Meranti
Pemkab Rohil | DPRD Rohil
 
+ INDEX BERITA

14:49 - Koramil Rimba Melintang Be...
14:02 - Unit Reskrim Polsek Bangko...
21:02 - Pilpeng Tahap III Rohil Ma...
13:59 - Lembaga Adat Melayu Riau K...
06:10 - Babinsa Dampingi Tim Medis...
11:51 - Rohil Kembali Terima WTP L...
15:00 - Jelang HUT Bhayangkara, Po...
13:50 - Polres Rohil Salurkan Bant...
15:34 - Babinsa dan Tim Medis Tega...
11:15 - Polsek Bangko Rohil Salurk...
11:07 - Tim Gugus Tugas Covid-19 R...
08:45 - Pemkab Rohil Terima 1000 P...
19:26 - Pengurus DPC GWI Rohil Dik...
15:19 - Penerbitan Dokumen Kependu...
18:42 - Dari 270 Kabupaten/Kota di...
14:57 - Bupati Suyatno Tinjau Loka...
20:10 - Kapolres Rohil Tabur Benih...
14:03 - Tim Gugus Tugas Covid-19 R...
13:00 - Ungkap Soal Kolor Ijo, Kap...
12:00 - Personel Koramil 05/Rimba ...
11:22 - Gagasan Kapolres Rohil, Bu...
20:39 - Alhamdulillah, PDP di Rohi...
14:56 - Bupati Rohil Buka Seminar ...
13:02 - HUT ke-74 Bhayangkara, Pol...
13:48 - Polres Rohil Bagikan Maske...
23:15 - Sukses Selesaikan Sertifik...
15:18 - Lagi, Wabup Serahkan Bantu...
10:17 - Penegakan Disiplin Protoko...
19:52 - Ritual Bakar Tongkang di R...
15:05 - Bupati Suyatno Buka Lomba ...
14:50 - Wabup Serahkan Sertifikat ...
15:30 - Gunakan Pompong, Bupati Su...
15:10 - Akibat Covid-19, Kegiatan ...
15:18 - Sambut HUT Bhayangkara dan...
09:59 - Polres Rohil Kembali Salur...
21:11 - Hasil Swab Satu PDP Rohil ...
15:31 - Tenda Posko Siaga Covid-19...
15:24 - Bupati Suyatno Kembali Tin...
14:41 - Sesuai Peraturan Pemerinta...
13:22 - Kemenag Rohil Sosialisasik...
17:53 - Banyak yang Mudik, ODP di ...
14:54 - Perkim Rohil akan Bangun R...
13:38 - Babinsa Rimba Melintang Be...
12:57 - Antisipasi Penyebaran Covi...
13:05 - Hari Pertama Idul Fitri, J...
15:13 - Masing-masing Dapat Rp700....
15:56 - KONI Rohil Bagikan Masker ...
17:35 - PWI Rohil Apresiasi Dukung...
16:53 - Asisten II Setdakab Rohil ...
16:07 - Pantauan Pasar Jelang Leba...
 
Pembangunan Insfraruktur di Rohil Merata
Minggu, 03 Januari 2020 - 11:06:20 WIB
Bupati Suyatno
Bupati Suyatno
TERKAIT:

BAGANSIAPIAPI - Pembangunan insfraruktur dikabupaten rokan hilir merata disetiap kecamatan. Hal ini dilakukan dalam rangka meningkatkan perekonomian agar masyarakat sejahtera dan makmur. Baru baru ini, Bupati Suyatno meresmikan jalan karya bakti, kepenghuluan panipahan darat dan jembatan penghubung kepenghuluan darat dengan kepenghuluan teluk pulai dengan panjangnya lebih kurang 303 kilo.

"Jalan itu dibangun berkat dari masyarakat, begitu mendapatkan informasi tersebut saya bersama dengan Komandan Kodim 0321 Rohil langsung berkoordinasi terkait akan langsung melakukan pembangunan yang rusak dikarenakan kondisi alam bencana.

"Itu makanya saya panggil dinas teknis coba cek lapangan kalau benar kondisi alam bencana kita secepatnya lakukan pembangunan, karena ini bencana alam kita koordinasi juga bersama pak Dandim," kata Suyatno.

Menurut orang nomor satu di Rohil ini, terkait dengan jalan yang baru dibangun tersebut sudah mirip dengan jalan nasional meskipun dibangun ditengah pemukiman masyarakat desa kepenghuluan. "ini sudah semacam jalan nasional, kenapa begitu, ini saya lihat sudah pakai les kuning ini," ujar Suyatno dengan logat bercandanya.

PUPR Dan Perusahaan Diminta Menindaklanjuti Kerusakan Jalan Lintas Kubu

Kendati di sibukkan dengan kegiatan kegiatan Rakornas Partai PDIP dijakarta, Bupati Rohil, H Suyatno tetap senantiasa mengikuti perkembangan yang terjadi didaerah, seperti masalah infrastruktur jalan lintas kubu yang saat ini mengalami kerusakan.

Kerusakan jalan lintas itu diakibatkan tingginya curah hujan beberapa waktu belakangan ini yang membuat ruas jalan lintas tersebut mengalami kerusakan. Akibatnya menimbulkan dampak sosial lainnya bagi masyarakat seperti langkanya pasokan bahan kebutuhan pokok dan beberapa kebutuhan lainnya.

Menanggapi hal itu, Bupati Suyatno langsung memerintahkan instansi terkait untuk segera menindaklanjuti kondisi jalan tersebut dengan langkah awal meminta bantuan perusahaan yang beroperasi dikecamatan untuk membantu kelancaran transportasi dengan menurunkan alat berat pada titik yang parah. Selain dari pada itu, Dinas terkait juga diminta mempersiapkan perbaikan awal jalan tersebut.

Alat berat perusahaan yang telah di standby kan dilokasi tersebut berupaya membantu kelancaran transportasi sambil menunggu persiapan yang dilakukan oleh instansi terkait seperti Dinas PUPR Kabupaten Rokan Hilir.

Terpisah, Kadis PUPR rohil, Jon Syafrindow menyampaikan bahwa Alat berat sudah stand by dilokasi, dan kami sudah action, pekerjaan ini tidak bisa serta merta langsung kita kerjakan, kami mesti cari material yang pas dulu, yg nota bene material di Rohil ini tidak ada ready stock, harus diambil ke luar kota. "Alhamdulilah material sudah sampai dan mulai dikerjakan hari ini juga," Katanya.

Bupati Suyatno juga menyampaikan terimakasih kepada masyarakat yang melaporkan keluhan ini secara langsung maupun melalui media sosial. Peran serta masyarakat kita butuhkan untuk kepedulian kita bersama untuk kabupaten kita lebih baik.

Ia juga mengharapkan agar kita semua bijak dalam menggunakan medsos agar tak menjadi salah tafsir di masyarakat. Kubu sebagai salah satu kecamatan tertua di Rokan Hilir adalah bagian kita semua, dan saya bersama sama DPRD yang berasal dari dapil tersebut tetap berusaha memperjuangkan pembangunan ruas jalan lintas ini dan Insyaallah 2020 ini kegiatan tersebut dilaksanakan.

Di era digital ini semua apa yang dilakukan Pemerintah Daerah bisa di pantau dan monitor, contoh apakah proyek pembangunan jalan tersebut telah masuk pada anggaran atau tidak. Dan harapan kita semua pada 2021 nanti tak ada lagi ruas jalan utama di semua daerah Rokan Hilir yang rusak, ini prioritas Pemerintah Kabupaten yang sudah berjalan beberapa tahun ini. Anggaran dari Pusat, Provinsi Riau dan Kabupaten Rokan Hilir kita selaraskan agar semua titik di kecamatan kecamatan lainnya menjadi perhatian.

Kasubbag Komunikasi Pimpinan Bagian Protokol setda rohil, Hasnul Yamin SE menambahkan, banyaknya isu isu yang berkembang dimasyarakat tanpa di cek dulu kebenarannya akan membuat stigma negatif dan menyesatkan. Ini kita harapkan kebijakan dan kearifan semua pihak, Kita juga harus menghargai perjuangan Pemerintah Daerah bersama wakil kita di DPRD Kabupaten maupun Provinsi yang terus menerus mengupayakan ini demi masyarakat.

Peran serta kita semua sebutnya sangat diperlukan termasuk masyarakat agar semuanya bisa berjalan sesuai rencana, Apalagi infrastruktur menjadi prioritas Pemerintah Daerah saat ini agar bisa meningkatkan perekonomian masyarakat termasuk didalamnya Jalan lintas ujung tanjung, Pujud, Kubu, Pesisir Pedamaran serta Sinaboi Dumai melalui kolaborasi Anggaran Pusat, Provinsi Riau dan Kabupaten Rokan Hilir," Pungkasnya.

Bangun Pustu Dilabuhan Tangga Kecil

Jika tidak ada aral melintang, Pemerintah kabupaten (pemkab) akan membangun Puskesmas Pembantu (Pustu) di kepenghuluan labuhan tangga kecil, kecamatan Bangko. Hal ini dilakukan dalam rangka meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

"Sudah kita programkan pembangunan pustu baru tahun ini dengan anggaran sebesar Rp500 juta. Pustu yang lama sudah kurang layak digunakan, selain lokasinya kecil bangunannya juga menutupi salah satu sekolah dasar (SD)," Kata Bupati Rohil, H Suyatno AMp usai membuka turnamen gasing, baru-baru ini didaerah itu.

Pembangunan pustu baru sebutnya dipusatkan di depan kantor penghulu labuhan tangga kecil. "Lokasinya persis didepan kantor penghulu, karena dinilai sangat strategis dalam upaya memudahkan masyarakat mendapatkan pelayanan kesehatan," Katanya.

Sementara itu, lokasi pembangunan pustu yang sebelumnya sebagai tempat Sarana olahraga gasing akan kita pindahkan ke jalan parit endang. "Lapangan gasing kedepannya dipusatkan di parit endang, karena lapangan yang lama akan dibangun Pustu baru," Pungkasnya. (zal)



Tinjau Pembangunan Jalan Poros Pekaitan

Bupati H Suyatno meninjau pembangunan jalan di Kecamatan Pekaitan. Bupati menyapa operator alat berat yang sedang bekerja. "Saya blusukan ke kampung-kampung sambil memantau progres penimbunan jalan yamg ada di Kecamatan Pekaitan ini," kata Bupati.

Diterangkan Suyatno bahwa pemerataan pembangunan terus dilakukan salah satunya adalah Jalan Poros Pekaitan yang sudah dimulai pembangunam pada tahun 2019 dengan Dana Alokasi Kusus (DAK) senilai Rp16 Miliar dan kembali dilanjutkan tahun 2020 ini.

Dengan dibangunnya Jalan ini tentu saja mempermudah akses masyarakat sehingga diyakini bisa meningkatkan ekonomi masyarakat Pekaitan dan secara umum Rohil. "Jadi Pekaitan ini salah satu akses dari Bangko Pusako atau dari Kubu menuju Bagansiapiapi keluar ke Jembatan Pedamaran I dan II menuju Ibukota Bagansiapiapi," jelas Bupati.

Bupati berharap masyarakat terus mendukung upaya pemkab Rohil secara bertahap melakukan berbagai sektor terutama sekror jalan dan jembatan yang memang terus digencarkan Suyatno dan Jamiluddin untuk masyarakat Rohil.

Pembangunan Harus Mengacu Dengan Kondisi Daerah

Bupati Rokan Hilir (Rohil) H Suyatno AMp mengingatkan kebijakan pembangunan infrastruktur yang ada di daerah harus dapat disesuaikan dengan kondisi yang ada. Artinya tidak bisa disamakan antar setiap daerah mengingat kontur tanah, geogratif dan tantantangan alam yang ada berbeda-beda.

"Seperti di Panipahan ini, merupakan daerah yang sebagiannya terkena abrasi, makanya harus diperhatikan," kata bupati belum lama ini.

Ia menerangkan, ada beberapa program pembangunan yang sudah dilaksanakan pemerintah daerah namun akhirnya terpaksa tidak bisa dimanfaatkan dengan baik karena rusak lebih cepat dari waktunya.

Bupati menyebutkan contohnya, ada jembatan yang cepat rusak, begitu juga ada pembangunan Rumah Layak Huni (RLH) yang tidak bisa ditempati lagi karena tanah untuk pondasi bangunan terkikis habis sehingga hanya sebagian dari tiang rumah yang memiliki tapak.


"Saya sudah melihat langsung kondisi RLH yang ada, terkena abrasi. RLH tersebut tidak bisa ditempati lagi, makanya kedepan untuk pembangunan di daerah Palika ini harus direncanakan dengan baik, artinya tidak bisa disamakan dengan daerah daratan mengingat ada abrasinya. Abrasi ini memang terdapat di sejumlah daerah di Rohil begitu juga di kabupaten pun sama khususnya di pesisir Riau seperti di Bengkalis dan Dumai," kata bupati.

Salah satu langkah yang diambil terangnya adalah dengan melakukan pembangunan untuk RLH diarahkan ke daerah daratan seperti di di Kepenghuluan Panipahan Darat yang relatif aman dari abrasi. Sebab cukup jauh untuk terkena langsung dari arus pasang surut.

Selain itu, kebijakan yang harus dijalankan dengan memaksimalkan anggaran mengacu pada faktor jarak tempuh, sulitnya medan yang dilewati dan sebagainya. Sehingga dengan peningkatan anggaran maka kualitas dari bangunan yang dikerjakan lebih baik," Pungkasnya. (Adv)

Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)

 
Berita Lainnya :
  • Hati-hati, Uang Palsu Rp5.000 Ditemukan di Pekanbaru
  • Hari Ini Ida Resmi Kantongi SK Sebagai Ketua SOKSI Pekanbaru
  • Pangdam: Dashboard Lancang Kuning Sangat Baik, Sinergitas Semua Elemen Kunci Keberhasilan Atasi Karhutla
  • Warga Sumut Terkonfirmasi Positif Covid-19 Ketahuan Saat Rapid Test Syarat Kerja Perusahaan di Pelalawan
  • Gubri Bentuk UPTD PUPR, Diharapkan 488,37 Km Jalinprov di Rohul Segera Ditangani
  •  
    Komentar Anda :

     
    Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
    Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
    DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
         
    Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
        © 2010-2020 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved