semua Bisa Mengklaim
Pasangan calon Gubernur Riau, Syamsuar (kanan) dan calon wakil Gubernur Riau, Mawardi Muhammad Saleh (kiri).Mawardi Saleh Pastikan PKS Dukung Syamsuar
Hujan ringan di Riau sore nanti.(ilustrasi/int)Cuaca Riau Hari ini: Udara Kabur dan Berawan hingga Hujan Ringan di Sore Hari
  Bakal calon Gubernur Riau, Syamsuar, saat menyerahkan formulir pendaftaran calon kepala daerah ke DPW PAN Riau bulan Mei yang lalu. (foto:rinai/halloriau)PAN Beri Sinyal Dukung Syamsuar, Hasil Survei yang Tinggi dan Koalisi Indonesia Maju Jadi Acuan
Pj Gubernur Riau, SF Hariyanto.(foto: int)Hari Ini Batas Akhir SF Hariyanto Mundur dari Pj Gubri Jika Ingin Maju Pilgub Riau 2024
Ilustrasi harga emas turun drastis Jumat ini di Pekanbaru (foto/int)Alamak, Harga Emas 1 Gram di Pekanbaru Anjlok Jumat Ini, Berikut Rinciannya
GM LAZnas PHR, Irman Budi Prasetyo menerima penghargaan Gold Award dalam Zakat Awards 2024.(foto: istimewa)Program Pendidikan LAZnas PHR Raih Predikat Gold di Ajang Zakat Awards 2024
Penyerahan secara simbolis kepada awak media.Sambut HUT Ke-79 RI, Kesbangpol Riau Bagikan Bendera Merah Putih Gratis ke Masyarakat
Komentar Anda :

 
Potret Lensa
RGE Jurnalism Workshop Perkaya Pengetahuan Wartawan
 
 
 
Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
     
Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
    © 2010-2024 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved