www.halloriau.com  
BREAKING NEWS :
Hadiri Perayaan Natal, Samuel Marpaung Ajak BKAG Riau Bangun Kolaborasi
Otonomi
Pekanbaru | Dumai | Inhu | Kuansing | Inhil | Kampar | Pelalawan | Rohul | Bengkalis | Siak | Rohil | Meranti
 
Wabup Rohil Buka Bimtek Sosialisasi Implementasi Perizinan Berusaha Berbasis Risiko
Kamis, 22 September 2022 - 13:40:44 WIB
Wabup Rohil, H Sulaiman usai membuka Bimtek UMKM yang ditaja DPMPTSP Rohil.(foto: afrizal/halloriau.com)
Wabup Rohil, H Sulaiman usai membuka Bimtek UMKM yang ditaja DPMPTSP Rohil.(foto: afrizal/halloriau.com)

BAGANSIAPIAPI - Wakil Bupati Rohil H Sulaiman SS MH membuka secara resmi Bimbingan Teknis (Bimtek) sosialisasi implementasi perizinan berusaha berbasis risiko di Hotel Armarosa, Jalan Kecamatan, Bagansiapiapi, Kamis (22/9/2022).

Kegiatan Bimtek dan sosialisasi tersebut juga tampak dihadiri Kepala DPMPTSP Rohil Cici Sulastri serta beberapa kepala OPD serta perwakilan para pelaku UMKM se-Kabupaten Rohil.

Wabup Rohil H Sulaiman dalam sambutannya mengatakan, pelaksanaan Bimtek bertujuan untuk membantu peningkatan realisasi investasi dan kepatuhan pelaku usaha dalam memenuhi ketentuan pelaksanaan penanaman modal termasuk mendapatkan kemudahan perizinan berusaha di masing-masing daerah.

Sasaran Bimtek dan sosialisasi sendiri katanya, adalah para pelaku usaha baik skala besar sampai pelaku UMKM dan diharapkan dapat mengetahui dan memahami regulasi undang-undang yang terbaru terkait proses perizinan usaha berbasis OSS serta kebijakan-kebijakan dari kementerian investasi bagi para pelaku UMKM yang ada.

"Yang ada permasalahan atau kendala dalam proses perizinan melalui DPMPTSP akan kami fasilitasi untuk menyelesaikan permasalahan tersebut sesuai dengan aturan yang ada," katanya.

Saat ini lanjutnya, pemerintah berusaha agar perekonomian khususnya di Kabupaten Rohil dapat meningkat. UMKM diharapkan bagian dari penggerak ekonomi meningkatkan penambahan tenaga kerja, mengurangi pengangguran dan profesional dalam berusaha.

Wabup menerangkan, perhatian pemerintah terhadap UMKM sudah terbukti dengan adanya BLT dan sebagainya sesuai peraturan menteri nomor 1 tahun 2022 tentang pelaksanaan kemitraan usaha besar dengan UMKM. Diharapkan para pelaku UMKM mewujudkan investasi yang inklusif tetap terjaga dengan memberdayakan UMKM.

Atas dasar-dasar inilah kegiatan Bimtek sosialisasi tersebut diadakan agar para pelaku UMKM dapat mengerti dan agar para pelaku usaha UMKM paham proses perizinan perusahaan melalui sistem OSS.

"Kami selaku pemerintah daerah atas nama Bupati Rohil sangat mendukung terselenggaranya Bimtek sosialisasi ini melalui DPMPTSP, kami akan terus memberikan fasilitasi kepada para pelaku usaha baik non UMKM dan UMKM yang nantinya investasi dan perekonomian Rohil menjadi meningkat dan sejahtera," paparnya.

Wabup menambahkan, Bimtek tersebut merupakan program dari pemerintah bagaimana UMKM yang ada di Rohil bisa di bina sehingga bergerak lebih maju. "Kami berharap dengan adanya kegiatan ini, kedepan UMKM yang ada di Kabupaten Rohil bisa bersaing dengan UMKM yang ada di luar Rohil," jelasnya.

Semua pihak kata Wabup, harus semangat dalam mengembangkan dan memajukan UMKM yang ada di Rohil. Sebab Rohil telah memiliki banyak produk UMKM dan hanya perlu pembinaan dengan memberikan pengetahuan kepada para pelaku UMKM bahwa mendirikan usaha bukan hanya sekedar untuk meniti kehidupan.

Apalagi sebutnya, Rohil sudah banyak UMKM yang muncul kepermukaan seperti daun kelar dari Bagan Batu, batik dari Panipahan, kain songket dari Kecamatan Tanah Putih dan berbagai UMKM lainnya.

"Untuk mendukung para pelaku UMKM, pemerintah daerah khususnya untuk UMKM izinnya akan dipermudah. Dengan adanya Bimtek ini kita berharap para pengusaha bisa mengetahui tentang tata cara perizinan, bagaimana proses mendapatkan kartu perizinan dan sebagainya," terangnya.

Sementara itu, Kepala DPMPTSP Riau Drs H Helmi mengapresiasi kepada Pemda Rohil yang telah menyelenggarakan Bimtek yang dilaksanakan DPMPTSP Rohil. Sebab, sesuai dengan aturan BKPM mengamanatkan pelaku usaha besar wajib membangun kemitraan dengan UMKM.

"Kemitraan itu bisa dalam bentuk bantuan modal, manejerial maupun bantuan teknologi. Sehingga kita berharap rekan-rekan kabupaten/kota mampu menindaklanjuti regulasi tersebut, karena UMKM ini merupakan hajat hidup orang banyak. Semakin tumbuh UMKM yang mapan, maka semakin tumbuh ekonomi Kabupaten Rohil," pungkasnya.

Penulis: Afrizal
Editor: Barkah

   


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)


BERITA LAINNYA    
Ketua Umum DPP GM BKAG, Samuel MarpaungHadiri Perayaan Natal, Samuel Marpaung Ajak BKAG Riau Bangun Kolaborasi
Ilustrasi.(int)Semalaman Diguyur Hujan, Pagi ini Hotspot di Riau Nihil
Ruas jalan dalam Kota Pekanbaru rute TDSi 2022 ditutup sementara besok.(foto: bayu/halloriau.com)Besok City Race Pekanbaru, Mulai Jam 9 Rute Etape III TDSi 2022 Ditutup Sementara
Peserta TDSi Etape II melintas di Jalan Hangtuah Ujung Pekanbaru.(foto: mcr)Warga Tenayan Raya Antusias Sambut Peserta TDSi 2022 di Etape II
Pemain Timnas Argentina, Lionel Messi.(foto: int)Argentina Bakal Menang Meyakinkan Hadapi Australia Dini Hari Nanti
  Ilustrasi.(int)Gemini Harus Lebih Tenang, Pisces Tegas Jangan Mau Dimanfaatkan
Ilustrasi.(int)Cuaca Pekanbaru Hari ini Cerah, Pebalap Bakal Nyaman Gowes Etape III TDSi 2022
Ilustrasi.(int)CFD Pekanbaru Tetap Digelar Sampai Jam 9, Ini Rute TDSi 2022 Etape III
Gubernur Riau, Syamsuar.(foto: mcr)Hari Bhakti ke-77 PU, Gubri: Peresmian SPAM Durolis Tunggu Menteri PUPR
Telkomsel melakukan pengembangan dan perubahan layanan MyAds yang meliputi tampilan website, article page, offdeck display banner, report & insight campaign, dan diskon khusus komunitas.(foto: istimewa)Telkomsel MyAds Hadirkan Ragam Fitur Baru untuk Pengalaman Terbaik Beriklan Digital
Komentar Anda :

 
Potret Lensa
JNE Pekanbaru bersilaturahmi ke kantor Halloriau.com
 
 
 
Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
     
Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
    © 2010-2022 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved