www.halloriau.com
BREAKING NEWS :
170 Pasien Covid-19 di Riau Sembuh, 2 Orang Meninggal Dunia
Otonomi
Pekanbaru | Dumai | Inhu | Kuansing | Inhil | Kampar | Pelalawan | Rohul | Bengkalis | Siak | Rohil | Meranti
 
Kadiskominfotik Rohil Buka Sosialisasi Pengelolaan Layanan Pengaduan Online Rakyat
Senin, 23 November 2020 - 15:13:14 WIB
Sosialisasi pengelolaan layanan aduan online rakyat.
Sosialisasi pengelolaan layanan aduan online rakyat.

 BAGANSIAPIAPI - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rokan Hilir (Rohil), melalui Diskominfotiks Bidang Informasi Komunikasi Publik (IKP) melakukan Sosialisasi Pengelohan Isu Publik, Pendapatan Umum dan Aduan Masyarakat (Pengelolaan Layanan Pengaduan Online Rakyat), Senin (23/11/2020) di salah satu hotel dikota Bagansiapiapi.

Pjs Bupati Rokan Hilir, Rudyanto dalam sambutannya yang dibacakan oleh Plt Kadiskominfotik Rohil, Hermanto SSos menyambut baik dan memberikan apresiasi kepada Dinas Komunikasi dan Informatika, Statistik dan Persandian Kabupaten Rokan Hilir, atas penyelenggaraan Sosialisasi Layanan Aplikasi Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (E-LAPOR) Tahun 2020. 

Sebagaimana diketahui bersama, bahwa perkembangan teknologi Informasi dan Komunikasi dewasa ini, yang  dibarengi dengan meningkatnya atensi dan sikap kritisnya masyarakat terhadap Penyelenggaraan Pemerintahan dan pelayanan publik, mendorong Pemerintah untuk melaksanakan Tata Kelola Pemerintahan yang lebih baik, secara efektif, efesien dan transparan.

"Guna menjawab terhadap dinamika tuntutan tersebut, Pemerintah memandang perlu untuk memberikan ruang dan saluran kepada masyarakat agar dapat berinteraksi, baik berupa penyampaian aspirasi, koreksi maupun pengaduan terkait dengan pelayanan pemerintah kepada masyarakat melalui Aplikasi Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (E_LAPOR)," kata Hermanto.

E-LAPOR adalah sebuah sarana Aspirasi dan Pengaduan berbasis media sosial yang bisa diakses dan dikembangakan dalam rangka meningkatkan partisipasi masyarakat secara interaktif untuk pengawasan program dan kinerja Pemerintah dalam melaksanakan pembangunan dan pelayanan publik.

Adapun dasar hukum dari E_LAPOR ini adalah Undang-undang Nomor 25 Tahun 2009 Tentang Pelayanan Publik, dan Peraturan Presiden No. 76 Tahun 2013 tentang pengelolaan pengaduan pelayanan publik. Serta Surat Edaran Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 04 Tahun 2016 Tentang Pengintegrasian Pengelolalaan Pengaduan Pelayanan Publik Secara Nasional Bagi Pemerintah Daerah Ke Dalam Aplikasi LAPOR- SP4N.

"Oleh karenanya diperlukan kerjasama yang serius oleh semua pihak, sehingga nantinya Aplikasi E-LAPOR ini, dapat diimplementasikan pada OPD atau unit kerja masing-masing," paparnya.

Kemudian kata Hermanto, dapat pula  memberikan informasi kepada khalayak akan adanya sarana media pengaduan secara online yang diharapkan dapat lebih menggugah kesadaran masyarakat untuk memanfaatkan media aduan bila mendapati persoalan dan permasalahan di seputar pelayanan dan penyelenggaraan Pemerintahan di Kabupaten Rokan Hilir nantinya.

"Kami sangat berharap keseriusan peserta dalam memahami tujuan dari kegiatan Sosialisasi E-LAPOR ini dengan sebaik-baiknya, agar nanti mampu mengaplikasikan E-LAPOR ini pada unit kerja masing-masing," ujarnya.

Kemudian diharapkan dapat bersinergi dalam sharing informasi kepada Diskominfo sebagai corong publikasi Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir. "Sehingga pada akhirnya diharapkan dapat membantu kelancaran publikasi pelayanan pembangunan Kabupaten Rokan Hilir ini," ungkapnya.

Hermanto menjelaskan Sosialisasi E Lapor merupakan kegiatan lanjutan yang sebelumnya direncanakan atau diprogramkan di bagian infrastruktur sekretariat daerah. "Namun dikarenakan dibentuknya ke Dinas Kominfo dan fungsi sebagai fungsi dari infrastruktur itu pindah di Kominfo," kata Hermanto.

E-Lapor merupakan aplikasi layanan pengaduan masyarakat terhadap penyelenggaraan pembangunan maupun pelayanan publik yang dilakukan oleh pemerintah kepada masyarakat.

Program ini terang Hermanto, seyogyanya belum lagi dapat diimplementasikan secara utuh, khususnya selain dari pada ibu kota kabupaten yang berada di provinsi itu yang lebih memungkinkan untuk diimplementasikan secara utuh terhadap aplikasi e-lapor.

Penulis : Afrizal
Editor : Fauzia


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)

BERITA TERKAIT    
Kalapas Eri Erawan, didampingi KPLP Parlin H Simanjuntak dan pegawai lainnya.Kalapas Pasir Pangaraian Sosialisasikan Permenkumham RI 32 dan Keamanan Blok
Suasana pelatihan SIPD di Bappeda Bengkalis.Bappeda Bengkalis Sosialisasikan SIPD ke Seluruh Desa
Kadiskominfo Drs.Yusmar.M.SiPemkab Rohul Gencar Sosialisasikan Vaksinasi Covid- 19
  Kadiskes Rohul dr Bambang
Diskes Sosialisasikan Vaksinasi Covid 19 ke Seluruh Puskesmas di Rohul
Kapolres Rohul AKBP Taufiq Lukman Nurhudayat, Kepala BP Jamsostek Ketenagakerjaan Rohul sosialisasikan program ke Primkoppol Polres Rohul.Kapolres dan BP Jamsostek Sosialisasi ke Primkoppol Rohul
 Ketua Komisi IV DPRD Bengkalis SofyanJelang Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19, Komisi IV Minta Sosialisasi Harus Terus Dilakukan

BERITA LAINNYA    
Ilustrasi170 Pasien Covid-19 di Riau Sembuh, 2 Orang Meninggal Dunia
Tokoh pemuda Pelalawan, Dwi Surya Pamungkas 
DLH Diminta Profesional Tangani Sampah di Pangkalankerinci
Selebaran yang beredar di media sosial dan aplikasi chating.IPMK2M menduga ada penyimpangan
yang melibatkan Bupati Irwan Nasir.IPMK2M Tuntut Bupati Meranti di Kasus JSR, Irwan Nasir: Sangat Tendensius dan Sarat Kepentingan
  Walikota Pekanbaru, H FirdausWako Pekanbaru: Belajar Tatap Muka Mulai Awal Februari di Zona Kuning
Ilustrasi APAR di mobil SuzukiMobil Suzuki 2021 Sudah Dilengkapi Alat Pemadam Api Ringan
Kepala Dinas Kesehatan Riau, Mimi Yuliani NazirMalam Ini, 24.640 Vaksin Covid-19 Tahap III Tiba di Riau
Komentar Anda :

 
 
 
Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
     
Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
    © 2010-2021 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved