www.halloriau.com
Ekonomi
BREAKING NEWS :
Disepakati, Juni Tahapan Pilkada Dilanjutkan, 9 Desember Pemungutan Suara
 
Ingin Dapat Keringanan Cicilan KPR di Tengah Pandemi Covid-19? Begini Prosedurnya...
Rabu, 29 April 2020 - 09:06:07 WIB
Ilustrasi.
Ilustrasi.

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan keringanan atau pelonggaran untuk membayar cicilan kredit bagi nasabah yang terdampak penyebaran virus corona. Hal ini juga berlaku bagi mereka yang memiliki kredit pemilikan rumah (KPR).

Aturan pelonggaran itu tertuang dalam POJK No. 11/POJK.03/2020 tentang Stimulus Perekonomian Nasional sebagai Kebijakan Countercyclical. Beleid tersebut berisi tentang keringanan atau pelonggaran cicilan kredit bagi pekerja informal terdampak virus corona.

Juru Bicara OJK Sekar Putih Djarot mengungkapkan bentuk dari keringanan seperti apa yang akan diberikan kepada nasabah akan tergantun dari keputusan masing-masing perbankan. Ini artinya, keringanan bisa berbentuk penundaan pembayaran pokok utang, bunga utang, atau keduanya sekaligus untuk beberapa bulan.

"Baik skema keringanan atau jangka waktunya ini akan tergantung dari hasil penilaian bank terhadap kemampuan membayar nasabah," ucap Sekar kepada CNNIndonesia.com, dikutip Rabu (29/4/2020).

Sementara, beberapa perbankan menyediakan fasilitas pengajuan restrukturisasi kredit secara daring (online). Salah satunya PT Bank Tabungan Negara (Persero) atau BTN.

Direktur Finance, Planning, & Treasury BTN Nixon LP Napitupulu menyatakan nasabah yang ingin mengajukan pelonggaran KPR bisa membuka laman resmi perusahaan, yakni www.rumahmurahbtn.co.id. Beberapa langkah yang harus dilakukan nasabah, antara lain mengunduh terlebih dahulu formulir permohonan restrukturisasi, formulir penghasilan, dan penyataan terdampak virus corona.

Setelah itu, nasabah mengisi dan menandatangani formulir yang telah diundur tersebut. Selanjutnya, nasabah mengirimkan hasil scan kartu tanda penduduk (KTP), formulir permohonan restrukturisasi, formulir penghasilan, formulir pernyataan terdampak virus corona.

Lalu, nasabah juga diminta mengumpulkan swafoto (selfie) tampak depan dengan memegang KTP, formulir permohonan restrukturisasi, formulir penghasilan, dan formulir pernyataan terdampak virus corona.

Jika disetujui, perusahaan akan menghubungi nasabah lewat telepon, whatsapp, atau e-mail. Nantinya, nasabah akan diberikan dokumen persetujuan restrukturisasi dan addendum perjanjian kredit (PK) terkait restrukturisasi dari petugas BTN.

Apabila nasabah setuju dengan addendum PK tersebut, maka ia dapat menandatangani addendum PK dan mengirimkan kembali kepada petugas BTN.

Hampir sama, nasabah KPR PT Bank CIMB Niaga Tbk juga bisa mengajukan restrukturisasi dari rumah di tengah penyebaran virus corona. Bedanya, Bank CIMB Niaga menyediakan call center yang bisa dihubungi nasabah bila ingin meminta pelonggaran cicilan kredit.

Direktur Konseumer Bank CIMB Niaga Lani Darmawan menyatakan nasabah dapat menghubungi perusahaan di nomor 14041. Nantinya, nasabah harus memberikan dokumen atau informasi yang membuktikan jika dirinya terdampak penyebaran virus corona.

"Nasabah bisa mengajukan lewat 14041, ada persyaratan untuk pengajuan dan juga info yang memperlihatkan dampak covid-19 (virus corona) sesuai dengan pengajuan," katanya.

Lani bilang nasabah harus menyertakan beberapa dokumen yang membuktikan dirinya terkena dampak pandemi. Dokumen itu bergantung dari situasi masing-masing nasabah.

"Ada beberapa analisa tergantung dari situasi nasabah secara individual. Apakah karena pegawai terkena PHK, usaha menurun, atau tutup karena virus corona, dan lain-lain," tutur Lani.

Nantinya, keringanan pembayaran KPR yang akan diberikan bentuknya tak akan sama untuk tiap nasabah. Lani menyatakan nasabah bisa saja diberikan penundaan waktu untuk membayar pokok utang, bunga, atau bisa keduanya.

"Bisa berbagai skema tergantung kondisi," pungkas Lani.(*)







Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)

BERITA TERKAIT    
Ilustrasi.Bagi-bagi Sembako Buat 3.150 Karyawan di Riau, Baru 869 Paket Tersalurkan, Sisanya Nyusul Bisa hingga Habis Lebaran
Teknisi XL Axiata sedang melakukan pemeriksaan terhadap perangkat BTS. XL Axiata terus meningkatkan kenyamanan pelanggan atas akses internet cepat dan layanan data di berbagai wilayah.Kampanye Perubahan Perilaku, Pemerintah Sediakan Layanan Informasi Covid-19 di Nomor 321
Walikota Dumai ketua gugus tugas Covid-19 Dumai H. Zulkifli As menerima bantuan APD dari Pertamina Dumai.Hingga Medio Mei, Pertamina Peduli Telah Salurkan 1,3 Miliar Bantuan Covid-19 di Riau dan Jambi
  KFC.KFC PHK 4.988 Karyawan dan Potong Gaji hingga 50%
Bank BNI Syariah tetap berikan pelayanan penukaran uang kertas baru dengan disertai penerapan protokol Covid-19.Jalankan Protokol Pencegahan Covid-19, Bank BNI Syariah Tetap Melayani Penukaran Uang
Walikota Dumai H. Zulkifli AS terima bantuan APD dari Pertamina Dumai di posko gugus tugas Covid-19.Selama Pandemi Covid-19, Pertamina Group Salurkan Bantuan Senilai Rp401 Juta

 
Berita Lainnya :
  • Disepakati, Juni Tahapan Pilkada Dilanjutkan, 9 Desember Pemungutan Suara
  • Gerakan 1000 Kantong Darah Ramadan
  • Bayi Malang Al Fatih Terbaring Lemah, PB Gerakan NU Peduli Covid-19 Bantu Biaya Perawatan hingga Sehat
  • Nekat Beraksi Saat PSBB, 4 Pemuda di Bengkalis Terancam Penjara 4 Bulan
  • Ruangan Kantor Kades Rambah Tengah Hilir Terbakar, Diduga Sengaja Dibakar OTK
  •  
    Komentar Anda :

     
     
    Potret Lensa
    Polda Riau Semprot Disinfektan di Kantor PT RFB
     
     
     
     
    Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
    Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
    DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
         
    Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
        © 2010-2020 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved