www.halloriau.com
Ekonomi
BREAKING NEWS :
Sapi Kurban PTPN V Tak Sampai ke DPRD Riau, Ini Penjelasannya
 
Menunda Beli Properti Dampak Covid-19
Jumat, 17 Juli 2020 - 21:30:31 WIB
Ilustrasi.
Ilustrasi.

JAKARTA-Survei Rumah.com menunjukkan mayoritas responden atau sekitar 60 persen memilih untuk menunda membeli properti sampai dengan wabah COVID-19 mereda.

"Responden yang memutuskan untuk menunda membeli rumah itu berasal dari mereka yang sudah memiliki rumah 70 persen, mereka yang masih menyewa 60 persen dan masih tinggal orang tua 53 persen," kata Country Manager Rumah.com, Marine Novita saat menyampaikan Consumer Sentiment Study H2 2020 dalam keterangan tertulis, di Jakarta, Jumat (17/7/2020).

Marine menjelaskan Consumer Sentiment Study merupakan survei berkala yang diselenggarakan dua kali dalam setahun oleh Rumah.com bekerjasama dengan lembaga riset Singapura.

Hasil survei kali ini diperoleh berdasarkan 1007 responden dari seluruh Indonesia yang dilakukan pada Januari hingga Juni 2020.

Temuan lainnya dari survei ini 45 persen responden mengalami kesulitan untuk melihat properti yang akan dibeli, 40 persen responden menghindari untuk membeli properti di komplek perumahan yang penghuninya dinyatakan positif menderita COVID-19 sedangkan 33 persen responden lainnya mengalami kesulitan atau keterlambatan dalam mendapatkan Kredit Pemilikan Rumah (KPR).

Meskipun ekonomi terkena dampak pandemi, 60 persen responden memiliki intensi melanjutkan rencana pembelian hunian untuk ditinggali sendiri, baik di tahun 2020 ini maupun tahun 2021 mendatang. Sementara mereka yang membeli properti untuk investasi hanya 39 persen responden saja yang masih terus akan melanjutkan pembeliannya baik tahun ini maupun tahun depan.

Situasi pandemi COVID-19 telah memaksa masyarakat untuk lebih banyak menghabiskan waktunya di rumah juga berdampak meningkatnya intensi mereka untuk memiliki hunian sendiri.

Hal ini dinyatakan oleh 34 persen responden sementara 25 persen responden lainnya berminat untuk merenovasi atau menggunakan kembali area tertentu di rumah mereka. Sedangkan 11 persen responden berpikir untuk pindah dari hunian mereka yang sekarang.

Menurut Marine, adanya pandemi COVID-19 yang disertai pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Indonesia telah mempengaruhi bagaimana pencari rumah mendapatkan informasi tentang hunian yang akan dibeli.

Sebagian besar responden yaitu sebanyak 73 persen memilih menggunakan platform media sosial, dan 58 persen responden melalui portal properti daring serta 23 persen responden lainnya memanfaatkan tur virtual maupun video dari properti yang diincar.(*)



Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)

BERITA TERKAIT    
IlustrasiBio Farma Sebut Harga Vaksin Covid-19 Dijual hingga Rp147.000
Penyuluhan jasa keuangan bersama OJK mengenai Kebijakan Stimulus OJK bagi masyarakat terdampak Covid-19, Sabtu (25/7/2020) di Pekanbaru, Riau.Kebijakan Pelonggaran Kredit OJK Sangat Membantu Ekonomi Masyarakat di Masa Sulit Covid-19
Head of Sales Sumut Outer – Aceh PT. XL Axiata, Tbk, Oloan Monang Sinambela menyerahkan langsung peralatan olah raga dan peralatan sekolah untuk Panti Asuhan Elim HKBP, Pematang Siantar, Sumatera Utara. Dukung Masyarakat Terdampak Covid-19, XL Axiata Serahkan Alat Olah Raga untuk​ Panti Asuhan
  Serah terima mesin pemecah kedelai.PT KBI (Persero) Dukung Pengembangan UMKM untuk Mitigasi Pasca Covid-19
Ke pasar memakai masker.1.251 Pedagang Pasar Tradisional Positif Corona di 27 Provinsi, Terbanyak Jakarta
(Kanan) Hendranida Primanti, Head of Media Relations.JNE Raih Dua Penghargaan di Tengah Pandemi Covid-19

 
Berita Lainnya :
  • Sapi Kurban PTPN V Tak Sampai ke DPRD Riau, Ini Penjelasannya
  • Besok, Pendaftaran Program Kartu Prakerja Gelombang IV Dibuka
  • Petronas Melesat, Quartararo Tercepat di FP2 MotoGP Ceko
  • Tapal Batas 93 Desa di Kepulauan Meranti Bermasalah, Berpotensi Timbulkan Konflik
  • Butuh Bantuan, Kapolres Kepulauan Meranti Jenguk Balita yang Mengidap Jantung Bocor
  •  
    Komentar Anda :

     
     
    Potret Lensa
    Rotte Foundation Kunjungi Metro Riau Group
     
     
     
     
    Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
    Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
    DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
         
    Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
        © 2010-2020 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved