www.halloriau.com


BREAKING NEWS :
Dapat Bantuan Rumah Layak Huni, Korban Longsor Inhil Menolak Direlokasi
Otonomi
Pekanbaru | Dumai | Inhu | Kuansing | Inhil | Kampar | Pelalawan | Rohul | Bengkalis | Siak | Rohil | Meranti
 


PDIP Percaya Diri PSU Rohul Justru Beri Keuntungan Tambahan
Jumat, 07 Juni 2024 - 18:22:49 WIB
Ketua Bappilu DPD PDIP Riau Syafaruddin Poti yakin PSU di Rohul justru beri peluang PDIP raup suara lebih banyak (foto:rinai/halloriau)
Ketua Bappilu DPD PDIP Riau Syafaruddin Poti yakin PSU di Rohul justru beri peluang PDIP raup suara lebih banyak (foto:rinai/halloriau)

Baca juga:

Golkar Apresiasi Kinerja KPU, Lapang Dada Terima Hasil Pleno PSU Rohul
Pleno Hasil PSU Rohul, PDIP Pertahankan Kursi Ketua DPRD Riau 2024-2029
Adu Gengsi PDIP VS Golkar Rebut Kursi Pimpinan DPRD Riau, PSU Rohul Jadi Penentu

PEKANBARU - Mahkamah Konstitusi (MK) telah memutuskan untuk mengabulkan sebagian permohonan terkait perselisihan hasil Pemilu Legislatif (Pileg) 2024 yang diajukan oleh Partai Golkar.

Dalam sidang yang berlangsung pada Kamis (6/6/2024), MK sekaligus memerintahkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk mengadakan Pemungutan Suara Ulang (PSU) di 31 Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang berada di Desa Tambusai Utara, Kecamatan Tambusai Utara, Kabupaten Rokan Hulu (Rohul).

Keputusan tersebut sekaligus membatalkan Keputusan KPU Nomor 360 Tahun 2024 terkait hasil Pemilu di daerah tersebut.

Wakil Ketua Bidang Hukum DPD I Golkar Riau, Eva Nora, meyakini bahwa PSU di Rohul membuka peluang Golkar untuk mendapat kursi tambahan dan merebut kembali posisi Ketua DPRD Riau.

Sebagaimana diketahui, hasil rekapitulasi Pileg lalu menyatakan PDIP sebagai peraih kursi terbanyak dengan 11 kursi dan memastikan posisi sebagai Ketua DPRD Riau, posisi yang selama ini dimiliki Golkar.

Sementara itu wakil ketua dimiliki oleh Golkar yang meraih total 10 kursi, PKS 10 kursi dan Gerindra 9 kursi. Namun jika dilihat dari total keseluruhan perolehan suara, Golkar merupakan yang tertinggi hanya kalah di perolehan kursi.

"Maka kalau persepsi kita dapat 2.000 suara saja di PSU nanti, kita sudah menang. Karena kita hanya beda 441 suara dengan PDIP," kata Eva, Jumat (7/6/2024).

Menanggapi itu, Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) DPD PDIP Riau Syafaruddin Poti mengaku tak khawatir.

Menurut data yang dimilikinya, Poti yakin PSU di 31 TPS tersebut tidak akan berpengaruh besar bagi raihan suara PDIP.

"Di 31 TPS tersebut, data suara PDIP untuk DPRD Provinsi Riau tidak seberapa. Yang besar suara disitu hanya Golkar saja. Jadi kalau dihitung kembali, artinya akan memberi peluang bertambah besar suara PDIP disitu," ujarnya.

Mengingat 31 TPS tersebut tak memberi suara dominan pada PDIP di Pileg lalu, Poti berkeyakinan PSU justru akan memberi peluang PDIP semakin tinggi.

"Peluang PSU yang dilakukan di Tambusai Utara itu dalam sisi distrik wilayahnya akan menambah suara PDI Perjuangan, bukan berkurang. Ketika suara PDI Perjuangan bertambah, memungkinkan tidak Golkar itu bisa mengimbangi dengan perkalian tiga (karena Golkar mengincar kursi kedua). Maka kita optimis saja. Kalau sudah ditentukan oleh yang kuasa tak akan bisa bergeser lagi," pungkasnya.

Penulis: Rinai
Editor: Satria

   


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: [email protected]
(mohon dilampirkan data diri Anda)


BERITA LAINNYA    
Pj Bupati Inhil, Herman.(foto: sri/halloriau.com)Dapat Bantuan Rumah Layak Huni, Korban Longsor Inhil Menolak Direlokasi
Ilustrasi harga emas Antam di Pekanbaru masih stagnan hari ini (foto/int)Harga Emas Antam di Pekanbaru Masih Stagnan, Ada Potensi Melonjak?
Titik panas di Riau hari ini yang tertinggi di Sumatera.(ilustrasi/int)Curah Hujan Menurun, Riau Menyala dengan 27 Titik Panas Pagi ini
Ketua Bawaslu, Syamsurizal saat hadiri Rakornas di Medan.Mantabkan Persiapan Pilkada Serentak Tahun 2024 Wilayah Sumatera
Kasat Reskrim Polres Kepulauan Meranti, Iptu. Yhon Mabel, S.Tr.K., S.I.K., M.H.Kasat Reskrim Polres Kepulauan Meranti Datangi Desa Tanjung Peranap
  Tersangka AM dan MT saat diamankan di Mapolsek Peranap.(foto: andri/halloriau.com)Polsek Peranap Ringkus 2 Pengedar Sabu
Bupati Pelalawan, Zukri Misran saat hadiri magrib mengaji di Komplek Townsite II RAPP.(foto: andi/halloriau.com)Hadiri Magrib Mengaji di Townsite II RAPP, Ini Kata Bupati Pelalawan
Riau cerah hari ini.(ilustrasi/int)Prakiraan Cuaca Riau: Hujan Ringan di Beberapa Wilayah, Suhu 34°C
Anggota Bawaslu Kepulauan Meranti Rio Andika, M.Pd dan M. Hafit, S.Sos saat menyampaikan hasil pengawasan coklit pada Rakor Evaluasi Pengawasan Coklit Daftar Pemilih di Bawaslu Provinsi Riau.Koordinasi Inten Dalam Pengawasan Coklit Pilkada Serentak 2024
Ketua Bawaslu Kepulauan Meranti, Syamsurizal MIP.Jelang PSU, Ini Strategi Bawaslu Meranti untuk Cegah Pelanggaran
Komentar Anda :

 
Potret Lensa
RGE Jurnalism Workshop Perkaya Pengetahuan Wartawan
 
 
 
Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
     
Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
    © 2010-2024 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved