www.halloriau.com


BREAKING NEWS :
Francesco Bagnaia Favorit Jorge Lorenzo di MotoGP 2024
Otonomi
Pekanbaru | Dumai | Inhu | Kuansing | Inhil | Kampar | Pelalawan | Rohul | Bengkalis | Siak | Rohil | Meranti
 


KPU Sumbar Coret 6 Caleg dari DCT, Ini Daftar Namanya
Senin, 11 Desember 2023 - 11:28:16 WIB

PADANG - Sudan enam Caleg yang dicoret Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumbar dari Daftar Calon Tetap (DCT). Terbaru ada tiga orang Caleg dicoret berasal dari Solok, Agam dan Solok Selatan.

Itu dijelaskan Ketua Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Sumbar Ory Sativa Syakban. Ia membenarkan ada tiga Caleg yang dicoret dari DCT menjelang waktu pemilihan 14 Februari 2024 mendatang.

"Ya, ada tiga Caleg lagi yang dicoret dari DCT. Jadi, sampai saat ini sudah 6 orang caleg yang dicoret dari DCT," sebut Ory, Senin (11/12/2023) dikutip dari detikcom.

Pencoretan ketiganya dari DCT berdasarkan Surat Dinas KPU RI Nomor 1427 tahun 2023 perihal Keputusan tentang Pemberhentian Calon dan Pencoretan DCT.

"Dalam Surat tersebut, KPU memerintahkan KPU Provinsi dan Kabupaten/Kota untuk melakukan Perubahan DCT dengan mencoret caleg yang tidak menyerahkan SK pemberhentian dari pekerjaan yang diwajibkan mundur bagi caleg," sebutnya

Sesuai ketentuan Pasal 14 Peraturan KPU Nomor 10 Tahun 2023, Caleg yang memiliki pekerjaan tertentu, wajib menyerahkan SK pemberhentian dari pekerjaan yang diwajibkan bagi caleg untuk mundur, paling lambat tanggal 3 Oktober 2023, tepatnya pada hari terakhir tahapan pencermatan DCT.

"KPU RI memberikan dispensasi dengan surat dinas 1035 tahun 2023, di mana Caleg yang punya kendala di luar kendali Caleg dalam pengurusan SK Pemberhentian, maka SK Pemberhentian bisa diserahkan paling lambat 3 Desember 2023 kemarin," terangnya.

Caleg yang dicoret dari DCT itu masing-masing Suhaimi dari Dapil 2 Solok Selatan. Abdullah dicoret dari DCT Dapil 5 Kabupaten Solok dan Indra Z. Dt Nagari dari Dapil 3 Kabupaten Agam.

"Atas Perubahan SK DCT di tiga Kabupaten tersebut, dimungkinkan diajukan sengketa proses di Bawaslu oleh parpol yang calegnya dicoret dari DCT," pungkasnya

Sebelumnya, pada awal Desember lalu, KPU Sumbar juga telah mencoret 3 nama Caleg dari daftar DCT. Ketiganya merupakan Caleg di dua daerah, yakni Kota Solok dan Payakumbuh.

Caleg Kota Solok yang dicoret dari DCT yaitu Toni Yohansyah Putra untuk Daerah Pemilihan (Dapil) 1 Kota Solok. Toni dicoret karena diberhentikan oleh partainya sendiri.

Lalu KPU Kota Payakumbuh juga menerbitkan Perubahan DCT, dengan mencoret dua Caleg. Mereka dikeluarkan dari DCT DPRD Kota Payakumbuh atas nama Trimurti, dari Dapil 3 dan Rafdimar dari Dapil 1. (*)

   


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)


BERITA LAINNYA    
Francesco Bagnaia.(foto: int)Francesco Bagnaia Favorit Jorge Lorenzo di MotoGP 2024
istBuka MTQ XVIII Tenayan Raya, Sabarudi: Jadikan Alquran Pedoman Hidup
istGinda Resmikan Posyandu Melati, Harapan Baru Untuk Masyarakat Binawidya
Bupati Kuansing saat melantik pejabat eselon III dan IV.(foto: mcr)Bupati Kuansing Lantik 61 Pejabat Eselon III dan IV
Pleno rekapitulasi suara KPU Dumai.(foto: bambang/halloriau.com)Pleno Rekapitulasi Suara Pemilu 2024 Tingkat Kota Dumai Rampung
  istGinda Burnama Dukung Program Kerja Pengurus Dekopinda Kota Pekanbaru 2023-2028
Ketua DPRD Pekanbaru Hadiri Pembukaan MTQ IV Kulim
istReses Nofrizal di Kelurahan Kampung Tengah, Persoalan Drainase Tersumbat dan Banjir Jadi Keluhan Warga
Kepala BPKAD Riau, Indra SE ditunjuk jadi Plh Sekdaprov Riau.(foto: mcr)Indra SE Ditunjuk jadi Plh Sekdaprov Riau
Persiapkan perjalanan mudik Anda bersama Suzuki Trada Riau, jangan lewatkan periode promo servisnya. (foto:instagram@suzukitrada.pku)Persiapan Mudik 2024 Jangan Lupa Servis Mobil, Suzuki Trada Tawarkan Lima Paket Terjangkau, Ini Harganya
Komentar Anda :

 
Potret Lensa
SF Hariyanto Resmi Jabat Pj Gubernur Riau
 
 
 
Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
     
Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
    © 2010-2022 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved