www.halloriau.com  
BREAKING NEWS :
526 PNS Pemkab Siak Terima Penghargaan Satyalencana Karya Sayta
Otonomi
Pekanbaru | Dumai | Inhu | Kuansing | Inhil | Kampar | Pelalawan | Rohul | Bengkalis | Siak | Rohil | Meranti
 
Peluang Duet Prabowo-Puan di Pilpres 2024 Makin Besar, Ini Alasannya
Selasa, 23 November 2021 - 15:45:18 WIB
Puan Maharani dan Prabowo Subianto
Puan Maharani dan Prabowo Subianto

JAKARTA - Ketua Umum Prabowo Subianto dan elite PDIP Puan Maharani makin hangat jelang tahun politik. Duet keduanya di Pilpres 2024 dinilai besar kemungkinan terwujud.

"Duet Prabowo-Puan berpeluang besar untuk terwujud, karena beberapa faktor," kata Direktur Eksekutif Institute for Democracy and Strategic Affairs (Indostrategic) Ahmad Khoirul Umam, Selasa (23/11/2021).

Dikutip dari detikcom, Umam menyebut faktor pertama adalah tidak ada kendala batasan threshold mengingat PDIP memiliki saham politik 20% dan Gerindra sekitar 12% dari Pemilu 2019. Jika presidential threshold 20%, Prabowo-Puan bisa melenggang di Pilpres 2024 dengan dua partai saja.

Alasan kedua, kata Umam, PDIP dan Gerindra merupakan representasi partai yang menggunakan sistem kepemimpinan dengan model 'demokrasi terpimpin' yang akan lebih memudahkan pengambilan keputusan strategis. Meskipun model demokrasi terpimpin sebenarnya tidak ada dalam varian teori demokrasi dan tidak merepresentasikan karakter demokratis itu sendiri, tapi pola semacam itu disebut Umam memang lebih efektif untuk mengambil keputusan.

"Karena mudah menekan terjadinya dinamika dan kritisisme internal partai, terutama para kader yang tidak puas dengan keputusan partai," ujar Umam.

Alasan ketiganya, kata Umam, terkait elektabilitas Prabowo Subianto di sejumlah lembaga survei. Ini disebut bisa menjadi modal Prabowo menjadi calon presiden untuk Puan Maharani.

"Ketiga, elektabilitas Prabowo masih konsisten masuk dalam radar tinggi hampir semua survei. Hal itu bisa mengompensasi sekaligus menjadi bargaining position di hadapan PDIP yang mana elektabilitas Puan masih perlu terus ditingkatkan. Artinya, realitas elektabilitas Prabowo-Puan itu bisa menajdi 'trade-off' bagi elektabilitas PDIP dan Gerindra yang trend-nya berkebalikan," kata Umam.

Meski demikian, meskipun pasangan Prabowo-Puan memungkinkan untuk didorong ke kontestasi 2024, Umam menyebut keduanya masih butuh beberapa hal sebagai pelengkap.

"Prabowo-Puan masih perlu membutuhkan elemen tambahan baru, yakni kekuatan partai politik Islam. Jika hanya berbasis pada PDIP-Gerindra, pasangan Prabowo-Puan hanya akan mengambil cerug massa nasionalis, dan berpotensi berhadap-hadapan secara diametral dengan kekuatan politik Islam itu sendiri," ujarnya.



Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)


BERITA LAINNYA    
Sekretaris Daerah Kabupaten Siak, Arfan Usman 526 PNS Pemkab Siak Terima Penghargaan Satyalencana Karya Sayta
Suasana penutupan Musda V DPD Demokrat Riau. Agung Nugroho Terpilih Aklamasi Jadi Ketua Demokrat Riau
IlustrasiTak Digubris, DPRD Pekanbaru Kembali Desak PDAM Tirta Siak Segera Atasi Persoalan Pipa Bocor
Walikota Pekanbaru, Firdaus

Walikota Pekanbaru Ingatkan DLHK Agar Tidak Terjadi Lelang Ulang Angkutan Sampah
Kepala BPOKK Herman Khaeron saat menyampaikan pengantar Musda.Musda Demokrat Riau Resmi Dibuka, Andi Timo Ditunjuk Jadi Plt Ketua DPD Gantikan Asri Auzar
  Polres Inhu gelar upacara serah terima jabatan (Sertijab) Kapolsek Batang Cenaku, Selasa (30/11/2021).Ipda Asep Saifurrohman Jabat Kapolsek Batang Cenaku
IlustrasiAnggota Dewan Ini Setuju Jika Tarif Parkir di Pekanbaru Naik, Ini Alasannya
Kepala Disparpora Kepulauan Meranti bersama istri yang mendampingi Bujang dan Dara tampil di ajang Pemilihan Bujang dan Dara Provinsi RiauNur Indahyani Asal Kepulauan Meranti Dinobatkan Jadi Dara Provinsi Riau Tahun 2021
Sebanyak 62 mahasiswa perguruan tinggi dan 17 pelajar SMA di Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing) berhasil mendapatkan beasiswa pendidikan dari program Community Development (CD) PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP). PT RAPP Kembali Salurkan Beasiswa di Kabupaten Kuansing
Kiri : Agung Rihayanto, Direktur KBI, Tengah : Dwi Ary Purnomo, Asisten Deputi Bidang Manajemen Risiko dan Kepatuhan Kementerian BUMN, Kanan : Harianto Widodo, Direktur  Pemasaran dan Pengembangan Produk PegadaianKBI dan Pegadaian Bersinergi di Ekosistem Pasar Fisik Emas Digital
Komentar Anda :

 
Potret Lensa
Kepala Balai PPW Riau Tepung Tawari Marulis Menuju MTQ Korpri Nasional
 
 
 
 
 
 
 
Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
     
Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
    © 2010-2021 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved