www.halloriau.com


BREAKING NEWS :
Bongkar Dugaan Korupsi Proyek PHR, Hinca Panjaitan Serahkan Berkas Rahasia ke Kejati Riau
Otonomi
Pekanbaru | Dumai | Inhu | Kuansing | Inhil | Kampar | Pelalawan | Rohul | Bengkalis | Siak | Rohil | Meranti
 


Empat Periode Jadi Anggota DPR RI, Idris Laena Akhirnya Ditumbangkan Yulisman
Jumat, 07 Juni 2024 - 13:19:10 WIB
Caleg Golkar peraih suara terbanyak di dapil Riau II, Yulisman (kiri), dipastikan menggantikan Idris Laena (kanan) duduk di Senayan (foto:int)
Caleg Golkar peraih suara terbanyak di dapil Riau II, Yulisman (kiri), dipastikan menggantikan Idris Laena (kanan) duduk di Senayan (foto:int)

Baca juga:

DPP Golkar Tunjuk Syamsuar Jadi Calon Gubernur Riau
PDIP Belum Tentukan Arah Dukungan di Pilgub Riau 2024
Kader Posyandu Binaan Sovia Sambut Antusias Kedatangan Syamsuar

PEKANBARU - Idris Laena dipastikan kehilangan kursinya sebagai anggota DPR RI setelah seluruh gugatannya atas hasil Pemilu Legislatif (Pileg) 2024 ditolak Mahkamah Konstitusi (MK).

Menurut hasil rekapitulasi perolehan suara Partai Golkar dapil Riau II oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU), Yulisman meraih peringkat pertama caleg dengan perolehan suara terbanyak yaitu 72.183 suara sementara Idris Laena di peringkat kedua dengan 68.203 suara atau selisih 3.980 suara.

Namun Idris Laena tidak terima atas hasil tersebut dan menduga telah terdapat kesalahan yang membuat dirinya kehilangan suara.

Maka melalui kuasa hukumnya Idris Laena melayangkan gugatan ke MK dengan Nomor Perkara 208-02-04/PHPU-DPR-DPRD/XXII/2024 dengan alasan merasa dirugikan oleh kebijakan petugas di lapangan karena banyak Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang memasukkan perolehan suara pribadi Idris Laena menjadi suara partai.

Selain itu pihak Idris Laena juga menilai kurangnya bimbingan teknis yang dilakukan kepada petugas KPPS sehingga berakibat terjadinya pengurangan suaranya.

Namun, Hakim Konstitusi Daniel Yusmic P. Foekh menjelaskan bahwa keterangan saksi-saksi yang diajukan oleh Idris Laena tidak dapat meyakinkan MK bahwa telah terjadi pemindahan suara dari pemohon kepada Partai Golkar akibat adanya dua tanda coblosan pada surat suara. MK menilai keterangan saksi tersebut tidak didukung oleh bukti yang kuat.

Hakim menyatakan bahwa setelah memeriksa bukti-bukti dari pemohon, termohon, pihak terkait, dan Bawaslu, MK tidak menemukan perbedaan perolehan suara yang signifikan antara model C-Hasil dan D-Hasil Kecamatan seperti yang didalilkan oleh pemohon.

Selain itu, MK menyatakan tidak ada laporan atau temuan dari Bawaslu yang mendukung klaim pemohon tentang kesalahan perhitungan suara yang masif di banyak TPS.

Terkait argumen pemohon yang menyatakan bahwa saksi partai politik tidak menerima Formulir C-Hasil Salinan, MK menilai pemohon tidak menyebut secara jelas jumlah saksi yang mengalami permasalahan tersebut dan tidak memberikan bukti yang cukup. Oleh karena itu, dalil tersebut dinyatakan tidak dapat dibuktikan kebenarannya.

Maka, berdasarkan seluruh pertimbangan hukum tersebut, MK menyatakan bahwa pengurangan suara pemohon akibat kekurangpahaman KPPS dalam menentukan perolehan suara yang dicoblos oleh pemilih adalah tidak beralasan menurut hukum.

Sebagai informasi, Idris Laena menjabat sebagai anggota DPR-RI selama empat periode yaitu tahun 2008–2009, 2009–2014, 2014–2019, dan 2019–2024.

Ia mewakili daerah pemilihan Riau II yang meliputi Kabupaten Kampar, Kabupaten Indragiri Hulu, Kabupaten Indragiri Hilir, Kabupaten Pelalawan, dan Kabupaten Kuantan Singingi.

Idris merupakan kader Partai Golongan Karya dan duduk di Komisi VI sekaligus sebagai Ketua Fraksi Golkar MPR RI.

Penulis: Rinai
Editor: Satria

   


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: [email protected]
(mohon dilampirkan data diri Anda)


BERITA LAINNYA    
Hinca Panjaitan desak Kejati Riau usut tuntas dugaan korupsi di PT PHR (foto/ist)Bongkar Dugaan Korupsi Proyek PHR, Hinca Panjaitan Serahkan Berkas Rahasia ke Kejati Riau
Ketua DPW Pujakusuma Riau, Muhdi Prasojo serahkan SK ke Rinaldi Marsa untuk menahkodai Pujakusuma Pelalawan (foto/Andy)Terima SK, Rinaldi Marsa Resmi Pimpin Pujakusuma Pelalawan
Bupati Inhu, Rezita memulai kegiatan dengan senam bersama masyarakat di Lapangan Porpes, Batang Peranap (foto/andri)Antusias Warga Senam Bersama Bupati Inhu dalam Agenda Irama Desa di Batang Peranap
Aliya Nengsih (foto:ist) Aliya Nengsih, Mahasiswa Fikom Umri Raih Medali Emas Kejuaraan Internasional Taekwondo
Sekda Rohil, Fauzi buka Konsultasi Publik II Penyusunan KLHS dan RPJPD 2025-2045 (foto/afrizal)Sekda Rohil Resmikan Konsultasi Publik II Penyusunan KLHS dan RPJPD 2025-2045
  Kendaraan sumbu tiga belum boleh lewati Jalur Lembah Anai (foto/int)Jalur Lembah Anai Resmi Dibuka, Hanya Kendaraan Ini yang Boleh Lewat
Afrizal Sintong-Setiawan resmi terima SK dari DPP PKS sebagai Bacalon Bupati dan Wakil Bupati Rohil (foto/Afrizal)Afrizal Sintong-Setiawan Resmi Diusung PKS di Pilkada Rohil 2024
Walikota Dumai (kiri) Paisal bersama Pj Gubri, SF Hariyanto (foto/Yuni)Perbaikan Infrastrukur di Dumai Gencar Dilakukan Pemprov Riau, Ini Reaksi Wako Paisal
Kapolres Rohil, AKBP Isa Imam Syahroni mengungkap motif pembunuhan Putri di Parit Atmo (foto/afrizal)Kapolres Rohil: Pembunuhan Putri di Parit Atmo Dipicu Api Cemburu
Ilustrasi HET baru Minyakita resmi diberlakukan (foto/int)Dikeluhkan Pembeli, Ini Harga Jual Minyakita di Pedagang Eceran Pekanbaru
Komentar Anda :

 
Potret Lensa
RGE Jurnalism Workshop Perkaya Pengetahuan Wartawan
 
 
 
Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
     
Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
    © 2010-2024 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved