www.halloriau.com
Ekonomi
BREAKING NEWS :
Moratorium Gambut, Izin Kilang Sagu di Kepulauan Meranti Terancam Dibekukan
 
Cermati Cara Ini agar Bisa Beli Rumah Tanpa DP
Senin, 18 Januari 2016 - 10:04:46 WIB
<font size="2">Ketahui trik tertentu agar bisa dapatkan rumah impian anda. </font>
Ketahui trik tertentu agar bisa dapatkan rumah impian anda.

JAKARTA - Saat hendak membeli hunian, banyak orang yang terkendala dengan  uang muka atau down payment (DP). Tetapi tak jarang beberapa developer memberikan keringanan dalam hal pelunasan uang muka, yakni sistem angsuran dengan jangka waktu tertentu. Dan strategi ini biasanya cukup jitu untuk menarik minat pembeli.

Dalam Peraturan Bank Indonesia Nomor 17/10/PBI/2015 (sebelum disempurnakan), konsumen harus menyiapkan uang muka sebesar 30 persen dari harga rumah. Setelah disempurnakan, uang muka yang harus disiapkan hanya 20 persen atau diturunkan 10 persen.

Sementara untuk kepemilikan rumah kedua, uang muka 30 persen dan untuk rumah ketiga sebesar 40 persen. Namun, bisakah membeli rumah tanpa membayar DP? Dinukil dari buku 77 Rahasia Cepat Untung Bisnis Properti karangan Hermawan Wijaya, inilah tiga triknya:

1. Cermati Promosi Developer
Demi memasarkan produknya, para pengembang tentu memasang sejumlah iklan di billboard atau spanduk dengan penawaran rumah tanpa uang muka, siap huni, atau bisa dicicil hingga 10 kali. Sebenarnya, taktik ini terjadi karena developer telah bekerjasama dengan pihak bank untuk menjual rumah tanpa uang muka.

Di balik kerjasama ini, pengembang telah memiliki tabungan yang ditahan sebesar uang muka konsumen. Jadi uang muka ditanggung oleh developer sampai rumah selesai serah terima. Nah, jika ingin mendapatkan rumah tanpa harus membayar uang muka sepeser pun, celah promosi ini sangat tepat untuk dimanfaatkan.

2. Memanfaatkan Perang Diskon
Perang diskon antar developer dapat dimanfaatkan untuk pengajuan kredit rumah ke bank. Mainkan saja seolah-olah diskon yang diberikan pengembang merupakan uang muka yang telah Anda bayarkan. Namun terlebih dahulu Anda harus berkoordinasi dengan developer sebelum melakukan transaksi.

Misalnya, sebuah rumah tipe 36 seharga Rp120 juta didiskon 10 persen dengan harga sebenarnya adalah Rp108 juta. Maka dalam pengajuan KPR ke bank, Anda bisa mengatakan bahwa harga rumah tipe 36 memang Rp120 juta. Jadi, seolah-olah Anda telah membayar Rp10 juta uang muka, sehingga KPR-nya sebesar Rp108 juta.

3. Mark Up Harga
Sama seperti semua benda-benda lain yang dijual, harga untuk setiap rumah tentunya bervariasi. Dalam satu kawasan saja, harga satu tipe yang sama bisa berbeda. Celah inilah yang dapat kita manfaatkan dengan menaikkan harga sedikit lebih tinggi, sesuai dengan nilai uang muka. Tetap sama seperti cara di nomor dua, Anda tetap harus berkoordinasi dengan developer sebelum melakukan transaksi.

Contoh skemanya seperti ini; rumah yang Anda pilih dibanderol dengan harga Rp200 juta plus uang muka 20 persen. Untuk menghindari pembayaran uang muka yang terlampau cukup besar, Anda bisa bekerjasama dengan pihak developer untuk mengeluarkan harga baru rumah senilai Rp240 juta. Seakan-akan Anda telah membayar Rp40 juta untuk mendapatkan KPR sebesar Rp200 juta yang notabene sama dengan harga rumah. (*)



Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)

BERITA TERKAIT    
Polytron meraih penghargaan Indonesia Digital Popular Brand Award 2020 (IDPBA) untuk dua kategori sekaligus.Borong Dua Penghargaan Sekaligus, Bukti Kesukseskan Polytron Merangkul Konsumen di Dunia Digital
Rumah Zakat menyalurkan Sembako dan Masker dari Pegadaian Syariah SubrantasPegadaian Syariah Subrantas Gandeng Rumah Zakat Salurkan 200 Paket Sembako dan Masker
IlustrasiBNI Syariah Permudah Milenial Miliki Hunian Lewat Program Tunjuk Rumah
  IlustrasiPLN Imbau Masyarakat Laporkan Tagihan Listrik yang Melonjak, Ini Caranya
Program Tunjuk Rumah BNI Syariah Program Tunjuk Rumah BNI Syariah Targetkan Rp1,4 Triliun
Ilustrasi. Foto: AntaraPertamina Akan Bor 44 Sumur Baru di Blok Rokan, DPR RI Beri Dukungan

 
Berita Lainnya :
  • Moratorium Gambut, Izin Kilang Sagu di Kepulauan Meranti Terancam Dibekukan
  • Banyak Jawab Tak Tahu di Sidang Kasus Korupsi Bengkalis, Indra Gunawan Eet Bikin Kesal Hakim
  • 1.285 Petugas PPDP Jalani Rapid Test, Hasilnya Ada yang Reaktif
  • Kabupaten Inhu Kembali Rawat Satu PDP, Total 29 Pasien
  • Bawa 15 Kg Sabu, Dua Orang Kurir Jaringan Internasional Terancam Hukuman Mati
  •  
    Komentar Anda :

     
     
    Potret Lensa
    Rotte Foundation Kunjungi Metro Riau Group
     
     
     
     
    Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
    Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
    DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
         
    Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
        © 2010-2020 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved