www.halloriau.com
BREAKING NEWS :
170 Pasien Covid-19 di Riau Sembuh, 2 Orang Meninggal Dunia
Otonomi
Pekanbaru | Dumai | Inhu | Kuansing | Inhil | Kampar | Pelalawan | Rohul | Bengkalis | Siak | Rohil | Meranti
 
Gedung Eks IPDN di Rohil Jadi Alternatif Karantina Pasien Covid-19
Senin, 26 Oktober 2020 - 22:20:42 WIB
Gubri, H Syamsuar berfoto bersama Pjs Bupati Rohil, Rudyanto dan pimpinan instansi vertikal usai menggelar rakor bersama satgas penanganan Covid-19 Rohil.
Gubri, H Syamsuar berfoto bersama Pjs Bupati Rohil, Rudyanto dan pimpinan instansi vertikal usai menggelar rakor bersama satgas penanganan Covid-19 Rohil.

BAGANSIAPIAPI - Penanganan Covid-19 perlu mendapatkan perhatian yang menyeluruh, tidak hanya pada usaha untuk pencegahan namun juga pada langkah-langkah pengobatan terhadap pasien yang terpapar virus yang membahayakan tersebut. 

Tanpa adanya solusi jangka panjang untuk langkah penanganan terhadap pasien maka diyakini angka kasus yang terjadi terus meningkat dalam waktu yang relatif singkat. Seiring dengan hal itu Pemerintah Provinsi Riau menegaskan Rokan Hilir agar mengendalikan penularan Covid-19 karena kapasitas pelayanan rumah sakit masih belum memadai.

Penegasan itu disampaikan Gubernur Riau H Syamsuar, di acara Rakor satuan tugas Provinsi Riau dan Satgas Rohil penanganan Covid -19, Jumat (23/10/2020) malam di Gedung Pertemuan H. Misran Rais, Bagansiapiapi.

Menurut Syamsuar, bahwa kapasitas rumah sakit (RS) Bagansiapiapi masih kurang termasuk untuk Puskesmas sangat membutuhkan tambahan fasilitas.

Gubri juga mengatakan perlunya ketersediaan fasilitas lokasi karantina isolasi mandiri dan tempat orang tanpa gejala (OTG) pasien tergolong masih ringan.

"Saya menyimpulkan rakor ini diperlukan tersedia ruang, ICU alat vasilator agar pelayanan pasien memenuhi standar, karena jarak tempuh Bagansiapiapi cukup jauh dari Pekanbaru," katanya.

Kata Gubri lagi, saat ini rumah sakit Kota Dumai mendekati penuh, begitu pula RS Duri (Bengkalis) sehingga perlu ada tambahan fasilitas pelayan kesehatan. Gubri mengingatkan kepada tenaga medis dan satgas, kasus terbesar Covid -19 di Provinsi Riau ada di Pekanbaru. Sedangkan Rohil sudah mencapai 300.

Syamsuar berharap satgas dan medis jangan terlalu lengah dalam penanganan, artinya jangan lengah bila terjadi penambah kasus. "Jangan sempat kewalahan melayani pasien Covid -19 disebabkan oleh fasilitas masih kurang,"  ujarnya.

Sementara itu, pemerintah Rokan Hilir mengusulkan agar eks kampus IPDN di Ujung Tanjung Tanah Putih dijadikan tempat karantina pasien Covid -19.

Pjs Bupati Rohil Rudyanto mengakui usulan tersebut telah dilayangkan kepada Menteri Kesehatan Ri untuk mendapat persetujuan.

Menurut Rudyanto kondisi gedung bekas IPDN tersebut cukup layak untuk dijadikan tempat bagi pasien yang akan dirawat intensif karena terdapat cukup banyak ruang dan juga luas. Selain itu lokasi gedung juga terletak di daerah Ujung Tanjung yang bisa diakses oleh masyarakat dari seluruh kecamatan di Rohil. 

"Pemda sudah mengajukan alternatif agar eks gedung IPDN dimanfaatkan sebagai ruang isolasi atau perawatan bagi pasien," kata Rudyanto.

Penulis : Afrizal
Editor : Fauzia


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)

BERITA TERKAIT    
Juru Bicara Satgas Covid-19 Kota Dumai dr SyaipulCovid-19 Renggut 44 Nyawa Pasien di Dumai
Kadiskes Mimi Yuliani NazirIni 10 RS di Riau yang Paling Banyak Rawat Pasien Covid-19
Juru bicara Satgas Covid-19 Kota Dumai, dr Syaipul
Dumai Berduka, 1 Pasien Positif Covid-19 di Meninggal
  Satgas Covid-19 Kota Dumai dan Management Hotel Sonaview Hotel Dumai gelar keterangan Pers terkait berakhirnya kerjasama sebagai tempat isolasi pasien positif Covid-19 di Dumai.Hotel Sonaview Dumai Tidak Lagi Jadi Tempat Isolasi Pasien Covid-19
Jawalter S MPdTerkonfirmasi Covid-19 di Inhu Bertambah Jadi 1.094 Kasus
IlustrasiRiau Tambah 266 Kasus Baru Covid-19 Hari Ini

BERITA LAINNYA    
Ilustrasi170 Pasien Covid-19 di Riau Sembuh, 2 Orang Meninggal Dunia
Tokoh pemuda Pelalawan, Dwi Surya Pamungkas 
DLH Diminta Profesional Tangani Sampah di Pangkalankerinci
Selebaran yang beredar di media sosial dan aplikasi chating.IPMK2M menduga ada penyimpangan
yang melibatkan Bupati Irwan Nasir.IPMK2M Tuntut Bupati Meranti di Kasus JSR, Irwan Nasir: Sangat Tendensius dan Sarat Kepentingan
  Walikota Pekanbaru, H FirdausWako Pekanbaru: Belajar Tatap Muka Mulai Awal Februari di Zona Kuning
Ilustrasi APAR di mobil SuzukiMobil Suzuki 2021 Sudah Dilengkapi Alat Pemadam Api Ringan
Kepala Dinas Kesehatan Riau, Mimi Yuliani NazirMalam Ini, 24.640 Vaksin Covid-19 Tahap III Tiba di Riau
Komentar Anda :

 
 
 
Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
     
Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
    © 2010-2021 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved